6 Bisnis yang Cocok Bagi Orang yang Tinggal di Jogja

Terdapat berbagai jenis bisnis yang cocok bagi orang yang tinggal di Jogja. Tak heran, karena Jogja merupakan kota yang menjadi salah satu destinasi wisata favorit baik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Seiring dengan tingginya jumlah wisatawan yang berlibur di Jogja, menjadikan Jogja gudang berbagai bisnis menggiurkan.

Selain karena faktor banyaknya para wisatawan yang berlibur di Jogja, salah satu faktor menguntungkan lainnya jika Anda memutuskan untuk membuka bisnis di Jogja adalah banyaknya kampus-kampus yang berada di kota ini. Tentu saja karena kota Jogja adalah kota pelajar, sehingga banyak para pelajar maupun mahasiswa yang datang dari berbagai kota untuk mengenyam pendidikan di kota Jogja. Dengan banyaknya potensi bisnis di Jogja, masyarakat khususnya warga Jogja tak boleh menyia-nyiakan kesempatan untuk membuka bisnis yang keuntungannya bisa dibilang cukup menjanjikan. Langsung saja simak 6 bisnis menjanjikan bagi warga Jogja berikut ini!

1.      Kamar Kos

Kamar Kos

Kamar Kos

Banyaknya mahasiswa perantau yang menempuh pendidikan tinggi di Jogja membuat usaha menyewakan kamar kos menjadi salah satu bisnis yang cocok bagi orang yang tinggal di Jogja. Keuntungan yang bisa diraup dari usaha ini cukup menggiurkan, karena usaha ini termasuk usaha yang timeless dan tidak bisa kadaluwarsa. Mengapa? Karena para mahasiswa datang silih berganti dan tak akan ada habisnya, selama kampus tersebut masih berdiri kokoh maka para mahasiswanya pun akan terus ada bukan? Terlebih jika Anda tinggal tak jauh dari kampus, Anda bisa membangun beberapa kamar kos lalu sewakan dalam bentuk bulanan maupun tahunan. Memang modal yang diperlukan cukup besar, namun tak ada salahnya karena akan sebanding dengan penghasilan yang akan didapatkan nantinya.

2.      Homestay

Homestay

Homestay

Bisnis yang satu ini cocok bagi Anda yang tinggal di dekat tempat wisata yang sering dikunjungi banyak wisatawan asing. Karena umumnya para wisatawan asing lebih memilih untuk menyewa homestay daripada hotel. Tak perlu membangun rumah baru, Anda bisa menyewakan rumah Anda untuk disewakan menjadi homestay. Terlebih jika rumah Anda bergaya tradisional dan nyaman untuk ditinggali, karena umumnya para wisatawan asing justru lebih senang dengan nuansa-nuansa tradisional khas Jogja yang tak bisa mereka temui di negara mereka.

3.      Kuliner Khas

Jika Anda berkunjung ke suatu tempat yang belum pernah Anda datangi sebelumnya, tentu hal yang wajib Anda coba adalah mencicipi kuliner khas kota tersebut. Itulah mengapa bisnis kuliner dari dulu hingga kini seakan tak ada matinya. Salah satu kuliner khas kota Jogja yang bisa Anda jadikan ladang bisnis menguntungkan adalah gudeg. Terlebih jika Anda memiliki skill memasak yang cukup mumpuni, membuka usaha gudeg rumahan dapat Anda coba tekuni. Karena jumlah wisatawan akan terus meningkat setiap tahunnya, dan kebanyakan dari para wisatawan tentu tak mau ketinggalan untuk mencoba mencicipi kuliner khas yang terkenal hingga ke kota-kota lainnya ini. Selain gudeg, terdapat kuliner khas lainnya yang bisa Anda pilih, seperti bakpia, mi lethek, bakmi jawa, dan lain-lain.

4.      Kafe Kekinian

Bisnis yang cocok bagi orang yang tinggal di Jogja selanjutnya adalah membuka kafe kekinian. Keberadaan kafe kekinian akhir-akhir ini kian menjamur, baik itu kafe yang memiliki konsep Instagramable, kafe yang menyediakan aneka kopi, hingga kafe yang menyediakan berbagai makanan hingga minuman berat. Jika Anda memutuskan untuk membuka kafe kekinian, kafe Anda harus beda dari yang lainnya, salah satu caranya adalah dengan menonjolkan ciri khas yang unik. Karena kompetitor atau pesaing dari bisnis serupa sudah cukup banyak, sehingga mau tak mau Anda harus mampu menghadirkan kafe dengan konsep kekinian namun tetap memiliki ciri khas tersendiri.

5.      Tour and Travel

wisata jogja

Usaha yang satu ini tak kalah menjanjikan karena dilihat dari banyaknya jumlah wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi Jogja sebagai destinasi wisata mereka. Bagi Anda yang memiliki channel atau jaringan ke berbagai perusahaan seperti hotel, penginapan, maskapai penerbangan, bis, maupun lokasi-lokasi wisata, tentu bisnis yang satu ini tak boleh Anda lewatkan. Anda bisa mengatur itinerary objek-objek serta tempat-tempat favorit yang berada di kota gudeg ini, misalnya saja wisata pantai selatan, Gunung Merapi, Malioboro, dan objek wisata lainnya. Karena Anda adalah warga Jogja, tentu Anda tahu persis destinasi wisata favorit para wisatawan.

6.      Oleh-Oleh

Salah pondoh

Yang terakhir adalah bisnis oleh-oleh. Seperti halnya mencicipi kuliner khas, membawa pulang oleh-oleh tentu tak boleh Anda lewatkan jika sedang berlibur di suatu kota tak terkecuali di Jogja. Hal ini dapat Anda jadikan kesempatan dengan membuka usaha oleh-oleh khas Jogja yang lengkap dan murah. Oleh-oleh yang bisa Anda jual antara lain pernak-pernik, cinderamata, baju, maupun tas. Anda juga bisa membuka toko oleh-oleh makanan khas Jogja seperti gudeg dalam kemasan kaleng, bakpia, bakpia kukus, keripik belut, geplak, yangko, hingga salak pondoh.

Demikianlah 6 bisnis yang cocok bagi orang yang tinggal di Jogja. Anda tertarik mencoba bisnis yang mana?

Загрузка...

Tags: bisnis yang cocok bagi orang yang tinggal di Jogja jenis bisnis yang cocok bagi orang yang tinggal di Jogja

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar