Pengertian dan Strategi Instagram Marketing untuk Kembangkan Bisnis Anda

Tak kalah populer dengan facebook marketing, kini instagram marketing juga mulai banyak diminati oleh para pelaku bisnis. Bukan tanpa sebab, saat ini tak kurang dari 65 juta penduduk Indonesia merupakan pengguna aktif instagram. Tentu ini menjadi lahan hijau bagi para pelaku bisnis untuk memasarkan produk atau jasa mereka.

Jika saat ini Anda sedang berencana untuk merambah ke instagram marketing untuk mengembangkan bisnis Anda, berikut hal yang patut Anda perhatikan.

instagram marketing

instagram marketing

Pengertian Instagram Marketing

Instagram untuk marketing maksudnya adalah memanfaatkan sosial media instagram sebagai media untuk melakukan promosi baik untuk kepentingan bisnis, personal branding, sosial, pribadi dan sebagainya. Instagram merupakan salah satu jenis sosial media yang sangat cocok untuk para pelaku usaha kecil yang tengah mengembangkan bisnisnya.

Ada beberapa alasan mengapa instagram ini cocok untuk para pengusaha kecil, diantaranya:

  • Instagram merupakan sosial media yang memiliki jumlah pengguna aktif yang cukup besar utamanya di Indonesia.
  • Penggunanya sebagian besar adalah golongan milenial yang sangat melek teknologi.
  • Instagram dapat digunakan untuk beriklan secara gratis, namun Anda juga bisa mengambil iklan berbayar jika memiliki dana lebih.
  • Pengaturan akun instagram untuk bisnis juga sangat mudah.
  • Saat ini instagram sudah terintegrasi dengan facebook, sehingga Anda bisa menjangkau dua sosial media sekaligus.

Mengenal Berbagai Macam Strategi Instagram Marketing

Untuk Anda yang berencana untuk mulai memanfaatkan instagram marketing, ada beberapa strategi yang bisa Anda terapkan, diantaranya:

1.      Gunakan Instagram Bisnis

Instagram bisnis akan membuat tampilan akun instagram Anda semakin profesional dibandingkan dengan instagram biasa. Selain itu instagram bisnis juga bisa memudahkan calon pelanggan untuk menjangkau Anda melalui fitur telepon, email atau lokasi toko Anda.

Dengan beralih ke instagram bisnis, Anda juga bisa menggunakan fitur instagram ads untuk membuat jangkauan iklan yang lebih luas dan tertarget.

2.      Maksimalkan Fitur Posting Instagram

Untuk  menarik minat calon konsumen, Anda bisa memanfaatkan berbagai fitur posting yang ada di instagram. Mulai dari posting stories, feed, multiple post, instagram live dan sebagainya.

3.      Lakukan Optimasi Konten

Agar konten Anda semakin dilirik oleh calon konsumen atau calon pelanggan, maka Anda perlu melakukan optimasi konten. Optimasi konten dilakukan dengan cara membuat konten yang lebih variatif baik dari segi desain maupun isi.

Ada beberapa jenis variasi konten yang bisa Anda buat, diantaranya konten edukasi, tips, review, ucapan hari besar, konten informatif, konten repost dan banyak lagi lainnya. Semakin berkualitas dan menarik konten yang Anda buat, maka akan semakin menarik untuk dilirik calon pelanggan.

4.      Bangun Interaksi dengan Calon Konsumen

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk membangun interaksi dengan calon pelanggan Anda adalah dengan memanfaatkan fitur yang ada di instagram stories. Misalnya saja dengan membuat kuis, polling, tanya jawab dan lain sebagainya.

Interaksi yang terbangun dengan baik akan membuat engagement bisnis Anda juga semakin baik.

5.      Maksimalkan Hashtag

Untuk memperluas jangkauan iklan atau postingan Anda, sebaiknya maksimalkan penggunaan hashtag di instagram Anda. Lebih baik lagi jika Anda mau melakukan riset hashtag yang sedang banyak dicari, dengan begitu kemungkinan untuk konten Anda dilihat lebih banyak orang semakin terbuka.

6.      Endorsement Influencer atau Selebgram

Salah satu cara yang saat ini mulai banyak dilakukan para pelaku usaha untuk mengembangkan bisnis mereka adalah dengan melakukan endorsement pada influencer atau selebgram.

Influencer atau selebgram memiliki kekuatan untuk mengajak pengikut mereka agar mau membeli atau menggunakan produk Anda. Umumnya usaha yang diiklankan oleh selebgram memang akan lebih mudah dikenali masyarakat luas. Meski begitu, selalu pastikan bahwa kualitas produk yang Anda berikan memang bagus. Sehingga orang yang mau mencoba produk Anda karena endorse tersebut merasa puas dan mau terus berlangganan produk Anda.

Baca juga : 6 Tips Mempertahankan dan Mengembangkan Bisnis Rumahan Saat Pandemi

Tips Membuat Caption untuk Posting Instagram Marketing

Caption merupakan salah satu faktor penting ketika Anda akan mengunggah sebuah konten iklan, baik dalam bentuk video maupun foto. Bisa dibilang caption ini merupakan first impression pada konten postingan Anda.

Nah, berikut ini beberapa tips membuat caption yang menarik untuk konten instagram Anda:

  • Tuliskan caption yang menggambarkan atau menjelaskan konten Anda, pastikan isinya juga sesuai dengan video atau foto yang Anda unggah.
  • Sertakan hashtag yang sesuai.
  • Buat kalimat yang efektif dan pisahkan kalimat panjang dalam beberapa paragraf.
  • Berikan pertanyaan agar lebih membuat penasaran.
  • Bisa juga Anda berikan quotes maupun testimoni yang sesuai dengan isi konten Anda.
  • Berikan emoji agar caption Anda semakin menarik.
  • Cantumkan juga Call to Action agar pembaca terdorong untuk melakukan aksi selanjutnya, misalnya memfollow Anda, mengunjungi website dan lainnya.

Nah itulah sekilas tentang instagram marketing yang perlu Anda ketahui, apakah Anda tertarik untuk memanfaatkannya juga untuk pengembangan bisnis Anda?

 

Tags: instagram marketing pengertian instagram marketing

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar