Inilah 7 Alasan Mengapa Jualan Online Harus Punya Website

Alasan mengapa jualan online harus punya website – Ibarat toko fisik yang berisikan etalase produk, website juga punya fungsi yang sama namun dalam tempat yang berbeda. Website bisa disebut juga sebagai toko di dunia maya. Tempat Anda untuk memamerkan semua produk yang Anda miliki pada para calon pembeli, juga sebagai tempat untuk membangun kredibilitas bagi bisnis Anda.

Manfaatkan Promo

Manfaatkan Promo

Tahukah Anda bahwa para pengusaha sukses seperti Craig Newmark, Sean Parker atau Jeff Bezos juga mulai membesarkan usaha mereka melalui website? Untuk itu, rasanya tak ada alasan bagi Anda untuk menunda membagun sebuah website guna memperluas jaringan bisnis yang sedang Anda bangun saat ini.

Ada banyak alasan mengapa jualan online harus punya website, beberapa diantaranya:

Memudahkan pembeli untuk belanja kapanpun dan dimanapun

Website tak hanya berfungsi sebagai etalase online, melainkan juga berfungsi sebagai asisten atau pelayan toko yang bekerja 24 jam dalam 7 hari. Itu artinya, dengan memiliki website berarti Anda memiliki layanan penjualan yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun tidak terbatas waktu dan tempat. Berbeda dengan toko fisik yang hanya bisa diakses saat jam kerja atau saat buka saja.

Hal ini tentu saja akan memudahkan pembeli dalam berbelanja, karena mereka lebih fleksibel dalam memilih waktu untuk berbelanja di toko Anda.

Memperluas pasar penjualan

Jika dengan toko fisik Anda hanya bisa menjangkau konsumen di sekitar lokasi toko berada, maka dengan menggunakan website Anda bisa menjangkau pasar yang jauh lebih luas. Tak hanya dalam lingkup satu kota, produk Anda bahkan bisa diakses oleh pembeli yang berada di pulau atau negeri seberang.

Beriklan kini jadi lebih mudah

Alasan mengapa jualan online harus punya website yang lainnya adalah, Anda bisa melakukan iklan dengan lebih mudah dan murah dengan jangkauan yang lebih luas. Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan minat calon pembeli biasanya adalah dengan promo. Anda bisa memanfaatkan website sebagai tempat untuk memasang iklan promo yang sedang Anda jalankan. Semakin banyak orang yang melihat iklan Anda, semakin banyak orang yang menarik untuk melihat, dan harapannya semakin banyak juga yang membeli.

Website menunjukkan seberapa kredibelnya bisnis Anda

Katakanlah Anda memiliki bisnis toko pakaian anak, tentu ada juga ratusan bahkan ribuan toko di luar sana yang memiliki produk sejenis. Akan tetapi, coba bandingkan, seberapa banyak toko yang juga memiliki website sebagai media penjualan mereka?

Semakin bagus dan menarik isi website tentu akan membangun citra bagi para pembeli bahwa toko Anda memang bagus dan berkualitas. Apalagi jika website yang Anda bangun didesain sedemikian rupa sehingga mudah diakses tanpa membuat bingung para pembeli.

Bekerja lebih efektif dan efisien

Jika Anda menjalankan bisnis secara manual tanpa bantuan website, mungkin Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk melakukan pengecekan stok barang, ongkos pengiriman dan sebagainya.

Inilah yang menjadi alasan mengapa jualan online harus punya website, karena semua kerepotan di atas bisa teratasi dengan otomatisasi. Melalui website pengecekan stok barang, pengecekan ongkos kirim hingga layanan pelanggan dalam dilakukan secara otomatis oleh sistem.

Kesempatan kerjasama semakin terbuka lebar

Alasan mengapa jualan online harus punya website selanjutnya adalah, semakin terbukanya kesempatan bagi Anda untuk membangun kerja sama dengan berbagai pihak. Tanpa Anda sadari mungkin banyak orang diluar sana yang siap menjadi investor bagi bisnis Anda.

Melalui website, orang-orang akan lebih mudah mengakses dan menilai profil bisnis yang Anda jalankan. Bukan tidak mungkin, para investor akan tertarik untuk menginvestasikan dana mereka guna memperbesar bisnis yang Anda kembangkan saat ini. Karena itu, sangat penting untuk membangun website yang berkualitas dengan isi semenarik mungkin.

Memudahkan Anda dalam menganalisa pembeli

Penting bagi Anda untuk menganalisa dan mempelajari kebiasaan pembeli atau pelanggan Anda. Melalui website, Anda akan lebih mudah melakukan ini semua. Website akan menampilkan banyak data untuk bahan analisa. Mulai dari berapa banyak pengunjung website Anda setiap harinya, produk apa saja yang paling banyak diminati, dari mana sajakah para pelanggan datang atau lokasi manakah yang paling banyak menjadi pelanggan Anda.

Baca juga :  Ikuti 7 Cara Agar Lolos Pinjaman Online Anti Gagal

Semua informasi ini tentu sangat penting agar Anda bisa menentukan langkah apa yang akan diambil ke depan. Misalnya apakah Anda akan membuka toko fisik atau offline  di lokasi yang paling banyak peminatnya, atau meluncurkan produk baru.

Mengembangkan bisnis diera digital memang penuh dengan tantangan. Anda tak bisa terus mempertahankan cara-cara lama, namun mengharapkan hasil yang sama atau bahkan lebih. Beberapa alasan mengapa jualan online harus punya website di atas bisa jadi pertimbangan bagi Anda untuk memulai langkah baru bagi bisnis Anda.

 

Tags: Alasan mengapa jualan online harus punya website apa saja Alasan mengapa jualan online harus punya website

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar