Ini Dia 4 Cara Membuat Google Bisnis Gratis, Cocok bagi Pebisnis Pemula

Cara membuat Google bisnis gratis – Bagi bisnis kecil sampai dengan menengah atau UKM membuat website ini menjadi sebuah tantangan. Kebanyakan bisnis UKM belum memiliki kemampuan teknis dan juga waktu untuk membuat dan mengelola website mereka sendiri. Meski saat ini media sosial sebagai pemegang kendali namun hasil penelitian ini meyakini bahwa Google Bisnisku menyediakan informasi yang jauh lebih akurat.

Alasan mengapa bisnis kecil ini belum memiliki website resmi karena pemilik bisnis merasa bawa bisnis mereka masih terlalu kecil untuk bisa memiliki website artinya website ini menjadi masalah bagi bisnis. Akhirnya Google pun membantu dengan pebisnis dengan menambahkan fitur dalam layanannya demi membantu pebisnis menghadapi masalah ini.

Cara Membuat

Cara membuat Google Bisnis gratis ini pun sangat mudah. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkahnya secara sistematis agar pembuatan Google Bisnis ini bisa berjalan seperti yang Anda inginkan. Simak langkah-langkah yang penting untuk Anda lakukan berikut ini:

  1. Lakukan pendaftaran

Karena website gratis ini merupakan bagian dari Google Bisnisku maka Anda perlu memiliki akun Google Bisnisku terlebih dahulu. Untuk pendaftaran ini akan lebih efektif jika Anda menggunakan domain Anda sendiri dan bisa menggunakan produk dari Google seperti G-Suite. Tapi jika Anda belum memiliki hal tersebut jangan khawatir karena Anda bisa menggunakan akun Gmail Anda dan kemudian menyiapkan profil Google Bisnisku.

Silahkan login ke akun Google Anda kemudian silahkan mengunjungi halaman Google Bisnisku dan Anda bisa memulainya dengan klik tombol mulai sekarang. Setelah itu isikan data informasi bisnis Anda. Anda bisa mengisi nama bisnis Anda, setelah itu mengisi alamat bisnis, kemudian isikan alamat yang benar.

Jika lokasinya bukan pertokoan Ada bisa menyembunyikan lokasi. Setelah itu jika Anda mengirimkan barang dan jasa ke pelanggan maka Anda akan diminta untuk mengisi data yang ada hubungannya dengan jasa kirim bisnis yang Anda sediakan. Setelah lokasi selesai Anda bisa memilih kategori bisnis Anda. Anda bisa memilih informasi bisnis apa yang Anda jalankan dan isi informasi kontak bisnis secara lengkap. Yang terakhir lakukan verifikasi Google Bisnis Anda.

  1. Masuk ke dashboard

Cara membuat Google Bisnis gratis yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah silahkan masuk ke dashboard akun Anda, setelah itu klik tombol kelola sekarang. Lihat menu pada sebelah kiri kemudian klik situs. Anda bisa menentukan nama yang ingin Anda gunakan untuk website gratis Bisnis Anda. Sayangnya karena memang website gratisan Anda harus mau mengikuti aturan dari Google. Jika website komersial biasanya menggunakan ekstensi .com maka website di Google Bisnisku ini ada tambahan ekstensi domain berupa business.site.

  1. Custom tampilan

Supaya terlihat menarik hal yang bisa Anda lakukan adalah melakukan kustomisasi tampilan website dengan melakukan klik ikon di sebelah kiri kotak gambar. Anda bisa memilih tema. Kurang lebih ada 10 tema dengan font berbeda yang bisa Anda gunakan untuk menciptakan suasana seperti yang diinginkan. Setelah itu ada Edit dimana Anda bisa menambahkan informasi lengkap tentang bisnis Anda. Semakin lengkap informasi yang Anda berikan maka semakin informatif website yang Anda buat tersebut.

Informasi ini akan ditampilkan saat Anda mengetikkan di Google Search dan juga Google Maps. Langkah selanjutnya upload foto. Pilih gambar yang akan Anda gunakan sebagai header untuk website gratis milik Anda.  Jika sudah selesai Anda bisa melakukan publish pada bagian kanan atas halaman. Website gratis milik Anda sudah jadi.

  1. Unggah foto dan Gambar

Supaya terlihat profesional hal yang bisa Anda lakukan adalah mengunggah foto produk di Foto Pengunjung website akan bisa mengetahui secara spesifik lokasi bisnis di peta Google dan juga meninggalkan testimoni berhubungan dengan bisnis Anda. Karena gratisan maka Anda tidak bisa menaruh katalog atau mengedit tampilan website Anda seperti warna, font, dan juga tema yang lebih profesional.  Jika Anda memutuskan membeli domain maka Anda harus membayar kurang lebih 165 ribu saja untuk domain saja.

Sektor Usaha yang Cocok

Setelah Anda tahu bagaimana cara membuat Google Bisnis gratis, hal yang penting untuk Anda perhatikan selanjutnya adalah sektor usaha yang cocok untuk bisnis ini. Perusahaan manapun cocok menggunakan Google Bisnisku ini seperti ritel, manufaktur, restoran, e-commerce, dealer mobil, dan juga usaha penyedia utilitas. Bahkan Anda yang tidak memiliki alamat fisik, Google ini mampu mengizinkan Anda mendaftar Google Bisnisku dan membantu orang-orang untuk menemukan bisnis, produk, dan juga layanan Anda.

Baca juga : 6 Cara Menaikkan Rating Google Maps Paling Ampuh, Jadi Andalan Pebisnis

Memang Google Bisnisku ini mampu meningkatkan kredibilitas bisnis Anda namun fitur website gratisan ini tidak cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan fitur lebih dan ingin menampilkan informasi yang lengkap tentang bisnis Anda di Google. Namun bagi pemula yang ingin bisnisnya lebih terkenal dan menjangkau konsumen lebih luas tidak ada salahnya untuk membuat website gratisan dari Google Bisnisku ini. Semoga beberapa cara membuat Google Bisnis gratis di atas bermanfaat untuk Anda.

 

Tags: bagaimana Cara membuat Google bisnis gratis Cara membuat Google bisnis gratis

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar