7 Kunci Sukses Membangun Usaha dari Nol!

Memulai usaha dari nol memang tidak mudah dan pastinya penuh hambatan. Bahkan faktanya lebih dari 90% perusahaan di Indonesia merupakan bisnis keluarga turun-temurun. Artinya, banyak wirausahawan sekarang ini yang mendapat privilege dari keluarga karena sudah memiliki bisnis sukses.

Kunci Sukses Membangun Usaha dari Nol

Kunci Sukses Membangun Usaha dari Nol

Tapi apakah benar semuanya seperti itu? Tentu saja tidak. Masih ada banyak contoh sukses dari pebisnis yang benar-benar membangun usahanya dari nol. Dan bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis, sebaiknya baca dulu ulasan di bawah ini. Kami sudah menyiapkan  kunci sukses membangun bisnis dari nol untuk Anda yang ingin menjadi entrepreneur.

Kunci Sukses Membangun Bisnis dari Nol

Merintis usaha dari nol memang tidak semudah membalik telapak tangan. Tetapi bukan berarti hal ini mustahil dilakukan karena dengan beberapa kunci sukses membangun usaha dari nol Anda pasti bisa melakukannya.

1. Kreatif dan Inovatif

Anda mungkin sudah sering melihat entrepreneur yang bergerak di bidang food and beverage. Lalu apa yang membedakan mereka? Tentu saja kreatifitas dan inovasinya. Seorang pengusaha harus kreatif dan inovatif dalam membangun bisnis.

Kreativitas dibutuhkan sebagai kunci sukses membangun usaha dari nol untuk menciptakan produk yang menarik. Dengan kreativitas ini pula Anda bisa menemukan peluang baru dari suatu jenis usaha. Seperti contohnya kreativitas yang bertemu dengan inovasi digital seperti jasa foto produk, menjual burger viral, dan lain sebagainya.

2. Disiplin

Seorang entrepreneur yang sukses pasti memiliki karakter disiplin yang tinggi. Apalagi untuk membangun usaha dari nol, tentu Anda harus disiplin, khususnya dalam urusan waktu. Bahkan Bill Aulet, pelatih wirausaha yang juga menulis buku Discipline Entrepreneurship mengungkapkan bahwa eksekusi yang disiplinlah yang membuat seseorang bisa menjadi pengusaha sukses.

Pelaku usaha juga harus disiplin dalam mengatur keuangan bisnis. Anda harus memisahkan antara keuangan pribadi dan modal atau pendapatan bisnis. Meskipun usaha yang dirintis masih kecil, tapi rincian anggaran tetap harus dicatat dengan disiplin untuk melatih mental sekaligus memudahkan Anda saat evaluasi.

3. Sesuai Passion

Kalau berbicara tentang uang atau passion, tentu jawabannya tidak bisa dipilih salah satu. Faktanya uang dan passion lebih baik berjalan beriringan. Anda bisa membangun usaha yang mendatangkan banyak uang apabila melakukannya dengan senang hati sesuai passion. Begitupun sebaliknya, menjalani usaha sesuai passion akan memudahkan Anda menemukan berbagai inovasi yang bisa memajukan bisnis.

Passion juga menjadi kunci sukses membangun usaha dari nol karena Anda bisa melakukannya sesuai skill yang selama ini dimiliki. Setidaknya Anda bisa lebih mudah menemukan relasi ataupun calon konsumen dari lingkungan sosial terdekat.

4. Jeli Melihat Peluang

Membangun usaha dari nol bisa mendatangkan banyak keuntungan jika Anda jeli melihat peluang. Ambil contoh saat beberapa waktu yang lalu sedang tren sepeda, hampir semua lini bisnis mengeluarkan inovasi yang berhubungan dengan sepeda. Seperti misalnya coffee shop yang menyediakan area khusus komunitas, kereta yang menyediakan gerbong pesepeda, hingga berbagai promo yang berhubungan dengan sepeda.

5. Beradaptasi

Tidak ada yang bisa memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan. Terbukti dengan kondisi pandemi Covid-19 yang tiba-tiba melanda seluruh dunia dan mengguncang berbagai lini bisnis. Oleh sebab itu Anda harus memiliki karakter yang mudah beradaptasi dengan berbagai kondisi.

Sebuah bisnis harus dibangun berdasarkan pondasi yang kuat dan mampu beradaptasi di segala kondisi. Mulai dari sistem pemasaran, organisasi perusahaan, hingga proses kerja di dalamnya.

6. Berani Mengambil Risiko

Setiap bisnis pasti memiliki risiko kerugian. Dan salah satu kunci sukses membangun usaha dari nol adalah berani mengambil risiko. Namun bukan berarti Anda harus mengambil risiko tanpa rencana karena itu sama saja dengan bunuh diri.

Sikap mengambil risiko seorang entrepreneur harus berdasarkan perencanaan yang matang. Perhitungkan apa saja risiko dan peluang keuntungannya. Lalu siapkan juga perencanaan jangka pendek maupun jangka panjang untuk meminimalisir risiko tersebut. Dari sinilah mental seorang entrepreneur bisa terbentuk semakin kuat dan mengembangkan bisnis lebih baik lagi.

Baca juga : Pengertian dan Strategi Instagram Marketing untuk Kembangkan Bisnis Anda

7. Go Online!

Hal terakhir yang bisa membantu scale up usaha Anda adalah Go Online. Saat ini bisa dipastikan semua lini bisnis sudah masuk ke sistem digital dan online. Bahkan UMKM juga sudah memanfaatkan ranah online untuk memasarkan produk maupun menjembatani interaksi mereka dengan konsumen.

Anda boleh saja membangun usaha secara offline dengan memiliki kantor atau toko fisik. Tapi pastikan juga teknologi digital berperan di dalamnya. Seperti memasukkan usaha di Google Maps, membuat media sosial, hingga membangun website yang terintegrasi dengan berbagai produk dan brand Anda.

Demikianlah beberapa informasi yang bisa kami sampaikan seputar 7 kunci sukses membangun usaha dari nol. Semoga ulasan ini bermanfaat dan Anda bisa segera membangun kerajaan bisnis terbesar dalam hidup Anda.

 

Tags: Kunci sukses membangun usaha dari nol

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar