6 Cara Membuktikan Kesuksesan Bisnis Kepada Orang Lain

Cara membuktikan kesuksesan bisnis- Richard Branson, pendiri Virgin Group dalam unggahan Linkedin tahun 2016 pernah menyebutkan, bahwa sukses bukanlah tentang seberapa banyak uang yang dimiliki. Akan tetapi, sukses adalah tentang seberapa bahagia anda. Ya, sukses menjadi tujuan dan juga impian bagi setiap orang. Tidak hanya dalam menjalani kehidupan, akan tetapi juga dalam bisnis, baik itu bisnis rintisan ataupun yang sudah berkembang.

Dalam bisnis, kesuksesan dapat dinilai dalam banyak hal. Ada yang menilai kesuksesan melalui uang dan kekuasaan. Namun, ada pula yang melihat kesuksesan dari kemandirian finansial dan juga keamanan. Banyak sekali perbedaan dalam memandang sebuah kesuksesan dalam bisnis. Akan tetapi, ada beberapa hal dasar yang dapat anda lakukan untuk membuktikan apakah bisnis anda sukses atau tidak. Untuk melihat apakah bisnis yang anda jalani sukses atau tidak, setidaknya berikut adalah enam cara  dalam membuktikan kesuksesan bisnis.

1.  Semua Tujuan Bisnis Tercapai

Tujuan Bisnis Tercapai

Sukses dapat diartikan sebagai sebuah keberhasilan dalam mewujudkan pencapaian atau tujuan. Oleh karena itu, untuk menentukan sebuah kesuksesan anda harus memiliki tujuan atau capaian terlebih dahulu. Tujuan atau capaian ini ada baiknya anda buat ketika hendak merintis sebuah bisnis. Dengan demikian, ketika bisnis berjalan, anda dapat melihat perkembangan capaian anda dan menentukan kesuksesan bisnis anda.

Capaian dalam sebuah bisnis biasanya berupa besarnya keuntungan, banyaknya konsumen atau pelanggan, kepuasan pelanggan atas produk, dan lain sebagainya. Bukan tidak mungkin sebuah capaian berubah. Capaian dapat ditingkatkan apabila target sebelumnya dirasa sudah tercapai.

2.  Bisnis Mengalami Perkembangan

Salah satu tolak ukur kesuksesan dalam bisnis adalah bisnis yang terus mengalami perkembangan. Perkembangan dapat dilihat melalui capaian atau tujuan bisnis. Apabila capaian awal sebuah bisnis tercapai dan selalu selalu mengalami peningkatan, maka dapat dikatakan bahwa bisnis anda mengaami perkembangan.

3.  Rendahnya Turnover Karyawan

Cara membuktikan kesuksesan bisnis ketiga adalah dengan melihat turnover karyawan. Pada sebuah bisnis rintisan, biasanya turnover atau pergantian karyawan masih tinggi. Hal tersebut dikarenakan kondisi perusahaan yang belum stabil. Kondisi perusahaan yang belum stabil ini biasanya membuat karyawan merasa tidak aman dan nyaman. Ketidaknyamanan tersebut dapat membuat tingkat pergantian karyawan tinggi.

Akan tetapi, pada perusahaan besar, hal tersebut jarang terjadi. Perusahaan besar biasanya memiliki divisi atau tim khusus yang bertugas dalam memperhatikan kesejahteraan karyawan. Oleh karena itu, tingkat turnover pada perusahaan besar cenderung sedikit.

4.  Break Even Point (BEP) Tercapai

Break Even Point

Hal selanjutnya yang menunjukkan kesuksesan bisnis anda adalah BEP. BEP atau Break Even Point adalah poin atau titik dimana jumlah pendapatan dan juga biaya atau pengeluaran seimbang atau impas, sehingga perusahaan tidak mengalami keuntungan atau kerugian. Apabila BEP pada perusahaan anda tercapai, maka bisnis anda dapat dikatakan sukses.

BEP ini juga dapat menjadi acuan bagia para pebisnis rintisan. Pebisnis pemula harus membuat sebuah kalkulasi data. Apabila anda pemula, maka anda harus dapat membuat perhitungan agar jumlah penjualan pada bisnis anda dapat menutup semua pengeluaran, baik fixed cost maupun variabel cost. Dengan membuat kalkulasi tersebut, kemungkinan untuk mengalami kerugian dapat diperkecil.

5.  Menghasilkan Biaya Hidup

Menghasilkan biaya hidup

Menghasilkan biaya hidup

Tahapan berikutnya untuk mengetahui kesuksesan bisnis adalah ketika hasil dari bisnis anda mampu mendapatkan pendapatkan pendapatan dari bisnis yang telah anda jalani. Ini adalah satu tahapan di atas BEP. Dalam hal ini, berarti anda sudah mulai mendapatkan keuntungan dari bisnis yang anda tekuni. Akan tetapi, pendapatan yang diperoleh pada tahap ini biasanya hanya pada tahap untuk memenuhi kebutuhan hidup, belum pada return on investment.

Kebanyakan usaha kecil berada pada tahap ini. Mereka mampu mendapatkan pendapatan untuk kebutuhan hidup dari bisnis. Jika di analogikan, pendapatan pada tahapan ini seperti halnya pendapatan atau gaji yang diterima saat bekerja dengan orang lain.

6.  Real Profit Tercapai

Cara membuktikan kesuksesan bisnis yang terakhir adalah dengan memperhatikan Real Profit. Real Profit adalah keuntungan pendapatan yang tersisa setalah dikurangi oleh seluruh biaya ataupun operasional yang dikeluarkan dalam bisnis. Ini adalah satu tahapan di atas ‘menghasilkan biaya hidup’ dan merupakan garis batas antara bekerja dan memiliki usaha. Pada tahapan ini, pebisnis tidak hanya mampu menghasilkan biaya hdup, tetapi juga mampu memberikan return on investment.

Itulah enam cara membuktikan kesuksesan bisnis. Selain enam cara tersebut, cara mudah untuk melihat apakah bisnis anda sudah sukses adalah dengan melihat proses promosi dan juga aktivitas CSR (Corporate Social Responsibility). Kedua hal tersebut berkaitan dengan penerimaan serta pengetahuan masyarakat atau konsumen terhadap bisnis yang anda jalani. Semakin banyak orang yang menerima dan juga menerima bisnis anda, maka kata sukses semakin dekat. Akan tetapi sebaliknya, apabila lebih banyak pihak yang tidak mengetahui atau bahkan menentang, maka anda belum dapat membuktikan bahwa bisnis anda sukses.

Загрузка...

Tags: bagaimana Cara membuktikan kesuksesan bisnis Cara membuktikan kesuksesan bisnis

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar