Persiapkan Sebelum Terlanjur, Inilah Pengertian Dana Darurat dan Manfaatnya

Pengertian dana darurat dan manfaatnya – Dalam menjalani kehidupan sehari-hari sebagai manusia, tentu anda tidak terlepas dari berbagai risiko masalah yang bisa dengan tiba-tiba menghampiri. Baik dalam masalah kesehatan, bisnis, maupun kebutuhan lain yang sifatnya mendadak. Jika sudah seperti itu, maka tidak ada pilihan lain selain memenuhi kebutuhan tersebut. Anda mungkin bisa saja meminjam uang dari lembaga yang menyediakan jasa peminjaman. Namun tentu saja itu bukanlah langkah yang bijak. Ada alternatif lain yang lebih baik bagi anda menyiapkan kebutuhan-kebutuhan mendadak tersebut. Dana darurat, yaitu dana yang anda persiapkan khusus untuk digunakan sewaktu-waktu ada kebutuhan mendadak yang harus anda penuhi. Untuk lebih memahami apa itu pengertian dana darurat dan manfaatnya serta cara mempersiapkan dana darurat, di bawah ini adalah penjelasan detailnya.

Pengertian Dana Darurat

Dana Darurat

Dana darurat atau juga dikenal dengan emergency fund adalah dana yang dihimpun dari awal oleh sebuah organisasi atau kelompok masyarakat seperti masyarakat untuk mempersiapkan kemungkinan-kemungkinan yang tidak terduga. Dana darurat juga sering disebut sebagai dana bumper karena fungsinya untuk melindungi. Alokasi dana darurat terpisah dari dana utama kebutuhan operasional setiap harinya. Dari sini bisa disimpulkan bahwa dana darurat adalah simpanan yang benar-benar terpisah dari segala kebutuhan operasional harian yang digunakan untuk kebutuhan mendadak jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Lalu apa saja fungsi atau manfaat dana darurat?

Manfaat Dana Darurat

Manfaat Dana Darurat

Seperti sudah dipaparkan sebelumnya bahwa tujuan utama dari pengadaan dana darurat adalah sebagai tameng jika sewaktu-waktu kebutuhan mendadak muncul. Standar kebutuhan mendadak tentu berbeda-beda bagi setiap keluarga. Namun secara garis besar, kebutuhan mendadak bisa berupa penggantian perlengkapan rumah tangga yang tiba-tiba rusak, memperbaiki kendaraan yang tiba-tiba rusak, perjalanan mendadak ke luar kota, keperluan anak, keperluan kesehatan seperti sakit, kena PHK, kematian, dan lain-lain. melihat dari fungsinya, maka jelas bahwa dana darurat hanya boleh diakses ketika kebutuhan sudah benar-benar mendesak.

Setelah mengetahui apa pengertian dana darurat dan manfaatnya, mungkin anda ingin mengetahui berapa jumlah dana darurat yang ideal bagi anda. Di bawah ini adalah rumus jumlah dana darurat.

Rumus Jumlah Dana Darurat

Jumlah dana darurat yang dibutuhkan setiap keluarga berbeda-beda tergantung dengan jumlah anggota keluarga di dalamnya. Ada rumus paten atau prinsip dasar yang bisa digunakan untuk mengetahui berapa banyak jumlah alokasi dana darurat yang dibutuhkan bagi sebuah keluarga. Rumusnya adalah sebagai berikut.

  1. Dana darurat yang dibutuhkan untuk seseorang yang masih sendiri (lajang) adalah sebesar 3 kali pengeluaran bulanan.
  2. Dana darurat yang dibutuhkan untuk sebuah keluarga kecil yang belum memiliki anak adalah sebesar 6 kali pengeluaran bulanan.
  3. Dana darurat yang dibutuhkan untuk sebuah keluarga besar yang sudah memiliki anak adalah sebesar 12 kali pengeluaran bulanan.

Sudah bisa membayangkan dana darurat mana yang akan anda gunakan? Jika iya, maka selanjutnya anda perlu mengetahui bagaimana cara mempersiapkan dana darurat tersebut. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Menyiapkan Dana Darurat

Dana Darurat

Dana Darurat

Berikut adalah beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum memutuskan membuat dana darurat.

  1. Tempat Menyimpan Dana Darurat

Tidak seperti investasi dan juga asuransi, sifat dana darurat merupakan yang paling fundamental dalam sistem keuangan sebuah keluarga. Jika di investasi anda mengharapkan pertumbuhannya untuk rencana ke depan, maka dana darurat tidak. Maka cara menyimpan dana darurat pun perlu diperhatikan. Di bawah ini adalah beberapa kriteria yang harus dipenuhi sebagai tempat menyimpan dana darurat.

  • Mudah Diakses

Kriteria pertama dari tempat menyimpan dana darurat adalah harus mudah diakses. Benar sekali, sesuai dengan fungsinya sebagai dana yang harus bisa diambil sewaktu-waktu, maka anda bisa menyimpan dana darurat di tempat yang mudah dijangkau seperti di ATM dan lainnya. Jangan menyimpan dana darurat dalam bentuk investasi seperti investasi properti atau bentuk yang susah diakses lainnya.

  • Likuid

Kriteria selanjutnya dari tempat menyimpan dana darurat adalah disimpan dalam bentuk produk keuangan yang likuid. Maksudnya masih sama, dana darurat membutuhkan sifat yang relatif terjangkau dan bisa secepatnya digunakan. anda bisa menyimpan dana darurat dalam bentuk deposito dan mengajukan pemberhentian (break) deposito jika dana darurat dibutuhkan.

  1. Produk Keuangan yang Cocok untuk Dana Darurat

Di bawah ini adalah beberapa produk keuangan yang cocok untuk dana darurat.

  • Tabungan

Kelebihan tabungan adalah aksesnya yang mudah seperti lewat ATM.

  • Deposito

Kelebihan deposito adalah jumlah bunganya di atas tabungan.

  • Logam Mulia.

Produk keuangan yang sangat aman, namun dibutuhkan waktu untuk mencairkannya dengan menjualnya.

  • Reksadana Pendapatan Tetap.

Imbal hasil lebih tinggi daripada tabungan namun reksadana juga tidak bisa langsung dijadikan alat pembayaran.

Itulah pengertian dana darurat dan manfaatnya dilengkapi dengan cara menyiapkannya. Anda bisa menyiapkannya sedini mungkin untuk mencegah anda terjebak dalam pinjaman karena kebutuhan yang mendadak.

 

Загрузка...

Tags: manfaat dana darurat Pengertian dana darurat Pengertian dana darurat dan manfaatnya Pengertian dana darurat dan manfaatnya 2018

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "Persiapkan Sebelum Terlanjur, Inilah Pengertian Dana Darurat dan Manfaatnya"

    Inilah Situs Tempat Beli Paket Data Termurah dan Terpercaya
    Situs tempat beli paket data termurah –
    5 Cara Mendapatkan Uang dari Facebook Tanpa Modal
    Cara mendapatkan uang dari Facebook tanpa modal
    5 Peran Digital Marketing untuk Bisnis di Indonesia
    Peran digital marketing untuk bisnis di Indonesia
    5 Pendiri Startup Paling Sukses di Indonesia
    Pendiri startup paling sukses di Indonesia –

    Tinggalkan pesan "Persiapkan Sebelum Terlanjur, Inilah Pengertian Dana Darurat dan Manfaatnya"