8 Strategi Bisnis Travel Agent di Masa Pandemi Agar Bisa Survive

Strategi bisnis travel agent di masa pandemi – Covid 19 ini berdampak ke berbagai sektor. Dampaknya sangat dirasakan sekali oleh pebisnis dan masyarakat dimana banyak mereka yang kehilangan pekerjaan dan banyak pebisnis yang harus merugi karena merosotnya penjualan atau bahkan tidak ada penjualan sama sekali.

travel agent

travel agent

Salah satu bisnis yang terkena dampaknya adalah travel agent. Saat pandemi banyak tiket yang dibatalkan, ditambah menyusul banyak negara dan wilayah yang menerapkan lock down. Oleh sebab itu travel agent haris menyusun strategi dan juga siasat supaya mampu bangkit dari keterpurukan.

Untungnya saat ini sudah memasuki era new normal dimana bisnis travel agent bisa sedikit demi sedikit bangkit dari keterpurukan. Meski belum sepenuhnya normal namun saat ini bisnis travel agent bisa mulai berbenah agar bisa bangkit dan survive seperti bisnis yang lainnya.  Berikut ini adalah beberapa strategi bisnis travel agent di masa pandemi yang bisa dilakukan:

Jaga Komunikasi

Strategi pertama yang bisa dilakukan dengan menjaga komunikasi. Komunikasi yang bagus akan bisa lebih mendekatkan Anda dengan konsumen-konsumen Anda. Anda bisa menjalin relasi yang lebih baik dengan konsumen sehingga hal ini bisa menjadi keuntungan Anda kedepannya. Jangan lost kontak begitu saja karena saat sudah normal Anda harus membangun relasi dari nol lagi dimana hal tersebut membuang waktu dan energi Anda.

Komunikasi yang lancar ini juga bisa membuat Anda lebih mudah untuk melakukan follow up. Tidak jarang konsumen Anda mengeluh dan mengungkapkan harapan-harapannya. Anda bisa menampung semua keluhan mereka kemudian saat sudah pandemi sudah berlalu Anda bisa membuat gebrakan program-program baru yang dibuat berdasarkan dengan keinginan dan kebutuhan konsumen.

Berikan Informasi Secara Konsisten

Strategi bisnis travel agent di masa pandemi yang bisa dilakukan selanjutnya adalah dengan memberikan informasi secara konsisten yang mana berhubungan dengan topik-topik terkini di dunia pariwisata. Misalnya saja adalah memberikan informasi cara menjaga kesehatan dan keselamatan selama liburan, prosedur penyewaan kendaraan, informasi yang berhubungan dengan toilet yang ada di sepanjang jalan tol dan masih banyak lagi lainnya.

Tujuan Wisata yang Aman

Untuk penerbangan domestik memang masih diperbolehkan sedangkan tujuan mancanegara ini belum bisa. Di era new normal ini pihak travel agent bisa menyediakan tujuan wisata yang aman dimana tempat wisata tersebut berada di zona penularan covid yang rendah sampai dengan sedang. Untuk zona merah sebaiknya dihindari dan jangan dijadikan sebagai tujuan wisata karena bisa menyebabkan risiko tertular lebih tinggi.

Baca juga : Langkah-langkah dan Rincian Biaya Memulai Bisnis Travel Wisata

Paket Kesehatan

Dalam mengatasi pandemi Covid-19 ini Anda bisa menawarkan paket wisata beserta dengan paket kesehatan. Seperti yang banyak diketahui bahwa saat ini untuk bepergian tidak mudah. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi misalnya sehat, tidak demam dan sebagainya. Ada juga syarat harus melakukan rapid test antigen yang terbukti hasilnya lebih cepat. Anda bisa menawarkan paket wisata beserta rapid tersebut sehingga lebih praktis dan mampu menarik konsumen lebih cepat.

Voucher

Pertukaran uang bisa menyebabkan penularan Covid-19, hal tersebut bisa membuat konsumen dan wisatawan menjadi was-was. Setiap pemesanan paket wisata yang dilakukan, konsumen akan mendapatkan e-voucher yang nantinya bisa digunakan saat dia liburan nanti. Hal ini akan meminimalkan kontak fisik dan membuat konsumen menjadi aman dan nyaman.

Virtual Tour

Salah satu strategi bisnis travel agent di masa pandemi yang bisa dilakukan oleh pebisnis travel agent adalah Anda bisa membuat virtual tour. Untuk bisa ikut dalam virtual tour ini konsumen harus melakukan pembelian tiket terlebih dahulu. Hal ini bisa mendatangkan pemasukan untuk Anda dan bisnis Anda.

Semakin menarik virtual tour yang akan Anda lakukan ini akan semakin banyak konsumen yang tertarik untuk membeli tiketnya. Jangan membuat virtual tour yang monoton, buat virtual tour yang menyenangkan dengan menjalin komunikasi dua arah dengan penonton atau konsumen Anda ini.

Tidak jarang konsumen bertanya tentang objek wisata yang Anda jadikan sebagai lokasi untuk tour tersebut. Anda bisa menggaet tour leader untuk bisa menjelaskan setiap bagian dengan baik. Pilih TL yang memiliki komunikasi bagus agar banyak konsumen yang ingin membeli repurchase tiket virtual tour Anda.

Baca juga : 6 Bisnis yang Cocok Bagi Orang yang Tinggal di Jogja

Berikan Pelayanan Terbaik

Banyaknya pembatalan tiket dan sebagainya tentu akan membuat sedih dan kecewa. Namun yakinkan diri Anda jika semua ini bisa terlewati dengan baik. Tetap berikan yang terbaik untuk konsumen baik itu yang pembatalan tiket, reschedule dan sebagainya. Layanan terbaik dan memuaskan yang diberikan akan selalu diingat oleh konsumen. Saat pandemi berakhir mereka akan menggunakan jasa Anda dan merekomendasikannya ke orang-orang terdekatnya sehingga hal ini bisa menjadi nilai plus untuk bisnis Anda.

Terus Pantau Perkembangan

Strategi bisnis travel agent di masa pandemi terakhir yang bisa dilakukan adalah terus pantau perkembangan Covid-19 ini karena peraturan sering berubah dan diperbarui. Dengan update informasi terkini Anda bisa membuat program yang memang sesuai dengan anjuran pemerintah untuk menghindari hal-hal yang kurang menyenangkan ke depannya.

Tidak ada yang mudah di masa pandemi ini, namun dengan berusaha lebih keras dan menjalakan strategi bisnis travel agent di masa pandemi yang tepat bisnis Anda akan bisa terus survive sampai pandemi benar-benar berakhir.

Tags: memulai bisnis travel agent di masa pandemi Strategi bisnis travel agent di masa pandemi

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar