Cara Meminjam Uang di BMT Syariah, Manfaat dan Keunggulannya

Cara meminjam uang di BMT syariah – Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, sehingga ada yang keuangannya cukup, berlebih atau pas-pasan. Oleh sebab itu tidak mengherankan jika saat ini banyak yang menawarkan layanan peminjaman uang baik itu untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, membayar utang yang jatuh tempo, atau untuk tambahan modal usaha.

Banyak sekali bank ataupun lembaga keuangan yang menyediakan layanan pinjaman. Walaupun demikian, syarat peminjaman uang di bank dan cara meminjam uang di bank yang dirasa sulit membuat sebagian masyarakat mencari alternatif pinjaman lainnya. Selain itu banyaknya pinjaman berbunga yang riba membuat masyarakat mencari pinjaman syariah baik online maupun offline yang lebih menenangkan.

Salah satu lembaga keuangan yang melayani peminjaman uang berbasis syariah adalah BMT. BMT adalah singkatan dari Baitul Maal wat Tamwil atau balai usaha mandiri terpadu. Kegiatan dari BMT adalah mengembangkan usaha produktif dan juga investasi agar kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh usaha kecil menjadi meningkat.

Kegiatan yang didorong oleh BMT berupa menabung, menerima titipan BAZIS (badan amal zakat infak dan shodaqoh), dan masih banyak lagi lainnya. Yang akan dibahas kali ini adalah peminjaman uang di BMT syariah terutama bagi pengusaha kecil yang ingin mendapatkan tambahan modal bisnis.

Bagaimana Cara Meminjam Uang di BMT Syariah?

Berikut adalah cara melakukan pinjam syariah di BMT  yang bisa dilakukan:

Mendaftar Dulu Jadi Anggota

BMT Syariah

BMT Syariah

Cara meminjam uang di BMT syariah yang pertama adalah Anda harus mendaftar menjadi anggota terlebih dahulu. Seperti halnya koperasi, BMT pun hanya akan meminjamkan dana kepada para anggotanya maupun calon anggotanya.

Untuk bisa mendaftar menjadi anggota BMT Anda harus menyiapkan berkas untuk melengkapi syarat administrasi. Berkas yang harus disiapkan adalah fotokopi KTP yang masih berlaku, foto (3×4) atau (2×3) sebanyak 1 lembar, memberikan setoran awal sebesar 30 ribu dimana 20 ribunya sebagai biaya administrasi.  Bagi yang sudah menikah bisa melampirkan fotokopi KTP suami atau isteri, surat nikah, kartu keluarga, surat jaminan, slip gaji / penghasilan usaha, dan juga data-data pendukung lainnya yang diperlukan.

Mengisi Formulir Pendaftaran

mengisi formulir

mengisi formulir

Setelah menyiapkan semua berkas, Anda harus mengisi formulir dengan baik dan benar. Isi semua data yang dibutuhkan dengan jelas dan lengkap. Yang perlu diisi adalah nama lengkap, alamat, no KTP atau SIM, tempat lahir, telepon, pekerjaan, pendidikan terakhir dan lain sebagainya.

Mengisi Formulir Pinjaman

mengisi formulir

mengisi formulir

Untuk bisa meminjam uang di BMT syariah Anda harus mengisi formulir pinjaman. Formulir pinjaman yang diisi itu berupa nominal yang ingin dipinjam, jangka waktu pinjaman, keperluan yang akan digunakan, dan jaminan yang akan diberikan.

Menyerahkan Berkas atau Syarat Administrasi

Menyerahkan berkas administrasi

Menyerahkan berkas administrasi

Cara meminjam uang di BMT syariah yang terakhir adalah menyerahkan berkas atau syarat administrasi ke BMT syariah tersebut. Setelah diserahkan Anda tinggal menunggu persetujuan apakah pengajuan Anda diterima atau tidak.

Sektor Usaha yang Dibiayai oleh BMT Syariah

sektor usaha yang dibiayai

sektor usaha yang dibiayai

Tidak semua usaha bisa dibiayai oleh BMT ini. Sebelum Anda mengajukan pinjaman uang di BMT Syariah Anda harus mengetahui sektor apa saja yang dibiayai tersebut. Berikut adalah sektor usaha yang dibiayai oleh BMT yang harus diketahui:

1. Sektor Usaha Perdagangan

Perdagangan adalah sektor pertama yang dibiayai oleh BMT.  Sektor perdagangan ini mencakup pasar, toko kelontong, warung sembako, distributor baju, dan masih banyak lagi lainnya.

2. Industri

Pada bidang industri pun dapat mengajukan pinjaman di BMT syariah. Contoh sektor usaha industri adalah konveksi sepatu, konveksi baju, dll.

3. Sektor Riil

BMT bisa memberikan pinjaman kepada pengusaha di sektor riil berupa elektronik, kebutuhan pelatihan, dan lain sebagainya.

4. Sektor Usaha Lainnya

BMT ini bisa memberikan pinjaman kepada pengusaha di sektor lainnya misalnya peternakan, pertanian, dan juga di bagian usaha seperti bengkel.

Manfaat Pinjaman Syariah di BMT

Manfaat Pinjaman

Manfaat Pinjaman

Pinjaman yang diberikan oleh BMT ini akan bermanfaat untuk peminjam dan juga bagi BMT itu sendiri.

1. Manfaat bagi Anggota atau Peminjam

Meminjam uang di BMT syariah akan membuat peminjam mendapatkan tambahan modal untuk membiayai usahanya yang produktif, menguatkan usaha yang telah ada, atau agar usaha baru menjadi lebih berkembang, memperoleh saran produksi yang terus menerus, dan bisa meningkatkan pendapatan yang diperoleh yang menjadi akibat tambahan modal dalam usaha produktifnya.

2. Manfaat Pinjaman untuk BMT

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan bagi BMT yang meminjamkan dana kepada peminjamnya. Manfaat pertama adalah memperoleh sumber pembentukan kekayaan yang mana bisa dijadikan sebagai jaminan kelangsungan usaha di BMT tersebut. Manfaat yang kedua adalah membuat BMT memiliki usaha produktif sesuai dengan kebutuhan para anggotanya. Meningkatkan kesejahteraan anggota melalui dengan pembagian SHU, dan yang terakhir adalah unsur penyerahan nilai ekonomi yang bisa dikembalikan di saat pelunasan.

Keunggulan BMT Syariah

Keunggulan BMT

Keunggulan BMT

Dibandingkan dengan cara pinjaman uang di bank, BMT memiliki keunggulan dibandingkan dengan lembaga lainnya karena berbasis dengan syariah dan membantu keuangan mikro.

Berikut ini adalah keunggulannya yang perlu dipertimbangkan:

1. Lebih Luwes

Untuk penyaluran dana atau pembiayaan BMT lebih luwes dibandingkan dengan bank yang memiliki banyak aturan.

2. Syariah

BMT ini berbasis syariah sehingga sesuai dengan aturan syariah berbasis islam. Akad yang diusung BMT ini pun sesuai dengan prinsip islam. Jadi bagi Anda yang ini menghindari pinjaman riba cobalah pinjam secara syariah.

3. Semua Umat

Meski lembaga keuangan ini berbasis syariah Islam namun BMT ini mengikuti kebersamaan dalam menyejahterakan ekonomi. Transaksi yang dilakukan oleh BMT tidak hanya untuk umat islam saja namun ke seluruh umat.

Demikianlah cara meminjam uang di BMT syariah, manfaat dan keunggulannya yang perlu diketahui. Agar keuntungan dapat dirasakan oleh peminjam dan pemberi pinjaman sebaiknya jangan lupa bayarlah utang pinjaman tepat waktu. Cara meminjam uang di BMT syariah ini dapat dijadikan alternatif bagi Anda yang masih bingung mencari modal usaha. Semoga bermanfaat …

Загрузка...

Tags: bagaimana cara meminjam uang di BMT syariah cara meminjam uang di BMT syariah cara meminjam uang di BMT syariah terbaru tips dan cara meminjam uang di BMT syariah

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.
    1. author

      Nuraeni1 tahun agoBalas

      Ass…maaf saya mau tanya apakah bisa bmt membantu saya,saya sempat tertipu masalah sertifikat rumah,tadinya saya mau balik nama sertifikat tetapi malah d salah gunakan oleh orang itu,sertifikat rmh saya d lempar ke rentenir seharga 20 juta,saya yg harus membayar bunga tiap bulan nya sebesar 5 juta,sudah 3 bln ini seperti itu sampai jatuh tempo 3 bln saya harus menebus sertifikat saya sebesar 30 juta ya allah saya sangat sesak sekali….kalo sampai tgl 7 bln ini saya blm menebus sertifikat saya ..rumah harus d kosongkan,apakah bmt bisa membantu saya dalam masalah ini,saya mohon dengan sangat bantuan nya

      • author

        carainvestasibisnis1 tahun agoBalas

        waalaikumussalam .. Turut sedih juga mendengarnya. Pinjaman ke BMT biasanya untuk modal usaha. Untuk kasus mba nuraeni ini, mohon maaf saya kurang yakin bila pihak BMT akan memberikan pinjaman. Yg bisa dilakukan mungkin pinjam ke saudara. Orang yg mengadaikan sertifikatnya siapa ya? Mba bisa kok menempuh jalur hukum karena ini sdh masuk kasus penipuan. Semoga mba Nuraeni diberikan ketabahan & kelapangan untuk masalah ini. Insya Allah ada jalannya .. aamiin yra

    2. author

      muhammad syukur1 tahun agoBalas

      ASSALAMUALAIKUM ,, saya mau tanya , apakah bisa BMT memberikan pinjaman kepada orang yg baru akan buka usaha , karena saya niat meminjam untuk modal usaha , agar tidak dimulai dengan modal riba.. saya sendiri karyawan swasta dan berniat membuka dagangan nasi uduk malam.. mohon bantuannya ya admin

      wassalam

      • author

        carainvestasibisnis1 tahun agoBalas

        Waalaikum salam .. saya rasa walaupun baru akan memulai tidak akan jadi halangan dalam mendapatkan sumber modal usaha. Untuk lebih jelasnya silahkan datang dan tanyakan langsung ke BMT cabang terdekat. Oh ya sekarang pun banyak diluncurkan bank wakaf mikro untuk membantu modal usaha kecil. Selain mendapatkan pinjaman dari BMT ataupun bank, sebetulnya masih ada cara lain mendapatkan modal uang untuk memulai bisnis.
        Silahkan baca: Tips Mendapatkan Sumber Anggaran Untuk Bisnis untuk Pemula atau Sumber Modal Untuk Memulai Usaha. Bila ingin terbebas dari riba, sebaiknya pinjam ke saudara ataupun teman dengan sistem pembagian hasil bila memang aset yang dimiliki tidak mencukupi. Semoga membantu .. Salam Sukses!

    3. author

      fitri1 tahun agoBalas

      asslmlkm,wr,wb…saya sdh lm skl mengetahui tntg bmt…tp ketika sy bnr” membthkan modal usaha,knp saya d lemparkan kesana kemari untk mncari alamat bmt yg dkt dgn jangkauan sy..sy tnggl di daerah tigaraksa tangerang,mhn knfrmsnya,,dan mhn dgn sngt bantuannya untuk memajukan dan mngembangkan usaha saya…saya wirausaha rumahan(konveksi sepatu)..skl lg mhn bantuannya..jazakumulloh khoir…

      • author

        carainvestasibisnis1 tahun agoBalas

        Waalaikumussalam .. Iya memang betul, jumlah BMT memang tidak sebanyak bank / agak jarang. Bila memang lokasi BMT ini sulit di raih, mba Fitri mungkin mau coba pinjaman dana ke bank syariah karena bank syariah ini pastinya jumlahnya lebih banyak dan lebih dekat?
        Saya selaku admin situs ini hanya bisa mendoakan agar usaha mba Fitri senantiasa dilancarkan aamiin yra. Salam sukses!

    4. author

      budi1 tahun agoBalas

      Assalamualaukum.
      Saya mau buka usaha tapi dana saya kurang sekitar 10jt untuk beli barang klo saya 2th brapa perbln nya ya min?

      • author

        carainvestasibisnis1 tahun agoBalas

        Waalaikum salam .. mungkin cicilannya sekitar 4-5 rts ribuan per bulan gan. Tapi biar jelasnya silahkan ditanyakan langsung simulasi kreditnya pada pemberi pinjaman :).

    5. author

      Grosirhijabku.com1 tahun agoBalas

      Min… Assalamualaikum

      kalau tidak ada Jaminan yang bisa dijaminkan gimana yah?

      • author

        carainvestasibisnis1 tahun agoBalas

        Waalaikumussalam ..
        Bila tak ada yang bisa dijaminkan, saran saya lebih baik meminjam pada kakak, adik, orangtua, saudara, ataupun teman saja. Meminjam uang ke lembaga keuangan memang diperlukan jaminan. Bila meminjam uang tanpa jaminan sulit, saran saya cobalah gunakan alternatif lain untuk mendapatkan modal usaha, salah satu contohnya dengan mengajak kerjasama pemilik modal tsb. Untuk alternatif modal bisnis lainnya bisa dibaca di sini. Salam sukses!

    6. author

      Achmad nahrowi1 tahun agoBalas

      Malam ,mau tanya saya dah pinjam di BMT dan angsuran dah berjalan selama 5bulan dan lancar tidak pernah telat angsuran,angsuran saya tenor 1tahun,bulan ini mau topup buat tambahan modal usaha kira2 bisa ngga y pak?terimakasih

      • author

        carainvestasibisnis1 tahun agoBalas

        Biasanya ada batas kredit untuk tiap individu. Bila masih ada kuota biasanya bisa top up pinjaman. Namun itu semua tergantung kebijakan masing2 yang berwenang. Coba ditanyakan ke cabang tempat mas pinjam kemarin aja.

    7. author

      wieldan1 tahun agoBalas

      assalamualaikum
      apa bisa pinjam dengan akte hibah ?

      • author

        Ani Kustini1 tahun agoBalas

        Wa’alaikum salam ..
        Sebaiknya aset propertinya dibaliknama dulu menjadi nama Anda. Karena akta hibah hanya sebatas kesepakatan sementara dokumen kepemilikan yang sah tetaplah sertifikat. Namun untuk kepastiannya coba tanyakan ke cabang BMT di dekat lokasi Anda.
        Semoga membantu ..

    8. author

      sandi pribadi12 bulan agoBalas

      asallamuallaikum
      saya ingin mengajukan pinjaman untuk membeli rumah KPR atau rumah yg di tuju apa BMT bisa membantu saya untuk hal ini??

      • author

        Ani Kustini12 bulan agoBalas

        Waalaikum salam …
        Setahu saya, pinjaman BMT hanya untuk modal usaha. Namun untuk memastikannya silahkan tanyakan langsung ke CS BMT di lokasi terdekat.
        Wassalam

    9. author

      rahman11 bulan agoBalas

      Assalamualaikum… boleh mnt daftar BMT di jakarta dan bekasi? no contaknya? terimakasih

      • author

        Ani Kustini11 bulan agoBalas

        Wa’alaikum salam .. Mohon maaf saya tak memiliki list kontak BMT. Tapi agan bisa coba browsing di google dengan kata kunci “lokasi bmt syariah terdekat”. Semoga membantu …

    10. author

      taufiq11 bulan agoBalas

      Asalam mualaikum…..Mau tanya klu pinjam di bmt pakai jaminan sertifikat tanah boleh ya

      • author

        Ani Kustini11 bulan agoBalas

        Wa’alaikum salam ..
        Sepertinya bisa dijadikan surat jaminan. Namun untuk lebig jelasnya silahkan tanya ke BMT terdekat di lokasi Anda.

    11. author

      Feti10 bulan agoBalas

      Assalamualaikum
      Apa pengajuan di Bmt pake BI checking?

      • author

        Ani Kustini10 bulan agoBalas

        Waalaikum salam ..
        Maaf saya kurang tahu apa dalam proses approvalnya diperlukan BI checking. Namun menurut saya sebaiknya sebagai peminjam selalu taat dalam melunasi pinjaman sesuai waktu yang telah disepakati.
        Kredit macet akan memberikan dampak buruk, tak hanya bagi pemberi pinjaman namun bagi peminjam itu sendiri.
        Wassalam

    12. author

      Yadi Permana9 bulan agoBalas

      Saya mau tanya lebih jelasnya lagi, kantor cabang di Bekasi tepat nya di mana ya ?…. terimakasih

    Berikan komentar