7 Cara Mendaftarkan Usaha Kuliner di Go Food Untuk Tingkatkan Penjualan Anda

Cara mendaftarkan usaha kuliner di go food – Mempunyai usaha di bidang kuliner disaat pandemi seperti ini memang terasa sangat sulit. Kunjungan pembeli menurun drastis, karena adanya anjuran untuk tetap tinggal di rumah jika tak ada keperluan yang terlalu penting. Bicara soal omset, tentu saja banyak pedagang kuliner yang mengeluhkan penurunan. Tapi tak perlu risau, Anda bisa menyiasati masalah ini dengan cara mendaftarkan usaha kuliner di go food.

Go Food merupakan salah satu fitur dari Gojek yang ditujukan khusus untuk membantu para penggunanya mencari dan membeli berbagai produk kuliner di sekitar mereka. Tanpa harus pergi keluar rumah, para pengguna jasa go food bisa memilih kuliner apapun yang mereka inginkan.

Jika Anda sudah atau sedang mengembangkan bisnis kuliner, maka berikut ini adalah cara mendaftarkan usaha kuliner di go food agar penjualan Anda makin meningkat.

Persiapkan data-data yang dibutuhkan

Sebelum mendaftar, Anda harus mempersiapkan terlebih dahulu beberapa data yang nantinya akan dibutuhkan saat proses registrasi. Beberapa data yang harus disiapkan diantaranya:

  1. Data pemilik yang meliputi nama, Nomor Induk Kependudukan (NIK), tanggal lahir, dan alamat.
  2. Rekening bank, meliputi data nama bank yang Anda gunakan, nama pemilik dan juga nomor rekening.
  3. Informasi outlet usaha yang Anda jalankan, termasuk di dalamnya alamat usaha, foto outlet atau toko, serta patokan di sekitar outlet untuk mempermudah pencarian.
  4. Rincian data usaha, seperti nama usaha yang Anda jalankan dan juga NPWP jika Anda sudah memilikinya.

Download aplikasi Gobiz dan lakukan registrasi

Cara mendaftarkan usaha kuliner di go food yang paling utama adalah dengan mengunduh aplikasi Gobiz. Anda bisa mengunduh aplikasi ini di playstore dengan hp android apapun.

Setelah proses pengunduhan selesai, segera lakukan proses registrasi dengan cara mengisi formulir yang tersedia. Anda harus mengisi formulir pendaftaran sesuai data-data yang telah Anda persiapkan sebelumnya.

Satu hal yang harus Anda perhatikan saat diminta untuk mengambil foto adalah sesuaikan posisi pengambilan foto dengan petunjuk yang sudah diberikan pada aplikasi. Jika pengambilan foto kurang tepat dan tidak sesuai petunjuk, biasanya Anda akan diminta untuk terus mengulanginya.

Pastikan Anda mengikuti semua instruksi dengan benar

Penting bagi Anda untuk memahami semua instruksi pengisian data agar proses registrasi berjalan dengan mulus.

Misalnya saat Anda diminta untuk mengisi data rekening bank, pastikan bahwa nama pemilik nomor rekening sesuai dengan nama pemilik usaha. Jika ada perbedaan, maka Anda harus mengunggah dokumen pendukung lain berupa rekening Koran atau buku tabungan.

Ikuti juga instruksi dari gojek tentang bagaimana cara mengambil foto outlet atau tempat usaha dari luar. Sebagai informasi, foto lokasi dan nama outlet dari luar harus terlihat jelas. Jika lokasi usaha Anda adalah rumah Anda sendiri maka ambillah foto rumah Anda dari bagian depan beserta nama usaha Anda.

Pilih layanan yang akan Anda aktifkan

Cara mendaftarkan usaha kuliner di go food yang selanjutnya adalah memilih jenis layanan yang akan Anda aktifkan untuk usaha kuliner Anda. Gojek menyediakan beberapa layanan yang bisa Anda aktifkan, beberapa diantaranya Gofood, Gopay dan POS.

Gofood berguna sebagai outlet online Anda, Gopay untuk sarana pencairan dana usaha dan POS untuk memudahkan pencatatan transaksi. Pelajari dengan seksama kelebihan dan kekurangan masing-masing layanan ini sebelum Anda mengaktifkannya.

Menunggu verifikasi

Setelah selesai mengisi semua informasi yang diminta, registrasi Anda akan diverifikasi terlebih dahulu oleh pihak Gojek. Butuh waktu sekitar dua hari kerja untuk mengetahui apakah pengajuan outlet Anda diterima, ditolak atau membutuhkan perbaikan.

Melakukan aktivasi

Setelah pendaftaran Anda berhasil diverifikasi, maka cara mendaftarkan usaha kuliner di go food selanjutnya adalah Anda harus melakukan aktivasi layanan. Layanan Gopay biasanya akan memakan waktu sekitar 7 hari kerja, sedangkan layanan POS akan otomatis aktif jika pendaftaran Anda diterima.

Untuk mengaktifkan layanan Gofood, Anda harus memasukkan beberapa informasi mengenai outlet usaha Anda. Mulai dari profil outlet, daftar menu, daftar harga, foto menu dan jam operasional outlet.

Menanti kunjungan Mitra Driver

Jika seluruh proses pendaftaran usaha kuliner di go food tadi sudah disetujui, maka Anda akan mendapat informasi mengenai kunjungan Mitra Driver guna melakukan pengecekan outlet.

Ingat baik-baik, bahwa dalam kunjungan Mitra Driver ini Anda tidak perlu memberikan data apapun pada petugas, serta tidak perlu melakukan pembayaran apapun. Semua proses pendaftaran di Gofood gratis dan tidak dipungut biaya.

Jika pengajuan Anda ditolak, periksa kembali semua data yang Anda masukkan. Kemungkinan besar ada beberapa informasi yang masih kurang tepat. Semoga rincian cara mendaftarkan usaha kuliner di go food di atas bisa membantu Anda.

Tags: Cara mendaftarkan usaha kuliner di go food mendaftarkan usaha kuliner di go food

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar