6 Cara Menjadi Distributor Baju Langsung dari Pabrik dan Keuntungannya

Cara menjadi distributor baju langsung dari pabrikBisnis baju sangat menggiurkan dikarenakan pangsa pasarnya masih sangat luas. Banyak masyarakat yang suka mengoleksi berbagai macam jenis baju dan dengan adanya trend fashion membuat kebutuhan akan baju ini selalu meningkat dari waktu ke waktu.

Banyak pilihan untuk memulai bisnis pakaian, apakah menjual baju lokal atau menjual baju impor. Dari segi modelnya, apakah akan menjual pakaian dalam, baju muslim, atau baju kantoran.

Nah salah satu usaha berhubungan dengan baju yang bisa Anda lakukan adalah menjadi distributor baju. Menjadi distributor ini menguntungkan karena kebanyakan pengusaha yang berjualan baju mengecer dari distributor. Jadi nantinya, sebagai distributor pakaian maka Anda dapat dengan mudah menjual grosiran baju, menjadi agen baju murah, ataupun menjual pakaian secara eceran. Distributor ini akan memudahkan penyaluran baju dari produsen ke konsumen sehingga akan lebih mudah dalam mendapatkan produk baju tersebut. Tentu saja biasanya harga grosir pakaian akan lebih murah dibandingkan harga ecerannya.

Agar keuntungan menjadi distributor pakaian ini lebih besar dan harga akhir dari baju tsb tetap murah atau terjangkau maka sebaiknya Anda mengambil pakaian tsb langsung dari produsen, pabrik atau konveksinya. Dengan menjadi tangan pertama maka kesempatan untuk mendulang untung pun semakin terbuka lebar.

Bagaimana Cara Menjadi Distributor Baju Langsung dari Pabrik?

Berikut ini adalah cara menjadi agen baju murah / distributor pakaian langsung dari produsen yang bisa Anda lakukan:

Pilih Baju dengan Kualitas Bagus

Baju dengan Kualitas Bagus

Baju dengan Kualitas Bagus

Cara menjadi distributor baju langsung dari pabrik pertama yang bisa dilakukan adalah memilih baju berkualitas. Pilihlah baju yang kualitasnya sesuai dengan deskripsi dari pabrikan, warna tidak luntur, jahitan rapih, dan tidak cacat. Saat ini sudah banyak produsen baju atau pabrik yang ada di Indonesia yang memiliki produksi baju berkualitas dan beragam. Jika produsen terkenal dengan kualitas bajunya yang kurang bagus maka sudah akan mendapatkan cap jelek di masyarakat.

Pahami Sistemnya

sistem distributor pakaian

sistem distributor pakaian

Untuk bisa menjadi distributor langsung dari pabriknya Anda harus memahami sistem dari pabrik tersebut. Misalnya untuk menjadi distributor apa saja syarat yang harus dilakukan, berapa biaya yang harus dikeluarkan, berapa minimal pengambilan, dan adakah target penjualan. Jika ada sistem yang kurang jelas Anda harus bertanya kepada produsen di pabrik tersebut.

Sebisa mungkin pilihlah distributor yang memiliki prinsip ataupun sistem sesuai dengan kemampuan Anda. Ada produsen pabrik baju yang sekali mengambil harus dalam jumlah banyak, jika kondisi finansial Anda tidak mampu melakukannya maka sebaiknya menghindarinya dan memilih produsen lainnya yang memiliki sistem sesuai dengan keadaan Anda.

Legalitas Pabrik

legalitas usaha

legalitas usaha

Setiap pabrik baju ada izinnya. Terutama jika skalanya sudah besar maka izin ini sangat diperlukan. Jika pabrik yang akan Anda jadikan sebagai produsen tidak memiliki izin yang lengkap sebaiknya mengurungkannya. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak Anda inginkan ke depannya misal penutupan pabrik ilegal dengan paksa, dan lain-lainnya. Tentu saja ini akan berpengaruh pada suplai barang nantinya.

Pendaftaran

Jika sudah menemukan produsen yang tepat, langkah yang bisa Anda lakukan selanjutnya melakukan pendaftaran. Pendaftaran ada yang dikenakan biaya dan ada juga yang gratis. Untuk melakukan pendaftaran ini Anda harus membawa fotokopi KTP, kartu keluarga, dan ada juga yang harus menggunakan fotokopi rekening koran selama 3 bulan terakhir. Isilah data dengan lengkap dan jelas. Agar bisa disetujui Anda harus menunggu minimal 3 hari sampai dengan satu minggu.

Pilih Model Pakaian Sesuai dengan Target Pasar

Pilih Target Pasar

Pilih Target Pasar

Produsen baju tidak hanya menghasilkan satu macam baju saja, namun berbagai macam jenis baju diproduksi. Oleh sebab itu menjadi tugas Anda untuk memilih model baju sesuai dengan target pasar atau konsumen Anda. Misal target pasar Anda adalah anak remaja maka pilihlah baju yang sesuai dengan anak remaja. Begitu pula bila target Anda adalah baju bayi dan anak-anak (kids) maka pilihkan model baju yang sesuai seperti yang menggunakan gambar dari tokoh kartun favorit. Jika Anda sudah memiliki reseller sendiri hal tersebut akan menjadi lebih mudah untuk memilih baju apa yang ingin Anda ambil di produsen.

Menjalin Kerja sama

Cara menjadi distributor baju langsung dari pabrik yang sukses bisa Anda lakukan dengan menjalin kerja sama dengan pedagang baju skala kecil maupun menengah. Semakin luas jaringan kerja sama yang Anda lakukan maka semakin bagus untuk bisnis distribusi Anda. Sebagai distributor Anda akan membeli baju dari produsen dengan sistem borongan sehingga menjual dan mendistribusikan produk tersebut sendirian akan membuat Anda menjadi kewalahan.

Anda pun dapat membuka kesempatan reseller / dropshiper bergabung dengan bisnis online shop Anda. Dengan adanya para reseller ini maka target penjualan akan lebih mudah tercapai.

Keuntungan Menjadi Distributor Baju dari Produsen Langsung

distributor pakaian

distributor pakaian

Saat Anda memutuskan menjadi distributor maka Anda akan terikat perjanjian dengan produsen. Sehingga poin yang harus selalu diingat adalah jangan melanggar poin-poin yang telah disebutkan dalam surat kerja sama tersebut. Jika sampai melanggar bisa sampai ke jalur hukum, sehingga Anda harus memegang teguh kesepakatan yang telah disepakati. Terlepas dari perjanjian tersebut, ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika menjadi distributor ini.

Simak beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menjadi distributor pakaian dari pabrik langsung, yaitu:

1. Mendapatkan Harga Lebih Murah

Keuntungan pertama yang bisa didapatkan adalah harga yang lebih murah. Karena Anda langsung mendapatkan baju dari produsen maka harganya akan jauh lebih murah dibandingkan membeli pada suplier tangan pertama, tangan kedua, dan seterusnya. Selain itu membeli secara borongan akan lebih murah dibandingkan dengan membeli eceran. Dengan demikian Anda berkesempatan menjadi agen baju murah.

Yang membedakan distributor dengan agen maupun reseller ini adalah jumlah minimum pembelian. Jika distributor minimum pembelian sampai puluhan juta, agen dan reseller hanya berkisar mulai dari 3 juta sampai dengan 5 juta sehingga harga baju menjadi beda.

2. Mendapatkan Produk Terbaru

Saat ada produk terbaru dari produsen, distributorlah yang pertama kali akan mendapatkan produk tersebut. Sehingga barang yang Anda miliki akan selalu up to date.

3. Bimbingan Marketing Online

Ada beberapa produsen yang memberikan jasa berupa bimbingan marketing online. Saat ini pun produsen banyak yang memanfaatkan internet untuk mencari distributor, reseller, maupun agen. Dengan begitu Anda akan bisa mendapatkan ilmu tentang bagaimana memasarkan produk baju tersebut lebih efektif.

Penutup

Di atas sudah dijelaskan mengenai cara menjadi distributor baju langsung dari pabrik dan beberapa keuntungannya, salah satunya adalah menjadi agen baju murah. Nah bagaimana Anda berminat membuka grosir baju / pakaian?

Yang penting dipahami adalah setiap produsen memiliki kebijakannya masing-masing. Sehingga tidak hanya cara menjadi distributor baju langsung dari pabrik saja yang harus diketahui namun juga sistem maupun kebijakan yang diberlakukan.

Загрузка...

Tags: Cara menjadi distributor baju langsung dari pabrik Cara menjadi distributor baju langsung dari pabrik 2018 Cara menjadi distributor baju langsung dari pabrik dengan baik

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.
    1. author

      Sari ratih1 tahun agoBalas

      Mencari pabrik nya ini yg blm tau. Jk ada contac yg bisa dihub. Bgaimna prosedur menjdi distributor lngsung dari pabrik.

      • author

        carainvestasibisnis1 tahun agoBalas

        Sebetulnya ada banyak pabrik baju atau konveksi yg membuka kerjasama ini, bahkan mereka dapat ditemukan secara online. Namun untuk kerjasama sebagai tangan pertama biasanya ditetapkan min. order pembelian. Saya ingat untuk pembelian pakaian dalam anak2 adalah min. 500pcs dengan pilihan model random. Ka Sari coba tanya-tanya ke teman atau tetangga apakah ada perusahaan konveksi di daerah tempat anda tinggal. Nah klo ada, tinggal didatangi saja langsung. Konveksi rumahan juga bisa menjadi alternatif bila modal yg dimiliki tak terlalu besar. Selamat mencoba & salam sukses!

    2. author

      Bagus Rahmat Saefulloh11 bulan agoBalas

      6 cara menjadi distributor baju langsung dari pabrik

    Berikan komentar