5 Contoh Usaha dalam Bidang Keperawatan

Keperawatan merupakan suatu bentuk layanan kesehatan bersifat bio-psiko-sosio-spiritual komprehensif yang ditujukan untuk individu, kelompok, maupun masyarakat. Profesi perawat ini biasanya bekerja dengan sistem shift, namun ada juga yang memiliki jam kerja tetap. Tugas perawat disini meliputi berbagai hal, mulai dari membantu dokter di rumah sakit atau klinik hingga mengurus sendiri semua kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat.

perawat

perawat

Bagi Anda yang mengenyam pendidikan jurusan keperawatan tidak perlu khawatir, kami akan menjabarkan banyak sekali contoh usaha yang bisa Anda jalankan dengan modal yang relatif sedikit. Usaha disini meliputi banyak cara, mulai dengan mengandalkan alat medis yang dimiliki, jaringan pertemanan yang luas, atau juga bisa dengan ilmu keperawatan yang sudah dicapai. Berikut ini kami jabarkan semuanya untuk Anda :

  1. Membuka Praktik Mandiri/Bersama

Membuka praktik adalah salah satu contoh usaha dalam bidang keperawatan yang bisa Anda coba.  Anda bisa membuka praktik secara mandiri (home care) ataupun dengan sistem praktik bersama. Untuk sistem praktik mandiri, Anda bisa menggunakan rumah pribadi sebagai tempat pelayanan kesehatan dan Anda sendirilah yang akan menangani semua pasiennya. Pastikan jika Anda sudah memiliki izin praktek. Namun, jika Anda tidak mampu melakukan semuanya sendirian, Anda bisa membuka praktik bersama dengan meminta bantuan beberapa dokter dan bidan untuk menjalankannya.

  1. Membuka Jasa Sewa Alat Medis

Jika Anda mencari peluang usaha yang masih sedikit pesaingnya, Anda bisa membuka jasa sewa alat medis. Alat-alat yang bisa disewakan disini bisa meliputi alat glucometri, kursi roda, tabung oksigen, dan masih banyak lagi. Anda bisa melakukan survey kira-kira apa saja alat yang banyak dibutuhkan oleh pasien namun belum banyak tersedia di puskesmas atau klinik di sekitar lingkungan rumah Anda. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan tanpa perlu mengeluarkan tenaga ekstra.

  1. Membuka Jasa Konsultasi keperawatan

Contoh usaha dalam bidang keperawatan yang tidak membutuhkan modal banyak adalah dengan membuka jasa konsultasi keperawatan. Usaha ini hanya mengandalkan ilmu yang sudah Anda miliki. Saat ini banyak sekali para calon perawat yang masih membutuhkan banyak bimbingan dari para senior yang sudah berpengalaman. Nah, Anda bisa menggunakan kesempatan emas ini untuk membuka bimbingan dan konsultasi seputar ilmu keperawatan baik itu secara teori maupun praktik.

  1. Penulis tentang Kesehatan/Keperawatan

Jika Anda termasuk orang yang hobi menulis, Anda bisa menggunakan skill menulis Anda untuk menuangkan ide dan informasi seputar kesehatan atau keperawatan. Anda hanya butuh laptop dan koneksi internet untuk menghasilkan penghasilan tambahan di rumah. Saat ini banyak sekali perusahaan farmasi tertentu yang membutuhkan konten tentang kesehatan untuk menaikkan brand/marketingnya. Jika Anda tertarik dengan usaha yang satu ini, kami sarankan banyak-banyaklah mencari info tentang peluang ini di internet.

  1. Pembicara seminar kesehatan

Jika Anda kurang jago dalam menulis, cobalah di skill yang lain. Mungkin Anda termasuk orang yang piawai dalam public speaking atau berbicara di depan banyak orang. Anda bisa menawarkan diri sebagai public speaker di acara seminar yang memiliki topik tentang kesehatan. Jika Anda belum pernah melakukan hal ini sebelumnya, Anda bisa berlatih di depan kaca agar bisa menampilkan gestur tubuh yang tepat di depan banyak orang nantinya.

Demikian contoh usaha dalam bidang keperawatan yang bisa Anda coba untuk menambah penghasilan. Sebelum menjalankan sebuah usaha, ada hal-hal yang perlu Anda persiapkan seperti ilmu keperawatan yang mumpuni, skill dalam menangani pasien, dan juga modal untuk membeli/menyewa alat medis. Kami sarankan untuk membuka jenis usaha yang memang Anda pernah berkecimpung atau pernah memiliki pengalaman sebelumnya.

Загрузка...

Tags: contoh usaha dalam bidang keperawatan contoh usaha dalam bidang keperawatan 2020 daftar contoh usaha dalam bidang keperawatan

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar