Wajib Praktek! Cara Pakai Kartu Kredit Agar Tidak Berbunga

Cara pakai kartu kredit agar tidak berbunga – Seiring dengan berkembangnya dunia perbankan, banyak kemudahan yang diberikan bank kepada nasabahnya. Salah satunya dalam hal pelayanan dan pembayaran. Untuk kemudahan pemabayaran dan pelayanan, bank biasanya memberikan dua jenis kartu transaksi yang dapat digunakan oleh nasabah, yaitu kartu kredit dan kartu debit. Kartu debit adalah kartu yang diberikan bank sebagai pelengkap rekening tabungan. Dengan menggunakan kartu debit, nasabah tidak perlu pergi ke bank untuk melakukan setor atau tarik tunai. Jumlah uang yang bisa ditarik pun terbatas sesuai dengan jumlah tabungan nasabah.

Berbeda dengan kartu debit, kartu kredit digunakan untuk transaksi berupa kredit. Dengan transaksi ini, nantinya nasabah akan menerima tagihan setiap bulannya sesuai dengan besarnya pengeluaran yang dilakukan. Akan tetapi, penggunaan kartu kredit terkadang membuat nasabah kerepotan karena beban bunga yang harus dibayar.

Berikut adalah cara pakai kartu kredit agar tidak berbunga.

  1. Usahakan Tidak Bayar Tagihan dengan Jumlah Terendah

Home bill

Home bill

Cara pertama ini dapat anda lakukan saat keadaan keuangan sedang tidak stabil. Biasanya, pada kertas lembar tagihan tertera jumlah tagihan serta pembayaran minimum 10% dari tatal keseluruhan tagihan. Pembayaran minimum ini adalah sebuah keringanan yang diberikan oleh bank kepada nasabah apabila tidak mampu membayar keseluruhan tagihan. Dengan membayar setidaknya 10% dari total tagihan, maka anda akan terhindar dari bunga bank yang cukup tinggi. Selain itu, cara ini dapat membantu meringankan beban apabila kondisi keuangan sedang tidak stabil. Akan tetapi, dengan melakukan 10% pembayaran, anda akan dikenakan denda atas keterlambatan bayar. Selain itu, terlalu sering menunggak tagihan juga akan membuat riwayat kredit anda menjadi buruk.

  1. Bayar Tagihan secara Lunas

Agar terhindar dari bunga, sebaiknya anda melakukan pembayaran secara lunas atau penuh. Melakukan pembayaran secara tidak penuh akan membuat anda dikenai bunga seperti halnya anda membayar tagihan 10%. Jadi, solusi terbaik agar tidak dikenai bunga adalah jangan menunda-nunda pembayaran tagihan. Selain tidak dikenai bunga, membayar secara penuh setiap bulannya akan meringankan kamu, karena tidak akan ada tagihan yang menumpuk.

  1. Hindari Beli dengan Sistem Cicilan Reguler

 

Bank biasanya memberikan fasilitas cicilan pada kartu kredit. Fasilitas ini memungkinkan kamu untuk membayar secara berkala. Meskipun tampak meringankan karena besar uang yang harus dibayar setiap bulan kecil, fasilitas ini justru akan memberikan bunga baru untuk anda. Katakanlah, jika cicilan tersebut dilakukan selama 6 bulan. Maka, dalam enam bulan tersebut, anda akan dikenai bunga secara terus menerus setiap bulannya. Namun, untuk mengatasinya, anda dapat mencari promo pada merchan tertentu yang menyediakan promo cicilan 0%.

  1. Hindari Tarik Tunai

Terdapat dua jenis transaksi yang dapat anda gunakan dengan menggunakan kartu kredit, yaitu transaksi ritel dan juga transaksi tarik tunai. Transaksi ritel adalah jenis transaksi yang berhubungan dengan pembelanjaan, seperti cicilan, dining, tarvel, dan lain sebagainya. Transaksi tarik tunai adalah jenis transaksi berupa penarikan tunai melalui mesin ATM. Jenis transaksi tarik tunai ini akan membuat anda dikenai bunga. Selain bunga, transaksi tarik tunai juga akan membuat anda dibebani biaya tarik tunai. Oleh karena itu, ada baiknya anda menghindari jenis transaksi tarik tunai ini.

  1. Tepat Waktu dalam Membayar Tagihan

Cara pakai kartu kredit agar tidak berbunga selanjutnya adalah dengan menghindari keterlambatan pembayaran. Keterlambatan pembayaran biasanya akan membuat anda dikenai denda keterlambatan bayar. Besar denda pada setiap bank berbeda, bergantung dengan kebijakan bank. Denda ini diberikan apabila pembayaran yang kamu lakukan melebihi batas jatuh tempo bayar tagihan. Oleh karena itu, ada baiknya anda membayar tagihan secara tepat waktu.

  1. Cari Promo Kartu Kredit

Bank biasanya sering bekerja sama dengan berbagai merchant untuk memberikan promo kepada pemegang kartu kredit. Untuk menghindari bunga serta menambah beban tagihan, ada baiknya kamu mencari merchant yang memberikan promo pada jenis kartu kredit yang kamu pegang. Biasanya promo yang diberikan adalah promo cashback ataupun cicilan dengan bunga 0%. Meskipun kamu sedang memanfaatkan fasilitas promo. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan pengeluaran kamu, ya. Agar tagihan yang kamu keluarkan tidak semakin membengkak.

  1. Tentukan Budget Belanja Bulanan

Cara pakai kartu kredit agar tidak berbunga selanjutnya adalah dengan menentukan budget belanja bulanan. Memiliki kartu kredit terkadang membuat pengguna menjadi tidak sadar terhadap pengeluaran yang ia keluarkan. Kemudahan yang diberikan oleh bank terhadap pemegang kartu kredit biasanya membuat pemegang menjadi lupa diri dengan pengeluarannya. Akibatnya, tagihan yang dibayarkan akan membengkak dan tidak sanggup untuk membayar tagihan dan harus mendapatkan bunga karena membayar tidak penuh. Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya anda menentukan budget belanja bulanan secara rapi. Hal ini akan sangat membantu agar pengeluaran dapat dikendalikan. Mulailah dengan membuat skala prioritas belanja bulanan.

Demikianlah tujuh cara pakai kartu kredit agar tidak berbunga yang dapat anda lakukan. Menggunakan kartu kredit memerlukan kebijaksaan serta rasa tanggung jawab yang besar dari pemegang. Oleh karena itu, agar penggunaan kartu kredit dapat terkendali selalu bijaklah dalam melakukan pengeluaran.

Загрузка...

Tags: bagaimana Cara pakai kartu kredit agar tidak berbunga Cara pakai kartu kredit agar tidak berbunga

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar