8 Tips Mengelola Keuangan Bisnis di Masa Pandemi Wajib Kamu Terapkan

Mengelola keuangan bisnis di masa pandemi ini tidak mudah. Keuangan sendiri merupakan hal yang vital dalam bisnis dimana jika manajemen keuangannya tidak tertata dengan rapi bisa menyebabkan bisnis mengalami kemunduran bahkan kerugian. Apalagi di masa pandemi ini penting sekali bagi Anda untuk bisa mengatur dan mengelola keuangan karena memang kondisi perekonomian yang belum pulih membuat pemasukan menjadi tidak pasti.

Banyak perusahan yang mengalami penurunan pendapatan sehingga memutuskan kerja banyak karyawan.  Oleh sebab itu bagi bisnis Anda yang masih bisa bertahan sampai saat ini dengan formasi karyawan yang sama Anda perlu memperbaiki manajemen dan pengelolaan keuangan agar bisa terus survive di masa pandemi Covid seperti saat ini. Simak beberapa tips mengelola keuangan bisnis di masa pandemi yang sangat penting untuk Anda perhatikan:

Keluarkan Keuangan Sesuai Kebutuhan

Tips mengelola keuangan bisnis di masa pandemi yang bisa dilakukan saat ini adalah dengan mengeluarkan keuangan sesuai dengan kebutuhan. Sebenarnya cara ini sangat penting diterapkan di keuangan bisnis sebelum masa pandemi. Hal tersebut terbukti dimana perusahan yang mengontrol pengeluaran sesuai kebutuhan jauh bisa lebih survive saat ini dibandingkan yang tidak.

Hal ini pun dilakukan oleh brand lokal bernama K.A.L.A dimana mereka sangat berhati-hati dengan keuangan sejak awal yaitu mengeluarkan cost sesuai dengan kebutuhan mereka. Langkah yang mereka ambil dan lakukan sejak awal ini sangat membantu financial mereka saat masa pandemi.

Ubah Model Bisnis

Jangan menjadi bisnis yang kaku terhadap segala perubahan. Saat pandemi seperti saat ini semua berubah bahkan Anda bisa mulai mengubah model bisnis Anda. Buat model bisnis yang memang lebih dekat atau lebih mudah menjangkau konsumen.

Anda bisa memulainya dengan menjual produk secara online, mengirimkan produk dengan cara online dan memberikan pelayanan sebaik mungkin. Jangan pernah ragu untuk mengubah model bisnis Anda jika dirasa tidak bisa berjalan di masa pandemi seperti saat ini.

Fokus Pada Apa yang Konsumen Butuhkan

Di masa pandemi ini jangan berfokus pada produk yang Anda hasilkan namun ada baiknya jika Anda tahu apa yang konsumen saat ini butuhkan. Saat ini banyak perusahaan yang memangkas operasional mereka, memproduksi barang yang lebih kecil namun banyak dicari di masa pandemi. Dengan barang yang diproduksi tersebut kecil maka modal yang dikeluarkan pun akan kecil. Selain itu perusahan bisa menghitung fix cost dan lepaskan barang dengan ongkos produksi yang jauh lebih besar. Hal ini akan membuat nafas perusahaan Anda menjadi lebih panjang saat pandemi.

Pelayanan Virtual

Bisa dikatakan bahwa salah satu fix cost yang terbesar dari sebuah bisnis adalah sewa tempat.  Semakin strategis lokasi bisnis Anda maka akan semakin mahal biaya sewanya. Jangan ragu untuk beralih ke layanan virtual jika sewa tempat terlalu membebani finansial bisnis Anda. Dengan adanya beralih ke layanan virtual ini diharapkan perusahaan Anda bisa memegang uang meski di masa-masa yang sulit sekalipun.

Pahami Perubahan Perilaku Konsumen

Jika bisnis Anda ingin mengelola keuangan bisnis di masa pandemi dengan baik hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan memahami perubahan perilaku konsumen. Dengan beradaptasi dengan perilaku konsumen ini perusahaan Anda akan bisa mempertahankan penjualan terutama saat masa pandemi.

Salah satu hal yang membuat perilaku konsumen berubah adalah lebih banyak memilih berbelanja dengan cara online dibandingkan dengan offline. Dengan cara online ini selain lebih hemat waktu konsumen bisa menghindari kerumunan yang menyebabkan penularan virus dapat cepat terjadi.

Rem Marketing

Saat masa pandemi seperti saat ini banyak perusahaan salah langkah. Saat penjualan sepi mereka menggenjot tim marketing untuk bisa melakukan pemasaran dengan baik dan juga melakukan pemasaran secara besar-besaran. Cara-cara baru pun dilakukan untuk bisa memaksimalkan pemasaran. Namun tahukah Anda jika pemasaran yang dilakukan secara besar-besaran akan menyebabkan keuangan bisnis Anda menjadi menipis bahkan habis tak bersisa.

Anda bisa menggunakan keuangan perusahaan untuk hal yang lebih berguna dan bermanfaat seperti pengembangan produk supaya banyak konsumen tertarik dengan produk yang Anda jual. Saat dilepas ke konsumen Anda baru menyusun pemasaran sedemikian rupa agar produk Anda menjadi lebih diterima dibandingkan oleh masyarakat dan konsumen.

Pemasaran Digital

Untuk bisa mengelola keuangan bisnis Anda di masa pandemi hal yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah dengan melakukan pemasaran digital. Mendekati konsumen dengan cara offline di masa pandemi ini tidak akan efektif berbeda jika Anda melakukan pendekatan dan pemasaran dengan cara digital. Anda bisa memanfaatkan FB Ads maupun Instagram Ads, dengan konsep iklan yang menarik Anda akan bisa menarik pengunjung dan mendatangkan konsumen. Anda juga bisa mengatur pemirsa iklan Anda tersebut sehingga jauh lebih efektif.

Baca juga : 6 Strategi Bisnis Offline Agar Tidak Punah di Zaman Digital

Catat Secara Digital

Tips terakhir adalah Anda bisa mencatat pemasukan dan pengeluaran bisnis ini secara digital. Dengan pencatatan digital Anda bisa mengetahui kondisi keuangan bisnis Anda secara real time bahkan untuk operasional perusahaan pun Anda bisa melakukannya dengan cara digital yang lebih canggih, cepat dan praktis.

Demikianlah beberapa tips mengelola keuangan bisnis di masa pandemi yang bisa Anda lakukan, semoga informasi ini bermanfaat.

Tags: mengelola keuangan bisnis di masa pandemi tips mengelola keuangan bisnis di masa pandemi

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar