7 Contoh Usaha Kecil Menengah Potensial dan Menguntungkan

Contoh usaha kecil menengah potensial – Tentu Anda sudah tidak asing dengan yang namanya usaha kecil menengah atau yang bisa disingkat menjadi UKM. UKM ini juga biasa disebut dengan UMKM. UKM sendiri merupakan aktivitas usaha yang mana banyak dilakukan oleh perorangan atau badan usaha yang dimiliki perorangan. Perbedaannya dengan bisnis atau usaha yang besar adalah dari kekayaan bersih maupun penjualan tahunan.

JIBI/SOLOPOS/Dwi Prasetya
Pedagang menyiapkan bakso kepada pelanggan di warung Bakso Remaja, Kartopuran, Kecamatan Serengan Solo, Selasa (20/11). Naiknya harga daging sapi membuat pedagang terpaksa ikut menaikkan harga bakso dari Rp8.500 menjadi Rp9.000 per porsi.

Jumlah UKM yang ada di Indonesia ini pun cukup banyak, meski kebanyakan semuanya dalam tahap mikro. Dengan munculnya UKM yang semakin banyak di Indonesia ini bisa membuat roda perekonomian Indonesia semakin naik. Terlebih lagi saat pandemi seperti saat ini membuat banyak orang tertarik untuk menggeluti usaha kecil menengah.

Selain tidak membutuhkan modal yang banyak, UKM ini pengelolaannya tidak rumit sehingga membuat siapapun bisa menggeluti bisnis ini. Ada beberapa contoh usaha kecil menengah potensial yang bisa Anda geluti karena terbukti menghasilkan seperti berikut ini:

Kuliner

Contoh usaha kecil menengah potensial yang bisa Anda tiru karena terbukti menghasilkan adalah kuliner. Jika Anda jeli saat ini banyak sekali jenis-jenis kuliner baru yang bermunculan. Terlebih saat pandemi seperti saat ini.

Kuliner ini menjadi bisnis yang tidak pernah mati karena makanan adalah kebutuhan pokok semua orang. Ragam kuliner yang bisa dikembangkan ini banyak, sehingga idenya tidak terbatas. Anda bisa membuka bisnis kuliner yang sesuai dengan keahlian dan keinginan Anda.

Yang menguntungkan adalah bisnis ini tidak membutuhkan modal yang banyak. Anda bisa mulai dengan skala kecil terlebih dahulu dengan sistem pre order, selain itu Anda harus melakukan testing pasar untuk mengetahui apakah produk kuliner Anda ini bisa diterima di masyarakat atau produk. Dengan melihat produk yang best seller setiap harinya Anda bisa mudah mengetahui seperti apa selera pasar terhadap produk Anda.

Bisnis Pendidikan

Contoh usaha kecil menengah potensial selanjutnya yang bisa digeluti adalah bisnis pendidikan. Tempat kursus atau pelatihan tatap muka ini cukup digemari, baik itu para pelajar sekolah maupun orang yang akan menambah keahlian khusus. Saat pandemi seperti ini, bisnis pendidikan banyak dibutuhkan karena pembelajaran di sekolah belum diadakan. Anda bisa membuka bisnis yang berhubungan dengan pendidikan seperti memberikan les privat dan sebagainya. Anda harus mengenali kemampuan diri sendiri untuk modal awal. Selain itu Anda bisa menawarkan keunggulan yang ada pada diri Anda yang mana tidak akan diperoleh pada orang lain.

Otomotif

Ada banyak peluang bisnis UKM di bidang otomotif yang bisa Anda manfaatkan. Ada beragam bisnis UKM di bidang otomotif yang bisa Anda geluti seperti penjualan dan pembelian suku cadang kendaraan rental mobil maupun motor, bengkel otomotif dan juga jasa cuci kendaraan.

Bisnis ini sangat potensial mengingat jumlah kendaraan yang terus bertambah. Anda harus jeli dalam melihat peluang bisnis di bidang otomotif apa saja yang memiliki peminat banyak. Setelah itu Anda bisa mencari konsumen, memberikan harga yang kompetitif supaya banyak konsumen datang ke bisnis Anda.

Agribisnis

Bisnis ini sangat potensial dan juga termasuk bisnis yang stabil dilakukan di saat pandemi. Alasan mengapa agribisnis potensial karena menjadi kebutuhan pokok. Agribisnis yang sedang potensial untuk Anda geluti adalah bidang pertanian dan juga peternakan. Sayangnya UKM ini masih di dominasi oleh orang tua. Masih sedikit kaum milenial yang menggeluti bisnis ini sehingga tingkat persaingannya sedikit.

Fashion

Contoh usaha kecil menengah potensial selanjutnya yang bisa Anda geluti selanjutnya adalah fashion. Bisnis fashion ini memiliki potensi menghasilkan profit yang besar terutama pada event atau momen tertentu seperti hari raya.

Untuk menggeluti bisnis ini Anda harus tahu tren fashion yang berkembang. Trend mode ini terus berputar dan juga berganti seiring dengan zaman. Trend fashion tidak berhenti di tempat sehingga pengetahuan Anda tentang tren ini dibutuhkan. Anda bisa menjalankan bisnis di bidang produksi fashion. Tidak hanya itu saja Anda bisa melayani desain fashion. Penjualannya sendiri bisa dilakukan di toko konvensional maupun toko online.

Produk kreatif

Kreativitas sangat dibutuhkan saat pandemi. Dengan kreativitas ini Anda bisa menciptakan bisnis yang potensial. Ada berbagai macam ragam produk kreatif yang memiliki kerajinan tinggi dan juga memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Keunggulan ini bisa terletak pada keunikan dan sisi artistiknya. Produk kreatif ini bisa berhubungan dengan kerajinan tangan, aksesoris dan juga ornamen atau hiasan rumah.

Kecantikan

Untuk bisa menggeluti bisnis ini Anda tidak membutuhkan modal yang tidak terlalu besar. Anda bisa membuat skincare homemade yang terbukti alami dan tanpa efek samping. Anda bisa membuatnya dengan cara pre order sehingga skin care yang Anda buat ini fresh. Selain itu Anda bisa menawarkan jasa kecantikan dari rumah ke rumah mengingat saat ini sedang pandemi. Misalnya saja adalah menawarkan facial, lulur, spa, massage dan sebagainya.

Demikianlah beberapa contoh usaha kecil menengah potensial yang bisa Anda geluti, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Tags: Contoh usaha kecil menengah potensial usaha kecil menengah potensial

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar