Sudah Tahu? Inilah 6 Sumber Penghasilan Pasif yang Wajib Anda Coba

Sumber penghasilan pasif – Tahukah Anda, terdapat berbagai sumber pendapatan yang wajib untuk Anda ketahui. Mulai dari pendapatn super aktif, pendapatan aktif, hingga pendapatan pasif. Namun, pendapatan pasif sering dijadikan pilihan sebagai sumber pendapatan tambahan, salah satunya sebagai sumber modal usaha. Sebelum membahas apa saja sumber penghasilan pasif, sebelumnya mari kita membahas tentang apa itu pendapatan super aktif, pendapatan aktif, serta pendapatan pasif.

Pendapatan Super Aktif

Pendapatan super aktif atau super active income, adalah sumber pendapatan yang berasal dari upah bulanan hasil kerja keras Anda. Singkatnya, pendapatan super aktif hanya bisa Anda dapatkan jika Anda bekerja, dan tak akan Anda dapatkan jika Anda menganggur atau tidak berkeja. Pendapatan jenis ini cocok bagi Anda yang belum menikah atau yang tidak memiliki tanggungan besar, karena umumnya pendapatan jenis ini relatif kecil.

Pendapatan Aktif

Pendapatan aktif adalah pendapatan yang dapat Anda dapatkan jika Anda merupakan seorang pengembang usaha, petrencana strategi atau biasa disebut sebagai manajer. Pendapatan jenis ini cukup menguntungkan karena Anda hanya berperan sebagai pengembang usaha, dan tak perlu selalu standby setiap saat. Selain itu, pendapatan yang dihasilkan dari pendapatan aktif juga jumlahnya cukup besar.

Pendapatan Pasif

Sumber penghasilan pasif

Pendapatan pasif atau passive income adalah sumber pendapatan yang tak membutuhkan kerja keras Anda. Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan jika ingin mendapatkan pendapatan pasif, diantaranya

  1. Surat Berharga

Sumber penghasilan pasif yang pertama adalah dengan menabung surat berharga. Anda dapat berinvestasi surat berharga melalui bank ataupun melalui sekuritas. Selain itu, Anda dapat menabung surat berharga dalam bentuk obliasi maupun saham, dan hal yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan investasi ini adalah memastikan bahwa saham yang akan Anda beli telah terbukti sehat. Sistem tabungan surat berharga ini adalah dengan menentukan apakah Anda ingin mendapatkan manfaat dalam jangka waktu menengah ataukah jangka waktu panjang. Namun jika Anda menginginkan pendapatan untuk Anda kumpulkan sebagai modal bisnis, ada baiknya untuk memilih tabungan jangka waktu menengah yakni dibawah 5 tahun. Salah satu rekomendasi surat berharga yang dapat Anda beli adalah ORI atau Obligasi Ritel Indonesia. ORI adalah obligasi resmi yang dikeluarkan pemerintah untuk biaya pembangunan.

  1. Menabung

Cara kedua jika Anda ingin mendapatkan sumber penghasilan pasif adalah dengan cara menabung. Menabung ternyata juga dapat Anda jadikan sumber penghasilan pasif, karena jika Anda mau untuk konsisten menabung, Anda dapat mengumpulkan uang dengan nominal yang cukup banyak. Karena meskipun nominal yang Anda tabung sedikit demi sedikit, tak menjadi masalah asalkan anda mau untuk terus konsisten.

  1. Sewa Properti

Menyewakan properti dapat menghasilkan keuntungan yang cukup besar bagi Anda, karena properti tidak akan basi dan kadaluarsa, sehingga dapat Anda jadikan sumber penghasilan pasif dalam jangka waktu panjang. Meskipun modal awal yang harus Anda keluarkan cukup besar, namun keuntungan yang akan Anda dapatkan cukup menggiurkan . Anda dapat menyewakan properti seperti ruko, kos, apartemen atau bangunan-bangunan lainnya.

  1. Menulis E-book

Cara lain untuk mendapatkan sumber penghasilan pasif adalah dengan menulis e-book. Memang penghasilan yang Anda dapatkan tidak pasti, namun menulis e-book memiliki peluang usaha yang cukup menguntungkan tanpa harus mengeluarkan banyak modal. Anda dapat mempublikasikan e-book Anda melalui website maupun blog pribadi milik Anda. Karena saat ini sudah banyak para blogger yang bahkan dapat menghasilkan uang hingga jutaan rupiah hanya dari menulis konten. Selain itu, Anda juga dapat bekerja sama dengan penerbit buku. Caranya, Anda dapat mempromosikan tulisan Anda dan membawa ke penerbit buku untuk melakukan kerjasama. Jika penerbit menyetujui maka selanjutnya Anda dapat menandatangani perjanjian kontrak dengan penerbit. Penghasilan Anda akan dihitung berdasarkan jumlah buku karya Anda yang berhasil laku di pasaran, semakin banyak buku yang terjual maka semakin besar pula pendapatan Anda.

  1. Online Shop

Siapa sangka, online shop merupakan salah satu sumber penghasilan pasif yang bisa Anda coba tekuni. Saat ini sudah banyak bisnis online shop yang menjamur, mulai dari fashion, handphone, dan barang-barang yang banyak dibutuhkan oleh orang-orang. Dengan membuka online shop, Anda dapat mempromosikan produk Anda melalui media sosial seperti Instagram, facebook, hingga twitter.

  1. Menjadi Vlogger

Cara yang satu ini dapat menghasilkan banyak uang dengan cara yang menyenangkan. Bagaimana tidak, Anda dapat mencoba membuat video-video tentang keseharian Anda, review barang-barang tertentu, travelling, dan video-video dengan konten menarik lainnya. Anda dapat meng-upload video-video vlog Anda di Youtube channel milik Anda.

Nah, itu tadi 6 sumber penghasilan pasif yang dapat Anda coba tekuni. Anda tertarik untuk mencoba?

 

Загрузка...

Tags: cara mendapatkan Sumber penghasilan pasif Sumber penghasilan pasif

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar