Ini Dia 3 Contoh Pertanian Modern Paling Terkenal di Indonesia

Contoh pertanian modern paling terkenal – Banyak metode yang dilakukan oleh petani untuk bisa meningkatkan hasil pertanian. Indonesia beberapa tahun terakhir ini memiliki hasil pertanian. Hal itu dikarenakan diakibatkan oleh kondisi cuaca yang ekstrem. Belajar dari hal tersebut Indonesia mulai menerapkan sistem pertanian modern yang mana menjadi terobosan terbaru untuk bisa memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin tinggi.

Pertanian modern ini tidak hanya didukung peralatan dan teknologi pertanian terbaru yang mana bisa mengoptimalkan produksi sehingga tidak terlalu membutuhkan tenaga manusia. Sistem pertanian modern ini digunakan dalam skala luas mengingat semakin banyak penduduk yang meminta permintaan produk pertanian untuk memenuhi kebutuhan pangan mereka.  Berikut ini adalah contoh pertanian modern paling terkenal yang menarik untuk Anda ketahui:

Hidroponik

Pertanian modern ini memiliki proses berupa budaya pertanian yang mana menggunakan peralatan canggih. Tujuannya adalah membuat proses produksi lebih mudah, selain itu mampu meningkatkan hasil pertanian yang efektif dan efisien.  Salah satu wujud pertanian modern yang bisa Anda lakukan adalah hidroponik. Pertanian ini merupakan contoh teknik modern hasil inovasi akibat keterbatasan lahan pertanian.

Konsep hidroponik ini tujuannya adalah memanfaatkan lahan yang sedikit namun bisa menghasilkan panen yang optimal. Untuk hidroponik ini memang harus menggunakan alat dan juga formula khusus agar hasilnya bisa seperti yang diharapkan. Saat ini penyempitan hanya pertanian sudah sering terjadi dimana lahan pertanahan yang seharusnya dijadikan sebagai tempat untuk menanam tanaman justru didirikan rumah maupun bangunan sehingga produktivitas lahan menurun.

Seiring dengan bertambahnya populasi dipercaya penyempitan lahan pertanian ini akan terus terjadi. Solusinya adalah dengan bertanam hidroponik dan menggunakan media tanam berupa air. Selain itu inovasi yang bisa dilakukan adalah menanam hidroponik secara vertikal di dalam  lahan yang sempit. Nantinya hasil panen yang didapatkan jauh lebih banyak dibandingkan dengan menanam secara horizontal.

Berkembangnya teknologi dan inovasi saat ini bercocok tanam dengan hidroponik ini bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja bahkan di dalam rumah sekalipun karena tampilan hidroponik yang segar dan juga bersih. Saat ini menanam secara hidroponik banyak di gandrungi dikarenakan menguntungkan dan memberikan mutu yang bagus. Selain itu konsep baru ini juga bisa sangat menarik minat masyarakat sehingga kebiasaan baru di tengah masyarakat bisa tercipta.

Ada banyak kelebihan bercocok tanam hidroponik yang harus Anda ketahui dimana yang pertama adalah tanaman hidroponik ini bisa tumbuh lebih cepat dibandingkan dengan tanaman lainnya tentunya hal ini harus ditunjang dengan nutrisi tanaman yang baik. Tidak hanya itu saja, hidroponik ini juga tidak memerlukan media tanam yang lebih banyak seperti konvensional sehingga tidak akan mudah terserang hama.

Bioteknologi

Contoh pertanian modern paling terkenal selanjutnya adalah bioteknologi. Dari namanya Anda sudah tahu jika pertanian menggunakan rekayasa genetika didasarkan pada keanekaragaman hayati. Selain itu yang paling menarik adalah menggabungkan teknik dan ilmu pertanian dengan teknologi. Dengan bioteknologi ini pertanian akan semakin maju dan berkembang sehingga bisa menciptakan individu tanaman yang unggul dan menguntungkan. Tidak hanya itu saja mutu dari produk bioteknologi ini bisa menjadikan inovasi dalam trendsetter di dalam pertanian.

Bioteknologi ini tidak hanya berkembang di Indonesia saja namun juga berkembang di seluruh dunia. Tujuannya adalah bisa menghasilkan banyak produk dengan hasil dan kualitas terbaik. Melalui kehadiran bioteknologi ini maka pertanian modern bisa mengembangkan sayapnya. Hal itu memajukan bidang pertanian demi keberlangsungan bersama.

Organik

Bertani atau bercocok tanam dengan cara organik menjadi teknik pertanian modern yang paling terkenal. Gagasan untuk pertanian organik ini muncul setelah terjadinya krisis pertanian modern yang mana mengusung konsep seperti orde lama. Selain itu melakukan optimalisasi hasil yang mana menjadi tolak ukur maju atau tidaknya sektor pertanian tersebut.

Penggunaan kimia seperti pestisida dan pupuk secara besar-besaran ini mampu mendongkrak hasil pertanian sehingga hal menimbulkan pro dan kontra. Memang hasil pertanian akan meningkat namun kesehatan lingkungan menjadi taruhannya.

Kini sistem pertanian modern lebih banyak mengandalkan cara organik karena lebih menguntungkan bagi lingkungan. Dari beberapa praktik pertanian organik terbukti bahwa pertanian ini sangat ramah lingkungan dan tidak berbahaya bagi sekitarnya.

Pengaplikasian

Tidak hanya contoh pertanian modern paling terkenal saja yang harus Anda ketahui namun pengaplikasiannya juga penting diketahui. Berikut ini adalah contoh pengaplikasian pertanian modern yang paling terkenal yang menarik untuk Anda ketahui:

  1. Hidroponik

Teknik pertanian modern ini sangat praktis dan mudah untuk dijalani. Anda bisa menggunakan pipa sebagai instalasinya sedangkan untuk media tanam Anda bisa rockwool, expanded, zeolit, hidrogel, perlit dan serbuk sabut kelapa. Sistem irigasinya Anda bisa menggunakan DFT atau Deep Flow System, Drip atau irigasi tetes, NFT atau Nutrient Film Technique, FHS atau Floating Hydroponic System, Sumbu maupun aeroponik.

Untuk bisa menanam hidroponik ini Anda bisa melakukan tahap persiapan terlebih dahulu berupa instalasi pipa, instalasi irigasi dan sebagainya. Selain itu Anda harus menyemai bibit unggul, membesarkan bibit dan kemudian panen.

  1. Bioteknologi

Produk bioteknologi mulai matang dan kemudian bisa dipasarkan. Pengaplikasian bioteknologi ini memang lebih rumit karena dibutuhkan tenaga ahli di dalamnya. Anda bisa mudah menemukan contoh produk pengaplikasian bioteknologi di sekitar Anda seperti Yoghurt, tempe, tauco, keju, mentega, nata de coco dan masih banyak lagi lainnya.

Baca juga :  Ini Dia 3 Contoh Pertanian Modern Paling Terkenal di Indonesia

  1. Organik

Organik ini adalah tanaman yang ditanam tanpa pestisida dan pupuk kimia. Bisa dipastikan jika organik ini lebih sehat sehingga saat dijual harganya jauh lebih mahal. Untuk pengaplikasiannya bisa ke semua jenis sayuran dan buah. Yang berbeda adalah teknik perawatan tanamannya saja.

Demikianlah contoh pertanian modern paling terkenal ayan menarik untuk diketahui, semoga informasi ini bermanfaat.

Tags: Contoh pertanian modern paling terkenal Contoh pertanian modern paling terkenal di dunia

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar