8 Ide Bisnis di Rumah dengan Modal Kecil yang Kamu Wajib Coba!

Setelah seharian bekerja di kantor, Anda merasa terlalu lelah untuk membuka bisnis di luar rumah. Satu-satunya cara yang bisa dilakukan agar tetap mendapat penghasilan tambahan tentu saja dengan menjalankan bisnis sampingan yang bisa diurus dari rumah. Bisnis rumahan juga tidak membutuhkan modal kecil, bahkan Anda bisa melakukannya tanpa modal.

Katering Harian

Katering Harian

Walau begitu bukan tidak mungkin kalau bisnis dari rumah bisa sukses besar dan mengalahkan pendapatan Anda di kantor. Faktanya pun sudah banyak yang membuktikan kalau bisnis rumahan mereka bisa menjadi usaha besar dan membuka cabang di banyak tempat. Untuk itu kami akan memberi beberapa ide bisnis di rumah dengan modal kecil yang bisa menjadi inspirasi Anda.

Ide Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil

Sebenarnya ada banyak jenis usaha dan bisnis yang dapat Anda lakukan di rumah. Namun dari sekian banyak jenis usaha, setidaknya ada beberapa ide bisnis di rumah dengan modal kecil yang punya potensi keuntungan besar, yaitu:

1. Laundry Kiloan

Semakin tingginya mobilitas manusia, maka semakin dibutuhkan hal-hal praktis yang tidak membuang banyak waktu. Seperti salah satunya urusan laundry yang mana bisa menjadi peluang bisnis bagi Anda. Anda bisa membuka bisnis laundry kiloan yang khusus dikerjakan setelah pulang dari kantor. Sedangkan dari malam sampai keesokan harinya Anda bisa meninggalkan laundry tersebut untuk dijemur atau diangin-anginkan apabila sedang musim hujan.

Bisnis laundry kiloan juga tidak membutuhkan modal terlalu banyak karena kebanyakan dari Anda pasti sudah memiliki mesin cuci. Modal selanjutnya yang perlu dipersiapkan seperti bahan cucian, timbangan, setrika, dan biaya tak terduga lainnya.

2. Katering Harian

Selain laundry, bisnis katering harian juga bisa jadi ide menarik yang dapat dilakukan di rumah saja. Anda bisa menyiapkan katering mulai pagi hari dan mengirimkannya sembari berangkat ke kantor. Selain itu, usaha katering juga tidak membutuhkan modal yang banyak dan Anda juga bisa mendapat uang muka sebagai tambahan modal.

Ide bisnis di rumah dengan modal kecil yang satu ini juga bisa Anda modifikasi sesuai kreatifitas. Seperti misalnya menyajikan katering sehat, katering diet, katering khusus anak, dan lain sebagainya.

3. Penjahit Pakaian

Bagi Anda yang memiliki skill di bidang tailor atau menjahit pakaian, peluang usaha yang satu ini wajib dimanfaatkan. Ada banyak orang yang membutuhkan jasa menjahit pakaian, baik itu memotong celana, menjahit baju, atau bahkan membuat baju dari lembaran kain.

Modal yang dibutuhkan untuk membuka jasa tailor juga terbilang kecil. Anda bisa mendapatkan mesin jahit dengan harga sekitar 1,3 juta rupiah dan mesin obras dengan harga lebih mudah di bawah 1 juta rupiah.

4. Budidaya Ikan Hias

Ide bisnis di rumah dengan modal kecil tapi omzet jutaan rupiah adalah budidaya ikan hias. Bisnis ini sangat cocok bagi Anda yang hobi memelihara ikan namun juga ingin mendapat keuntungan besar. Potensi budidaya ikan hias juga masih sangat besar karena minim kompetitor. Selain itu, Anda bisa menyediakan ikan hias dengan kualitas terbaik yang meningkatkan harga jualnya.

Beberapa jenis ikan hias yang tak lekang oleh waktu seperti ikan lohan, ikan mas koki, ikan koi, cupang, dan masih banyak lainnya.

5. Pulsa, Paket Internet, dan Token Listrik

Anda ingin menjalankan bisnis di rumah yang juga bisa dilakukan di kantor? Maka jawabannya adalah pulsa, paket internet, dan token listrik. Bisnis yang satu ini bisa Anda lakukan dari mana saja dengan modal mulai dari Rp 100 ribu untuk deposit awal.

Kebutuhan konsumen untuk pulsa, paket internet, dan token listrik juga tidak akan pernah habis karena setiap harinya selalu terpakai. Bahkan Anda bisa memiliki langganan tetap mulai dari para tetangga, kerabat, teman kantor, dan masih banyak lagi potensi penjualannya.

6. Servis Elektronik

Kalau Anda memiliki keahlian di bidang elektronik, maka sebaiknya manfaatkan hal tersebut sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Ide bisnis di rumah dengan modal kecil yang satu ini bahkan bisa Anda lakukan tanpa modal. Anda hanya perlu menerima orderan servis dari konsumen pertama Anda dan melihat apa yang perlu diperbaiki.

Beberapa elektronik bahkan tidak memerlukan spare part pengganti karena bisa diperbaiki hanya dengan menyambung kabel atau membersihkan bagian yang kotor saja. Dengan langkah awal ini saja Anda sudah bisa mendapat orderan pertama dari bisnis servis elektronik.

Baca juga : Ini Dia 9 Ide Bisnis Jelang Puasa dan Lebaran yang Bisa Anda Coba

7. Online Course

Bisnis di rumah dengan modal kecil yang terakhir adalah membuka online course. Hal ini berlaku bagi Anda yang memiliki keahlian secara spesifik, seperti misalnya skill fotografi, memasak, edit video, marketing, dan lain sebagainya. Anda juga bisa meningkatkan personal brand dengan memanfaatkan media sosial dan membuat banyak konten secara konsisten. Dengan begitu bisnis online course bisa dijalankan setiap hari dari rumah dengan modal yang sangat kecil.

 

Tags: Bisnis di rumah dengan modal kecil daftar Bisnis di rumah dengan modal kecil

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar