Inilah Plus Minus Bisnis Dropship yang Perlu Anda Tahu

Plus minus bisnis dropship – Di era digital seperti sekarang ini, memungkinkan siapa saja untuk menjual barang ke manapun tanpa harus bertatap muka. Hal ini seiring dengan berkembangnya internet dan e-commerce yang semakin menjamur. Bahkan jika Anda mau, Anda bisa menjual berbagai produk tanpa harus mengeluarkan modal terlebih dahulu. Ya, itulah yang kita kenal dengan sistem dropship.

Sistem penjualan dropship memungkinkan seseorang untuk menjual produk milik orang lain namun tetap menggunakan nama pribadi. Contohnya, ketika Anda menjual baju kepada konsumen, maka Anda cukup menghubungi pihak produsen asli baju tersebut dan dia akan mengirimkan produknya ke konsumen dengan nama Anda sebagai produsen utamanya.

Bisnis Dropship

Bisnis Dropship

Cara ini tentunya sangat memudahkan kita karena bisa menambah penghasilan tanpa modal. Namun tentunya ada juga kelebihan dan kekurangan bisnis dropship ini. Untuk itu supaya Anda lebih memahami bisnis ini, langsung saja simak ulasan dibawah seputar plus minus bisnis dropship.

Keunggulan Menjalankan Bisnis Dropship

  1. Tanpa Modal

Keunggulan utama dari bisnis dropship adalah tanpa mengeluarkan modal. Satu-satunya modal yang Anda perlukan hanyalah kegigihan untuk memasarkan produk tersebut melalui berbagai media di internet. Bisa dari platform e-commerce, forum jual beli, ataupun sosial media pribadi Anda.

  1. Minim Risiko dari Segi Modal

Seperti yang sebelumnya sudah disinggung bahwa bisnis ini tidak menuntut Anda mengeluarkan modal untuk membeli barang. Maka sudah pasti risiko Anda sebagai penjual pun sangat minim. Anda tidak perlu khawatir barang yang dipasarkan tidak laku karena barang tersebut memang tidak sepenuhnya milik Anda.

  1. Bebas Menentukan Keuntungan

Ketika Anda bekerjasama dengan produsen produk tertentu, maka pihak produsen tersebut akan memberi harga agen dropship kepada Anda. Dari harga tersebut, Anda bisa menaikkannya untuk mendapat keuntungan. Kenaikan harga yang Anda patok juga bervariasi dan tidak ada batasan. Pastinya besar-kecil keuntungan juga akan berdampak pada hasil penjualan. Jadi bijaklah dalam mengambil keuntungan dari setiap produk yang ditawarkan.

  1. Tidak Terikat Waktu

Jika Anda bergerak di bisnis dropship ini, maka Anda bisa menentukan waktu kerja sendiri. Hal inilah yang membuat bisnis dropship digemari oleh banyak orang, karena siapa saja bisa melakukannya. Baik dari kalangan anak muda, pelajar, hingga ibu rumah tangga. Cukup dengan mengandalkan internet dan smartphone, Anda sudah bisa menjadi bos bagi diri sendiri.

  1. Menjual Barang Lebih dari Satu Jenis Produk

Karena sistim dropship ini tidak mengharuskan Anda membeli produk terlebih dahulu, maka Anda bisa mengiklankan berbagai jenis barang tanpa batas. Bahkan Anda bisa bekerjasama dengan beberapa produsen sekaligus sehingga secara matematis jumlah produk yang Anda pasarkan jauh lebih banyak. Dan hal ini juga berpeluang untuk meningkatkan jumlah keuntungan Anda.

Kelemahan Bisinis Dropship

Kelemahan dropship

Kelemahan dropship

  1. Tidak Melihat Barang Secara Langsung

Ketika Anda menjalankan bisnis ini, itu berarti Anda tidak mengetahui barang yang dijual secara langsung. Anda mungkin bisa melihatnya dari gambar atau dari review orang-orang di internet, namun untuk beberapa kondisi hal tersebut berisiko karena bisa saja barang yang dijual palsu. Inilah yang menjadi perbandingan utama dari plus minus bisnis dropship.

  1. Kesulitan Menanggapi Komplain Pelanggan

Apabila ada ketidaksesuaian barang yang diterima oleh konsumen, maka konsumen tersebut akan komplain kepada Anda. Beberapa komplain seperti barang yang rusak akibat pengiriman ekspedisi dan pengembalian barang tentu menyulitkan karena Anda harus menghubungi pihak produsen utama. Untuk itu pastikan Anda bekerjasama dengan produsen yang mau dan tanggap dalam urusan komplain semacam ini.

  1. Tidak Mengetahui Stok Produk

Kesulitan akan muncul apabila pihak produsen bukanlah tipe yang mudah dihubungi. Ketika ada calon pembeli yang menanyakan stok produk kepada Anda, maka Anda harus mengkonfirmasi apakah produk tersebut siap dikirim atau tidak. Namun jika produsen utama tidak segera memberitahu Anda terkait kesediaan produk, pastinya akan mengulur waktu dan calon pembeli pun akan kabur karena menunggu terlalu lama.

Untuk itu sebaiknya Anda memilih produsen yang memastikan stok barang selalu ready dan siap kirim. Dengan demikian Anda tidak perlu lagi menanyakan stok setiap ada calon pembeli yang bertanya.

  1. Oknum Produsen yang Tidak Menuliskan Nama Anda

Seperti yang kita ketahui bahwa sistem dropship ini memungkinkan Anda untuk menjual produk orang lain namun tetap menggunakan nama pribadi Anda sebagai pihak pengirimnya. Tapi ada beberapa oknum produsen yang justru menaruh namanya sendiri dalam paket pengiriman. Hal ini tentu sangat merugikan karena konsumen akan berpaling langsung ke produsen tersebut untuk mendapat harga lebih murah.

Jadi pastikan dulu kredibilitas produsen sebelum Anda memutuskan untuk bekerjasama. Dan jangan lupa untuk selalu memantau feedback dari konsumen agar Anda mengetahui celah apa saja yang masih kurang dan harus diperbaiki.

Demikianlah ulasan singkat yang dapat kami bagikan seputar plus minus bisnis dropship. Semoga bermanfaat dan Anda bisa segera mencoba bisnis ini di rumah.

Загрузка...

Tags: daftar Plus Minus Bisnis Dropship Plus Minus Bisnis Dropship

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar