7 Tips Jualan di Shopee Agar Laku Keras, Kamu Wajib Coba!

Siapa sih yang tidak mau jualannya laris? Apalagi untuk para seller Shopee yang punya banyak kompetitor, pastinya ingin menjadi yang pertama dan paling laris. Jualan di Shopee memang tidak semudah kelihatannya. Kalau salah strategi, produk yang ditawarkan malah tenggelam dan kalah saing dari kompetitor lainnya.

jualan di shopee

Ini dikarenakan algoritma Shopee yang mendahulukan seller dengan produk paling laris. Untuk itu dibutuhkan beberapa strategi agar jualan di Shopee bisa laku keras meskipun Anda seller baru. Penasaran apa saja tips jualan di Shopee agar laku keras? Langsung saja simak ulasna selengkapnya di bawah ini.

7 Tips Jualan di Shopee Pasti Laku Keras

Semua orang bisa menjual berbagai produk di Shopee dan Anda pun memiliki kesempatan untuk menjadi top seller dengan angka penjualan tertinggi. Untuk meningkatkan kesempatan itu, berikut ini beberapa tips yang perlu Anda ketahui:

1. Hindari Kompetisi dengan Market Leader

Tips jualan di Shopee agar laku keras yang pertama adalah menghindari persaingan dengan market leader. Akan lebih mudah jika Anda menjual produk yang belum ada persaingan dari market leader. Beberapa produk seperti kebutuhan fashion sejatinya belum memiliki market leader karena itu semua urusan selera dan budget.

Namun untuk beberapa produk tertentu seperti aksesoris, snack, dan beberapa produk lain yang lebih spesifik kebanyakan sudah memiliki top seller atau market leader di Shopee. Anda bisa saja bersaing dengan mereka namun hal ini perlu mengorbankan perang harga dan inovasi yang berbeda.

2. Maksimalkan Foto Produk

Konsumen yang berbelanja di Shopee tidak dapat melihat langsung produk yang ingin mereka beli. Oleh sebab itu Anda wajib memaksimalkan foto produk agar pembeli bisa melihat secara detail barang yang akan didapatkannya.

Foto produk sebaiknya diambil dari berbagai sisi agar terlihat jelas. Selain itu, pastikan juga Anda mengambil foto dengan pencahayaan yang baik. Menurut survei yang dilakukan Shopee, foto produk dengan gambar yang terang, tidak buram, dan detail bisa meningkatkan minat pembeli hingga 90%.

3. Judul yang Mengandung Kata Kunci

Tips jualan di Shopee agar laku keras yang selanjutnya adalah memasukkan judul yang mengandung kata kunci. Jika Anda menjual produk baju, maka masukkan kata kunci seperti “T Shirt”, “Baju”, “Kaos Polos”, dan lain sebagainya. Anda juga bisa menambahkan nama brand apabila produk yang Anda jual cukup terkenal.

Judul yang mengandung kata kunci akan lebih mudah masuk di halaman pertama pencarian Shopee. Cara ini sudah banyak dilakukan oleh para top seller yang terbukti memberi mereka angka penjualan fantastis setiap harinya.

4. Deskripsikan Produk dengan Jelas

Ada beberapa poin penting yang wajib Anda masukkan di dalam deskripsi produk, yaitu:

  • Detail bahan yang digunakan.
  • Garansi yang diberikan.
  • Ukuran panjang X lebar.
  • Size chart (produk pakaian).
  • Daya tahan/kadaluarsa.
  • Keunggulan produk dan lain sebagainya.

Dengan deskripsi produk yang jelas maka calon konsumen tidak perlu bertanya lagi kepada Anda. Hal ini bisa membuat mereka lebih cepat memutuskan untuk membeli produk tersebut lewat toko Anda. Bahkan apabila konsumen membandingkan produk yang sama dari dua toko berbeda, toko dengan deskripsi yang lebih detail yang pasti akan memenangkan hati konsumen.

5. Survei Harga

Tips jualan di Shopee agar laku keras yang tak boleh Anda lewatkan adalah survei harga. Pastikan Anda mengetahui berapa rata-rata harga yang dipasang oleh kompetitor dengan produk sejenis. Menjual produk di Shopee memang sedikit tricky karena konsumen akan mencari seller yang mampu memberi harga paling murah.

Apabila Anda tidak bisa memberi harga termurah, maka pastikan Anda memberi kelebihan lainnya. Seperti misalnya dari segi pelayanan, membalas chat dengan cepat, atau memberi bonus bubble wrap dan garansi packing pasti aman.

6. Aktifkan Fitur Diskon

Dalam menjual suatu produk Anda juga perlu memahami psikologi konsumen. Mereka lebih tertarik membeli produk yang mencantumkan harga diskon daripada harga fix meskipun sama-sama murah. Untuk itu Anda bisa memanfaatkan fitur diskon di Shopee dengan memberi beberapa promo. Seperti misalnya promo beli 2 diskon Rp 5.000 atau bisa juga langsung dengan promo diskon 20%.

Baca juga : 6 Cara Menaikan Rating Produk Shopee Paling Efektif

7. Sebarkan di Media Sosial

Semakin banyak orang yang mengunjungi toko dan melihat produk Anda, maka algoritma Shopee juga semakin baik. Oleh sebab itu Anda perlu menyebarkan link pembelian di toko Anda ke berbagai media sosial. Sebarkan juga ke grup chat yang Anda miliki agar semakin banyak orang yang klik iklan tersebut. Tips jualan di Shopee agar laku keras yang satu ini sangat penting dilakukan, khususnya bagi Anda seller baru.

Sekarang sudah tahu kan bagaimana caranya agar jualan Anda laku keras? Selamat mencoba beberapa tips jualan di Shopee agar laku keras yang sudah kami bagikan. Semoga bermanfaat dan toko Anda bisa jadi top seller dalam waktu dekat.

Tags: cara jualan di Shopee agar laku keras Tips jualan di Shopee agar laku keras

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar