5 Cara Menggunakan WhatsApp Business untuk Bisnis yang Tepat

Cara menggunakan WhatsApp Business – WhatsApp akhirnya secara resmi merilis WhatsApp Business dengan format beta pada bulan september 2017 lalu.  Indonesia sendiri menjadi salah satu negara yang sudah bisa menggunakan aplikasi ini. Selain itu negara lainnya yang bisa menggunakan WhatsApp Business adalah Italia, Meksiko, Inggris, dan Amerika Serikat. Pada tahun 2017 lalu memang beta tester sudah mencoba WhatsApp Business tersebut, namun baru tahun januari 2018 ini diluncurkan secara resmi di play store. Sayangnya untuk pengguna iOS belum bisa menggunakan aplikasi ini.

Menggunakan WhatsApp Business yang Tepat

WhatsApp Business

WhatsApp Business

Sebagai pelaku bisnis sudah sepatutnya untuk selalu up to date dengan teknologi yang ada saat ini. Hal itu dikarenakan teknologi tersebut banyak digunakan untuk memajukan dan mengembangkan bisnis. Pelaku bisnis yang tidak bisa mengikut perkembangan teknologi akan dikalahkan dengan kompetitor yang bisa  memanfaatkan teknologi tersebut. Salah satu teknologi terbaru yang bisa digunakan oleh pelaku bisnis adalah WhatsApp Business. Akun WhatsApp Business ini lebih terlihat profesional jika digunakan untuk bisnis. Supaya tidak semakin penasaran simak cara menggunakan WhatsApp Business untuk bisnis yang tepat berikut ini:

Unduh

Cara menggunakan WhatsApp Business yang pertama adalah mengunduhnya di play store terlebih dahulu.  Silahkan ketikkan di bagian kolom pencarian WhatsApp Business maka Anda akan menemukan aplikasi tersebut. Ciri khas dari WhatsApp Business adalah adanya logo dengan huruf b yang singkatan dari business dengan warna khasnya yang hijau. Untuk mengunduh aplikasi ini tidak terlalu berat karena size aplikasinya hanya 18 MB saja.

Mendaftar

Sama seperti dengan WhatsApp messenger dimana untuk bisa menggunakan aplikasi ini haru mendaftarkan nomor handphone terlebih dahulu karena membutuhkan verifikasi. Yang harus diingat di sini adalah nomor WhatsApp Business tidak boleh sama dengan yang messenger. Karena memang tujuan diluncurkannya aplikasi ini adalah untuk membedakan chat pribadi dengan chat untuk keperluan bisnis.

Nama akun

WhatsApp Business ini juga dilengkapi dengan setting nama akun. Karena digunakan untuk bisnis maka settinglah nama akun tersebut dengan nama bisnis Anda. Nama akun bisnis harus diperhatikan dengan baik dikarenakan tidak bisa diubah kembali.

Melengkapi Profil

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah lengkapi profil WhatsApp Business tersebut. Yang harus dilengkapi adalah setting lokasi dengan benar. Akan ada maps pada akun bisnis Anda tersebut sehingga settinglah lokasi dengan tepat. Setelah alamat sudah ter setting dengan benar, isilah kategorinya. Kategori dari akun bisnis ini beragam mulai dari finansial, edukasi, event organizer, dan lain sebagainya. Pilihlah yang benar-benar sesuai dengan bisnis yang dijalani. Isikan deskripsi singkat tentang bisnis Anda tersebut misalnya bisnis salon kecantikan, layanan apa saja yang akan Anda layani. Setelah itu isikan jam kerja. Jam kerja ini sangat penting untuk melihat kapan bisnis Anda buka dan tutup. Yang menarik dari WA bisnis ini adalah bisa dihubungkan ke website Anda. Oleh sebab itu ada baiknya kontak pada website yang Anda jadikan sebagai media bisnis, diisikan dengan nomor WA bisnis ini. Jangan memberikan WA messenger karena akan terlihat lebih profesional.

Setting Pesan

Setelah setting profil bisa dengan melakukan setting pada pesan. Yang membedakan WhatsApp Business dengan WhatsApp messenger adalah terdapat auto reply. Biasanya auto reply ini sudah ada di pengaturan marketplace, namun dengan menggunakan aplikasi pesan WhatsApp Business Anda bisa melengkapinya dengan auto reply. Anda bisa menggunakan auto reply diluar jam buka sehingga ketika ada konsumen  melakukan chat di luar jam buka, sistem yang akan membalasnya. Selain auto reply ada juga salam yang digunakan untuk menyapa konsumen yang baru pertama kali chat atau sudah lebih dari 14 hari tidak melakukan chat sama sekali.

Kelebihan WhatsApp Business

Kelebihan WhatsApp Business

Kelebihan WhatsApp Business

Karena digunakan untuk berbisnis, aplikasi ini  menawarkan kepraktisan dan terdapat banyak kelebihan dibandingkan dengan aplikasi pesan biasa. Selain kelebihan pada bagian profil yang lebih terlihat profesional karena dilengkapi dengan deskripsi bisnis, lokasi, dan lain sebagainya juga terdapat label yang digunakan sebagai pengelompokan pada pesan. Pengelompokan tersebut digunakan untuk memudahkan Anda dalam berkomunikasi dengan konsumen misalnya saja prospek, pesan baru, menunggu bayaran, terbayar, dan pesan selesai. Anda bisa mudah mengelompokkan pesan sesuai dengan isinya. Fitur ini pun tidak ditemukan pada aplikasi pesan WhatsApp biasa.

Kelemahan

Ada kelebihan juga ada kelemahannya. Banyak pengguna WhatsApp Business yang mengeluhkan bug pada aplikasi tersebut. Selain itu agar semua pesan bisa masuk ke WhatsApp Business aplikasi harus selalu terbuka. Ketika Anda menutup aplikasinya maka semua pesan tidak akan masuk. Memang saat ini WhatsApp Business masih dalam versi beta namun diharapkan ke depannya aplikasi ini bisa masuk ke dalam tahap final sehingga minim bug.

Pertumbuhan WhatsApp Business

Pertumbuhan WhatsApp Business

Saat ini jumlah yang mengunduh WhatsApp Business sudah lebih dari 5 juta, hal tersebut membuktikan jika para pelaku bisnis sudah mulai melirik aplikasi ini. Anda pun bisa menggunakan aplikasi satu ini untuk berbisnis. Lakukanlah beberapa cara menggunakan WhatsApp Business seperti yang dijelaskan di atas agar bisnis Anda akan semakin profesional.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

cara menggunakan WhatsApp bisnis -cara daftar wa untuk keperluan buisness -cara membuat wa business -cara memakai Business -cara masuk ke wa busines -Cara kerja whatsap bisnis -cara kerja wa bisnis -cara berbisnis menggunakan wa -bgimana cara bisnis di wa -whatsapp business trik -

Tags: Cara menggunakan WhatsApp Business Cara menggunakan WhatsApp Business dengan benar pengertian WhatsApp Business

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "5 Cara Menggunakan WhatsApp Business untuk Bisnis yang Tepat"

    Belajar dari Pengalaman, 5 Penyebab Teh Sariwangi Bangkrut
    Teh Sariwangi merupakan salah satu produk yang
    Punya Prospek Cerah, Inilah Ide Bisnis yang Akan Booming di 2019
    Seiring dengan berkembangnya zaman, banyak orang beranggapan
    5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
    sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.

    Tinggalkan Balasan