7 Cara Dapat Uang dari YouTube untuk Pemula

Profesi sebagai youtuber memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Bahkan sudah banyak youtuber terkenal yang mendapatkan penghasilan dari YouTube hingga ratusan juta rupiah. Tak heran kalau sekarang semakin banyak orang yang ingin beralih profesi menjadi full time konten kreator YouTube.

Cara Dapat Uang dari YouTube

Cara Dapat Uang dari YouTube

Tapi apakah benar mendapatkan uang dari YouTube semudah itu? Sayangnya tidak. Menjadi seorang youtuber, apalagi untuk pemula tidaklah mudah. Anda harus mampu bersaing dalam membuat konten yang tidak sekedar menarik, tapi juga bermanfaat bagi audiens. Untuk itu bagi Anda yang serius ingin jadi youtuber sebaiknya langsung saja baca ulasan di bawah ini. Kami akan membagikan beberapa cara dapat uang dari YouTube untuk pemula yang ingin merintis karir sebagai youtuber.

7 Cara Mudah Dapat Uang dari YouTube untuk Pemula

Menjadi full time konten kreator memang menarik. Anda tidak perlu terikat dengan jam kerja ataupun perintah dari atasan. Cukup dengan menggali ide dan konsep lalu mengunggah video sendiri di YouTube maka Anda sudah bisa mendapat penghasilan yang besar. Dan berikut ini beberapa cara dapat uang dari YouTube untuk pemula yang bisa Anda lakukan:

1. Penuhi Ketentuan Monetisasi

Hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah memenuhi syarat dan ketentuan monetisasi YouTube. Saat ini YouTube memberlakukan syarat monetisasi berupa 10.000 jam tayang dan minimal 1.000 subscriber dalam satu tahun. Bagi Anda yang masih baru membuat channel YouTube maka Anda perlu rutin membuat konten untuk memenuhi syarat tersebut.

Namun perlu diingat, konten yang dibuat juga harus menarik dan sesuai dengan target market utama Anda. Dengan memiliki konten yang berkarakter maka jauh lebih mudah mendatangkan viewers setia dan jumlah subscriber juga pasti meningkat.

2. Ketahui Algoritma YouTube

Sebagai seorang youtuber pemula, wajar apabila Anda belum mengetahui algoritma ranking YouTube. Saat ini YouTube menerapkan algoritma yang unik dari beberapa faktor berikut:

  • Jumlah Subsriber setelah menonton video.
  • Komentar penonton.
  • Share video.
  • Click Through Rate atau impresi klik dari hasil pencarian di YouTube.
  • Durasi video yang ditonton.

Dengan mengetahui beberapa faktor algoritma YouTube maka Anda bisa memaksimalkan konten agar mampu meningkatkan interaksi dengan audiens. Ini bisa menjadi salah satu cara dapat uang dari YouTube untuk pemula karena semakin banyak yang menonton video Anda maka potensi pendapatan juga meningkat.

3. Optimasi Judul dan Deskripsi Video

Ketika mengunggah konten video di YouTube, maka pastikan Anda juga mengoptimasi judul dan deskripsinya. Anda harus membuat judul dan deskripsi yang mengandung kata kunci. Seperti misalnya video traveling yang mengandung kata kunci nama tempat dan kota tujuan. Lalu tambahkan juga kata kunci tersebut di bagian deskripsi video.

Untuk mengoptimalkan pencarian, silahkan buat deskripsi video minimal 250 kata yang mana 25 kata pertama mengandung kata kunci. Selain itu tambahkan juga kata-kata yang mengundang perhatian. Seperti Viral, Hebat, Wow, Gratis, Heboh, dan lain sebagainya.

4. Call to Action

Cara dapat uang dari YouTube untuk pemula yang selanjutnya adalah memanfaatkan call to action. Maksudnya adalah membuat penonton sadar untuk melakukan beberapa hal sesuai kehendak Anda. Seperti misalnya bertanya sesuatu hal agar penonton membalasnya di kolom komentar atau bisa juga dengan meminta subscriber dan membagikan link video.

5. Manfaatkan Tag

Algoritma YouTube pada dasarnya mirip-mirip dengan algoritma mesin pencari Google. Anda juga bisa memanfaatkan tag untuk membuat konten tersebut tampil di halaman utama pencarian YouTube. Tambahkan kata kunci yang berhubungan dengan video Anda di deskripsi tag. Variasikan juga kata kunci menjadi LSI keyword yang berhubungan.

Beberapa kata kunci yang saling terhubung akan memudahkan pengguna YouTube untuk menemukan video Anda. Misalnya kata kunci “Kulineran di Jogja” yang ditambahkan dengan beberapa keyword turunan seperti “Rekomendasi kuliner Jogja” dan “Kuliner Jogja Paling Enak”.

6. Promosikan Video

Cara dapat uang dari YouTube untuk Pemula yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah mempromosikan setiap video yang sudah diunggah. Salin link video YouTube Anda lalu bagikan ke berbagai grup chat ataupun media sosial.

Hal semacam ini bahkan sudah dilakukan oleh para influencer maupun artis-artis besar lho. Jadi jangan sia-siakan kesempatan dapat banyak views dari orang-orang terdekat maupun teman-teman grup dan media sosial Anda.

Baca juga : Anti Gagal! 8 Cara Menghasilkan Uang dari YouTube Dijamin Berhasil!

7. Konten Adalah Raja

Untuk yang terakhir, Anda perlu memahami bahwa konten adalah raja dan semua cara di atas tidak akan bermanfaat apabila Anda tidak serius menggarap konten yang berkualitas. Pada dasarnya YouTube maupun media sosial lainnya selalu memprioritaskan pengguna untuk menonton konten yang menarik.

Oleh sebab itu sangat penting bagi Anda membuat konten yang menarik dan berkualitas. Anda juga harus konsisten mengunggah video agar jumlah subscriber dan penyebaran konten semakin besar. Jadi, sudah tahu kan bagaimana cara dapat uang dari YouTube untuk pemula? Semoga ulasan ini bermanfaat dan bisa meningkatkan trafik channel YouTube Anda.

Tags: bagaimana Cara dapat uang dari YouTube untuk pemula Cara dapat uang dari YouTube untuk pemula

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar