8 Tips Membuat Nama Perusahaan yang Unik ini Wajib Dicoba!

Tips membuat nama perusahaan yang unik – Penamaan unik khususnya bagi sebuah perusahaan penting adanya dan perlu dipertimbangkan dengan baik dan matang. Karena hanya dari sebuah nama, suatu perusahaan dapat dikenal luas oleh orang-orang. Tak hanya itu, nama juga dapat mewakili bagaimana karakter sebuah perusahaan sehingga dapat disebut sebagai identitas perusahaan. Namun tak boleh sembarangan, karena penentuan nama yang tepat ternyata tak mudah untuk dilakukan. Lalu bagaimana cara menemukan nama yang tepat bagi perusahaan? Bagi Anda yang sedang memikirkan nama apa yang cocok bagi perusahaan Anda, simak 8 tips bagaimana membuat nama perusahaan yang unik berikut ini!

nama perusahaan

1.      Pikirkan Makna Dibalik Nama

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah apa makna dibalik nama tersebut? Karena jika Anda asal-asalan memberikan nama bukan tak mungkin malah berakibat pada reputasi yang akan didapatkan perusahaan Anda nantinya. Terlebih bagi sebuah perusahaan besar yang tentunya akan dikenal banyak orang, diperlukan pertimbangan yang matang sebelum akhirnya berakhir pada sebuah nama. Anda dapat mencari nama-nama dengan arti yang positif serta masih relevan dengan bidang perusahaan Anda.

2.      Jangan Terlalu Panjang

Tips membuat nama perusahaan yang unik selanjutnya adalah jangan terlalu panjang. Usahakan untuk menggunakan kata-kata yang singkat namun jelas. Jumlah suku kata yang disarankan adalah antara satu hingga empat suku kata. Apabila nama tersebut mengandung lebih dari empat kata, maka Anda bisa menggantinya dengan akronim sehingga tetap berakhir pada penamaan yang lebih pendek, karena nama yang memiliki kata pendek cenderung lebih mudah diingat dan diucapkan.

3.      Cari Nama yang Mudah Ditulis

Selain penamaan yang pendek, ada baiknya untuk memikirkan nama perusahaan dengan kata-kata yang mudah ditulis. Hal ini dimaksudkan agar memudahkan orang-orang saat menulis maupun mengetik nama perusahaan Anda. Bayangkan saja jika nama perusahaan Anda tergolong ribet, sulit dari segi penulisan dan pengucapan, dan juga mengandung makna yang tidak familiar di telinga masyarakat. Contohnya Anda ingin memberi nama perusahaan dengan nama SoeksesDjaya, kata ini cenderung sulit diucapkan apalagi ditulis. Bagaimana jika Anda mengganti nama tersebut dengan SuksesJaya, lebih mudah bukan?

4.      Pilih Nama yang “Aman”

Maksud dari memilih nama yang “aman” adalah nama-nama yang tidak kontroversial, entah itu yang menyinggung ras, agama, adat, maupun norma-norma tertentu. Mungkin saja Anda berpikir penamaan tersebut beda dari yang lain dan terlihat unik, namun bukan unik dalam artian seperti itu yang dicari. Tentu Anda menginginkan perusahaan yang Anda bangun dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama bukan? Untuk itu jangan lupa untuk lebih memperhatikan kosakata-kosakata kontroversial yang sebaiknya Anda hindari.

5.      Pilih Nama yang Dapat Menimbulkan Kesan Perusahaan

Kesan yang ditimbulkan dari penamaan sebuah perusahaan ternyata berperan penting dalam keberlangsungan perusahaan. Jika Anda memiliki penamaan yang unik, orang-orang yang membaca atau mendengar nama perusahaan Anda pasti akan selalu mengingat. Akan menjadi keuntungan tersendiri jika dari kesan nama tersebut muncul rasa penasaran untuk mencari tau lebih dalam mengenai perusahaan Anda. Itulah mengapa menentukan nama yang dapat menimbulkan kesan perusahaan adalah salah satu tips membuat nama perusahaan yang unik dan ampuh.

6.      Pastikan Nama Tersebut Tidak Sama Dengan Nama Perusahaan Lain

Hal ini juga tak boleh luput dari perhatian Anda. Bayangkan jika Anda sudah terlanjur menentukan sebuah nama namun ternyata sudah ada perusahaan lain yang menggunakan nama tersebut sebelum Anda, pasti nama tersebut tidak lagi menjadi nama yang spesial. Oleh karena itu, penting untuk melakukan riset dan survey terlebih dahulu untuk memastikan nama tersebut belum pernah dipakai oleh perusahaan manapun.

7.      Pastikan Anda Merasa Cocok dan Sreg

Jangan lupakan perasaan Anda sebagai sang pendiri perusahaan, karena dalam menentukan nama yang tepat tentu juga harus didasari dengan kecocokan hati Anda. Jangan saampai Anda sendiri yang memilih, namun Anda sendiri yang merasa tidak cocok dengan pemilihan nama tersebut. Karena tak ada artinya Anda susah-susah mencari nama, memikirkan arti nama tersebut, bagaimana sejarah nama tersebut, namun Anda sebagai sang pemilik ternyata tidak merasa cocok dan sreg.

8.      Buat Desain Logo yang Tak Kalah Unik

Setelah Anda menentukan nama perusahaan yang tepat, langkah selanjutnya adalah menentukan bagaimana desain dari logo perusahaan Anda. Pembuatan logo perusahaan ada baiknya disesuaikan dengan karakter perusahaan Anda, karena logo tersebut nantinya juga bagian dari identitas perusahaan. Umumnya, desain logo harus terbilang unik dan berbeda, simple dan sederhana, serta mudah diingat. Karena berkaca dari perusahaan-perusahaan besar, mereka cenderung memiliki logo dengan desain yang tak hanya unik namun simple dan sederhana, bukan malah logo dengan desain yang terkesan ramai dan tak mudah diingat.

Itulah tadi 8 tips membuat nama perusahaan yang unik dan bisa Anda coba terapkan. Bagaimana menurut Anda?

Загрузка...

Tags: cara membuat nama perusahaan yang unik Tips membuat nama perusahaan yang unik

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar