Pengertian SEM, SEO, SMM dan SMO

Pengertian SEM, SEO, SMM, dan SMO – Apakah Anda sedang membangun website untuk bisnis online? Jika iya, maka ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar membuat website tersebut semakin dikenal banyak orang. Diantaranya yaitu dengan mengoptimalkan SEM, SEO, SMM, dan SMO.

Masih bingung dengan nama-nama kata di atas? Jika demikian sebaiknya Anda membaca dulu ulasan dibawah ini seputar pengertian SEM, SEO, SMM, dan SMO guna memaksimalkan hasil search engine agar wesbite Anda bisa tampil di halaman pertama Google.

Definisi Seputar SEM, SEO, SMM, dan SMO

  1. SEO (Search Engine Optimization)

Kita mungkin sudah sering mendengar kata SEO sebagai salah satu syarat sebuah konten bisa berada di halaman pertama mesin pencari Google. Pada dasarnya pengertian SEO adalah suatu cara atau proses untuk mendorong peringkat sebuah konten dalam hasil penelusuran Google.

SEO

SEO akan berjalan sesuai keinginan bila di dalamnya terdapat elemen-elemen yang sesuai dengan algoritma Google. Diantaranya yaitu ketepatan dalam memilih kata kunci dan menghadirkannya dengan porsi yang sesuai. Sehingga ketika seseorang mengetik kata kunci tersebut, konten dan website Anda adalah yang pertama kali muncul.

Untuk unggul dari segi SEO ini bisa diraih dari dua hal yang berbeda, yaitu on-page dan off-page. Optimasi pada on-page umumnya terpusat pada beberapa elemen penyokong website, seperti teks, gambar, dan kode HTML. Sedangkan pada bagian HTML, lebih banyak disokong oleh tautan link yang disebarkan para pengguna internet.

Oleh karena itu ketika hendak menerbitkan suatu konten artikel, kita tidak hanya berfokus pada kualitas tulisannya saja. Melainkan juga memastikan bahwa tulisan tersebut sudah SEO friendly agar dapat terbaca oleh mesin pencarian Google.

  1. SEM (Search Engine Marketing)

 

Search Engine Marketing

Search Engine Marketing

SEM atau Search Engine Marketing merupakan tipe digital marketing yang berhubungan dengan posisi sebuah website dalam mesin pencari. SEM ini lebih dari sekedar SEO karena dalam penggunaannya meliputi analisis kompetitif, riset kata kuncu, dan berbagai layanan lainnya.

SEM juga dinilai lebih luas jangkauannya jika dibandingkan dengan SEO. Apabila kita mengenal SEO sebagai optimasi suatu website pada mesin pencari Google, maka SEM hadir untuk menentukan target secara lebih spesifik. Dengan demikian, suatu link konten atau website akan muncul pada pengguna internet yang sesuai dengan target pasar Anda.

  1. SMM (Social Media Marketing)

 

SMM adalah hal yang wajib dioptimalkan ketika kita hendak memasarkan suatu website dan produk pada target yang sesuai melalui sosial media. Dalam hal ini sosial media Facebook, Twitter, YouTube, LinkedIn, dan lain sebagainya akan berperan sebagai penghubung antara website Anda dengan para pengguna internet.

SMM menjadi upaya untuk mendongkrak nilai jual website Anda melalui sosial media, baik itu berbayar ataupun secara gratis. SMM sendiri dibagi menjadi dua area, yaitu Social Media Optimization dan Social Media Advertising. Namun keduanya bekerja untuk satu tujuan yang sama, yaitu meningkatkan jumlah trafik pengunjung website melalui sosial media.

Cara kerjanya pun cukup sederhana, dimulai dari menulis status, terlibat forum diskusi, menciptakan iklan, hingga membuat konten yang trending dan viral.

  1. SMO (Social Media Optimization)

Seperti yang sebelumnya sudah disinggung, SMO berfungsi untuk mendukung SMM dalam bergerak di sosial media. SMO berperan untuk meningkatkan kesadaran dan minat para pengguna sosial media terhadap produk yang Anda tawarkan.

Social Media Optimization

Social Media Optimization

SMO akan melibatkan penggunaan sosial media, RSS feed, blogging, hingga aktifitas sharing foto dan video.

 

Manfaat SEM, SEO, SMM, dan SMO untuk Memajukan Bisnis

Setelah Anda mengetahui pengertian SEM, SEO, SMM, dan SMO, maka selanjutnya kami akan menunjukkan beberapa manfaat dari hal tersebut. Sebagai pelaku bisnis, tentunya menarik konsumen adalah tujuan utama agar produk yang ditawarkan mendapat basis konsumennya tersendiri.

Dengan mengkombinasikan SEM, SEO, SMM, dan SMO, Anda bisa mendongkrak penjualan dengan cara menyebarluaskan informasi terkait produk Anda melalui jejak digital. Dalam hal ini setiap pengguna internet dengan segmentasi yang sesuai akan dengan mudah menemukan produk Anda. Seperti contohnya ketika seseorang mengetik kata kunci “Jual Smartphone Murah,” tentunya akan ada banyak sekali website yang muncul. Dan dengan memaksimalkan SEM, SEO, SMM, dan SMO, website dan produk Anda berpeluang untuk muncul pada halaman pertama pencarian Google.

Cara tersebut pastinya membuat para pengguna internet lebih mudah menemukan produk Anda sekaligu mempercayai kredibilitas produk dan website tersebut. Karena umumnya website yang muncul di halaman pertama kana dinilai lebih baik daripada website lainnya yang sulit ditemukan.

Jadi, dengan memaksimalkan penggunaan SEM, SEO, SMM, dan SMO, Anda tidak sekedar meningkatkan trafik pengunjung website saja. Melainkan juga meningkatkan nilai jual, loyalitas, dan kredibilitas suatu produk dan website.

Nah, demikianlah ulasan singkat yang bisa kami bagi seputar pengertian SEM, SEO, SMM, dan SMO. Semoga bermanfaat dan Anda bisa segera mencobanya untuk memajukan bisnis Anda.

Загрузка...

Tags: daftar Plus Minus Bisnis Dropship Plus Minus Bisnis Dropship

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar