6 Cara Mendapatkan Uang dari Youtube Super Cepat Tanpa Ribet

Cara mendapatkan uang dari youtube – Saat ini Indonesia memiliki ratusan content creator yang telah sukses meraup pundi-pundi rupiah dari youtube. Tak tanggung-tanggung, uang yang dihasilkan dari kanal youtube mereka pun bisa mencapai ratusan juta. Jumlah uang yang tak sedikit, padahal hanya dengan bermodal video saja. Tak hanya dari kalangan artis, banyak juga content creator yang berasal dari orang biasa.

channel youtube

channel youtube

Jika Anda bertanya, bagaimana cara mendapatkan uang dari youtube? Tentu saja dengan membuat video sekreatif mungkin dan mengunggahnya di kanal youtube Anda masing-masing. Tapi sebelum itu, ada beberapa alasan mengapa Anda memang harus mulai melirik youtube sebagai ladang penghasilan baru.

Tingginya konsumsi video

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyebutkan bahwa 69,64% orang Indonesia memanfaatkan internet mereka untuk menonton video. Di sisi lain Anda juga tahu bahwa youtube adalah platform video utama yang banyak digunakan di Indonesia. Hal ini bahkan juga diamini oleh 90% pengguna internet yang ada di Indonesia.

Itu artinya, menjadi content creator youtube dimasa sekarang ini adalah pilihan yang cukup baik dan berpotensi.

Tak perlu jutaan subscriber

Banyaknya jumlah subscriber memang berpengaruh pada besarnya penghasilan Anda di youtube. Akan tetapi, sebagai langkah awal menjadi partner youtube, Anda sebetulnya tidak perlu menunggu hingga memiliki jutaan subscriber.

Saat ini youtube hanya mensyaratkan Anda untuk memiliki setidaknya seribu subscriber jika ingin mendaftar sebagai partner.

Siapapun bisa melakukannya

Kalau ingin tampil di televisi, sudah pasti Anda harus melalui proses seleksi dan casting. Itupun belum pasti Anda akan lolos. Beda hal di youtube, setiap orang punya kesempatan yang sama untuk menampilkan hasil karya mereka. Meski begitu, Anda harus mendaftar terlebih dahulu agar video hasil karya Anda bisa menghasilkan uang dari youtube.

Setelah memahami berbagai alasan di atas, berikut ini adalah cara mendapatkan uang dari youtube yang bisa Anda ikuti.

Mendaftar ke Google Adsense

Cara mendapatkan uang dari youtube yang pertama dan wajib Anda lakukan adalah dengan mendaftar ke Google Adsense. Jika video pada kanal youtube Anda sudah memiliki banyak jam tayang, bukan tidak mungkin justru pihak youtubelah yang akan mengajak Anda untuk bergabung dengan mereka. Meski begitu, Anda tetap harus mendaftarkan diri ke Google Adsense.

Jika Anda sudah mendaftar ke Google Adsense, maka Anda perlu menghubungkan akun Anda dengan kanal youtube Anda. Adapun aturan yang harus dipenuhi agar video youtube Anda dapat menghasilkan uang adalah dengan memiliki setidaknya 1000 subscriber  dan 4000 jam tayang pada 12 bulan terakhir.

Manfaatkan tools untuk perbanyak iklan

Jika Anda sudah resmi menjadi partner youtube, maka akan ada beberapa tools yang bisa Anda gunakan. Manfaatkan tools ini agar video yang Anda buat bisa terpasang iklan di dalamnya, dengan begitu youtube akan menghasilkan uang untuk Anda.

Agar bisa terpasang iklan, video Anda harus berisi konten yang ramah pengiklan. Jika dalam video yang Anda buat memiliki hal-hal yang sensitif, maka sebaiknya matikan terlebih dahulu tools monetisasi agar tidak dicekal pihak youtube.

Cara mendapatkan uang dari youtube melalui iklan adalah dengan masuk ke studio.youtube.com. Pilihlan video yang akan Anda monetisasi lalu pilihlah jenis iklan yang ingin Anda tampilkan. Setelah itu tekan tombol save.

Aktifkan rak merchandise

Jika kanal youtube Anda sudah memiliki setidaknya 10.000 subscriber dan usia Anda sudah lebih dari 18 tahun, maka cobalah untuk mengaktifkan rak merchandise di youtube. Melalui tools ini Anda bisa menjual berbagai souvenir atau pernak-pernik resmi yang berhubungan dengan kanal youtube kalian.

Cara mendapatkan uang dari youtube melalui rak merchandise adalah dengan masuk ke studio youtube lalu masuk ke menu monetisasi. Pilih menu Merchandise dan ikuti petunjuk yang ada.

Memaksimalkan konten

Untuk mendapatkan pundi-pundi uang yang banyak dari youtube, Anda harus mendapatkan banyak penonton dari video yang Anda buat. Untuk itu, berusahalah dengan baik dalam membuat konten yang unik, kreatif dan menarik.

Buatlah keunikan dengan menentukan hal khusus yang akan Anda ulas di video Anda, misalnya tentang musik, film, otomotif, dan sebagainya. Hindari membuat video campur aduk yang membuat penonton merasa bingung.

Optimasi konten youtube Anda dengan memaksimalkan SEO youtube, mulai dari pemilihan kata kunci, pembuatan judul yang menarik dan deskripsi video yang jelas.

Sebarkan ke media sosial

Sekali waktu Anda juga perlu menyebarluaskan video Anda melalui akun media sosial yang Anda miliki, entah itu facebook, twitter, instagram, line dan lainnya. Semakin banyak orang yang melihat dan menonton video Anda di youtube, maka akan semakin banyak juga uang yang dihasilkan.

Baca juga :   5 Cara Membeli Subscribe YouTube dengan Mudah

Lakukan endorse

Jika Anda punya cukup banyak modal untuk membuat kanal Anda berkembang dengan cepat dan pesat, lakukan endorse atau kolaborasi dengan youtuber yang sudah punya jutaan subscriber. Saat ini banyak content creator  yang membuka jasa kolaborasi untuk meningkatkan kanal youtube Anda.

Atau jika kanal Anda sudah punya cukup banyak penonton, maka Anda juga bisa membuka jasa endorse melalui video-video Anda. Bisa dengan kolaborasi, iklan produk, review produk dan sebagainya.

Itulah beberapa cara mendapatkan uang dari youtube, semoga bermanfaat.

Tags: bagaimana Cara mendapatkan uang dari youtube Cara mendapatkan uang dari youtube Cara mendapatkan uang dari youtube terbaru

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar