Cara Mendapatkan Bantuan Bansos dari Pemerintah 2021, Pahami Agar Tak Ditolak

Cara mendapatkan bantuan bansos dari pemerintah 2021 – Untuk memberikan bantuan serta stimulus ekonomi bagi rakyat Indonesia yang terimbas pandemi covid-19, pemerintah secara resmi mengumumkan penyaluran bantuan sosial atau bansos secara tunai ke seluruh Indonesia. Bantuan sosial tunai yang akan dibagikan ini nantinya berjumlah sebesar 300 ribu rupiah per kepala keluarga.

Bansos pemerintah

Bansos pemerintah

Bantuan ini secara khusus diberikan pemerintah melalui Kemensos pada masyarakat yang kurang mampu. Tujuannya adalah untuk membantu mereka dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari, mulai dari belanja kebutuhan pokok dan kebutuhan lainnya.

Lalu, siapa sajakah yang bisa menerima bantuan sosial tunai sebesar 300 ribu rupiah ini? Dan bagaimana cara mendapatkan bantuan bansos dari pemerintah 2021 ini? Berikut penjelasan singkatnya.

Penerima Bantuan Sosial Tunai

Menurut keterangan yang disampaikan Menteri Sosial Tri Rismaharini, orang-orang yang berhak mendapatkan bantuan sosial tunai sebesar 300 ribu rupiah per KK ini adalah mereka yang belum mendapatkan bantuan dari Program Keluarga Harapan (PKH) dan Kartu Sembako.

Hal ini supaya tidak ada bantuan yang rangkap dalam satu kepala keluarga. Untuk itu, jika Anda ingin mendapatkan bantuan sosial ini, pastikan dulu bahwa Anda bukan penerima bantuan dari dua program yang sudah disebutkan sebelumnya.

Cara Mendapatkan Bantuan Bansos dari Pemerintah 2021

Bagi Anda yang ingin mendapatkan bantuan sosial tunai sebesar 300 ribu rupiah ini, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan, diantaranya:

1.      Melakukan Pendaftaran ke Desa atau Kelurahan

Untuk bisa masuk ke dalam daftar penerima bansos tunai ini, Anda perlu melakukan pendaftaran ke pihak kelurahan. Syarat untuk mendaftar cukup mudah, Anda hanya perlu membawa KTP dan KK. Persyaratan ini selanjutnya akan diajukan dan dibahas pada musyawarah desa.

2.      Berita Acara Pendaftaran Penerima Bansos

Setelah data para pendaftar masuk ke pihak desa, maka akan segera dilakukan musyawarah desa. Musyawarah desa ini bertujuan untuk menentukan siapa saja yang berhak mendapat bansos dari pemerintah. Selanjutnya hasil musyawarah desa ini akan menjadi berita acara yang akan disampaikan pada dtks.kemensos.go.id.

3.      Verifikasi Dinas Sosial

Setelah berita acara diserahkan, proses cara mendapatkan bantuan bansos dari pemerintah 2021 selanjutnya adalah menunggu verifikasi dari Dinsos. Nantinya Dinsos akan melakukan verifikasi dan validasi dengan melakukan kunjungan rumah tangga.

4.      Input Data di Dtks.kemensos.go.id

Setelah diverifikasi dan divalidasi oleh Dinas Sosial, daftar dtks.kemensos.go.id selanjutnya akan diinput ke dalam Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial (SIKS) offline. Input dat aini dilakukan oleh petugas dari desa maupun kecamatan. Adapun hasil file akhir adalah berbentuk file extension berupa siks.

5.      Pengiriman Data ke Dinsos

File extension siks yang berisi daftar dtks.kemensos.go.id ini selanjutnya akan dikirim ke Dinas Sosial, lalu akan diinput ke dalam aplikasi SIKS Online. Hasil input ini akan diteruskan dan dilaporkan pada bupati atau walikota, lalu gubernur hingga menteri.

Setelah mengetahui bagaimana cara mendapatkan bantuan bansos dari pemerintah 2021, berikut ini adalah cara untuk mengecek apakah Anda termasuk penerima bantuan atau bukan.

Cara Cek Penerima Bantuan Sosial Tunai

Tidak semua pendaftar bantuan sosial akan disetujui, oleh karenanya Anda harus melakukan pengecekan apakah Anda masuk ke dalam daftar penerima ataukah tidak.

Cara melakukan pengecekan penerima bansos juga cukup mudah, Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Buka halaman browser di gadget Anda, lalu ketik alamat situs dtks.kemensos.go.id.
  • Setelah berhasil masuk, pilih kartu identitas yang akan Anda gunakan untuk melakukan pengecekan penerima bantuan. Anda bisa menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK), ID DTKS/BDT, atau Nomor PBI JK/KIS.
  • Masukkan juga nama dan nomor ID sesuai dengan jenis kartu identitas yang Anda pilih sebelumnya.
  • Jangan lupa untuk memasukkan kode captcha yang keluar di layar.
  • Klik “Cari” untuk mengetahui apakah Anda masuk dalam daftar penerima bantuan sosial ataukah tidak.

Proses Penyaluran Bantuan Sosial Tunai

Bantuan sosial tunai ini akan diberikan pada setidaknya 10 juta kepala keluarga di seluruh Indonesia. Bantuan akan diberikan selama empat bulan berturut-turut dari bulan Januari hingga April 2021. Adapun proses penyaluran bantuan sosial tunai ini sendiri dilakukan melalui mekanisme Pos.

Jika Anda belum beruntung dengan mendapatkan bantuan ini, maka Anda bisa mendaftarkan diri di beberapa program bantuan sosial lainnya. Beberapa diantaranya Anda bisa mendaftar pada program Kartu Prakerja, Bantuan Listrik PLN, BLT Dana Desa dan lainnya. Namun jika Anda sendiri merupakan orang yang sudah cukup mampu tanpa harus mengharapkan bantuan, maka mungkin Anda sebaiknya memberikan kesempatan bagi orang lain yang lebih membutuhkannya.

Baca juga :  Inilah 7 Alasan Mengapa Jualan Online Harus Punya Website

Itulah ulasan mengenai penerima bansos, cara mendapatkan bantuan bansos dari pemerintah 2021, cara cek penerima dan proses penyerahan bantuan, semoga bermanfaat.

 

Tags: bagaimana Cara mendapatkan bantuan bansos dari pemerintah 2021 Cara mendapatkan bantuan bansos dari pemerintah 2021

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar