Sering Boncos? Ini Dia 5 Tips Menyusun Budget Plan Bulanan Paling Mudah

Uang bulanan cuma lewat dan tidak tahu kemana larinya? Sudah saatnya Anda tahu bagaimana tips menyusun budget plan bulanan. Tentunya Anda tidak mau dong uang hasil kerja maupun hasil jerih payah Anda selama sebulan ini tidak meninggalkan sisa dan tak berbekas. Hal tersebut juga membuat Anda merasa kerja keras yang dilakukan selama satu bulan tidak ada hasilnya. Oleh sebab itu penting banget bagi Anda untuk mengatur budget bulanan Anda.

Budget Plan

Untuk apa sih budget plan? Nah, budget plan ini membantu Anda merencanakan keuangan Anda biasanya selama satu bulan. Perencanaan tersebut diharapkan mampu membuat manajemen keuangan Anda menjadi lebih baik.  Dengan budget plan, Anda bisa mudah merencanakan masa depan misalnya menabung untuk pendidikan, mudah merencanakan investasi dan sebagainya.  Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas tips menyusun budget plan bulanan yang tepat, yuk simak!

Catat Prioritas Keuangan

Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah catat prioritas keuangan. Untuk mencatat prioritas keuangan Anda bisa membuat beberapa pos. Misalnya saja kebutuhan untuk bertahan hidup, gaya hidup, keinginan sepele, keinginan jangka panjang, biaya untuk gaya hidup dan sebagainya. Nah, budget plan justru tidak baik jika Anda terlalu emosional dalam mempertimbangkan pengeluaran. Tidak hanya itu saja, budget plan yang Anda buat ini harus dibuat serasional mungkin.

Perkiraan Penghasilan

Tips menyusun budget plan bulanan yang bisa dilakukan selanjutnya adalah perkirakan penghasilan Anda. Anda bisa membuat daftar sumber uang yang akan Anda terima, jika memiliki penghasilan yang fluktuatif Anda bisa memperkirakan penghasilan yang akan didapatkan pada bulan itu.  penghasilan yang dimaksud penghasilan bersih ya bukan penghasilan kotor.

Perkiraan penghasilan sangat penting untuk menyusun dan mengatur perencanaan keuangan Anda selama sebulan. Mengapa demikian? Alasannya tanpa adanya penghasilan yang pasti budget plan yang Anda susun terasa tidak rasional.

Apa yang Ingin Dicapai?

Selanjutnya, Anda bisa melakukan identifikasi yang ingin Anda capai. Budget plan yang Anda buat akan berfungsi dengan baik jika Anda memiliki tujuan pasti yang ingin Anda capai.  Tanpa adanya tujuan Anda akan tidak tahu  dana dan anggaran tersebut digunakan untuk apa. Selain melakukan identifikasi tujuan, Anda bisa tahu kapan pembelanjaan dilakukan dan berapa banyak biaya yang harus diperlukan. Dengan begitu, Anda bisa mudah merencanakan anggaran dan mudah direalisasikan.

Lakukan Perbandingan

Saat Anda sudah membuat perkiraan pengeluaran yang rasional, Anda bisa mengurangkan penghasilan dengan pengeluaran Anda tersebut.  Dengan perbandingan yang Anda lakukan mudah bagi Anda untuk tahu apakah selama ini hidup di luar kemampuan atau sudah sesuai kemampuan. Dalam perbandingan tersebut jika Anda menemukan hasil negatif itu artinya Anda hidup di luar kemampuan.

Tentu Anda pernah mendengar istilah, hiduplah sesuai dengan kemampuan kan? Nah, itu artinya mulailah mengubah kebiasaan Anda dalam membelanjakan uang, kemudian mulai mengatur keuangan Anda lebih baik. Akan lebih baik lagi jika Anda memiliki komitmen hidup di bawah kemampuan. Mengapa demikian? Hal itu karena masih ada space untuk Anda menabung maupun investasi.

Lakukanlah Penyesuaian

Tips menyusun budget plan bulanan yang terakhir Anda bisa melakukan penyesuaian. Saat Anda dihadapkan pada hasil yang tidak balance, ada dua pilihan yang bisa Anda lakukan. Pertama, Anda bisa menyesuaikan budget dengan memotong berbagai macam pengeluaran tertentu. Kedua, jika hasil perbandingannya tetap negatif mau tidak mau Anda harus bisa menambah penghasilan Anda. Ada banyak pekerjaan sampingan yang bisa Anda coba, bisa juga menggeluti bisnis sampingan yang tidak mengganggu jam kerja utama Anda.

Fungsi Budgeting

Apa sih fungsi budgeting? Fungsinya sangat beragam. Pertama, budgeting mampu membantu Anda menentukan modal awal. Nah, dengan menentukan budget Anda bisa tahu berapa modal uang yang Anda habiskan per bulannya. Jika Anda pebisnis budget plan ini bisa membuat Anda tahu modal uang yang digunakan dalam menjalankan bisnis. Kedua, Anda bisa terbantu dalam mengontrol keuangan Anda.  Tanpa adanya budget plan, keuangan Anda tidak akan terkontrol dengan baik bahkan beresiko minus.

Baca juga : Investasi Emas Perhiasan atau Batangan, Lebih Menguntungkan Mana?

Nah, jangan biarkan Anda sering boncos karena manajemen keuangan yang kurang bagus. Lakukan beberapa tips menyusun budget plan bulanan diatas untuk membuat keuangan jauh lebih baik dibandingkan sebelumnya, mulai dari sekarang ya karena lebih cepat akan jauh lebih baik!

Tags: cara menyusun budget plan bulanan menyusun budget plan bulanan tips menyusun budget plan bulanan tutorial menyusun budget plan bulanan

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar