Tertarik Bekerja Secara Remote? Ketahui Mekanisme dan Pengertian Kerja Sistem Remote

Dewasa ini, bekerja tak hanya dapat dilakukan di kantor maupun di tempat kerja saja, namun juga dapat Anda lakukan di rumah, di kamar, di kafe, atau dimana saja Anda berada. Bekerja dengan sistem seperti ini sering disebut dengan kerja sistem remote. Lalu apa sebenarnya pengertian kerja sistem remote?

Pengertian Kerja Sistem Remote

Kerja Sistem Remote

Kerja Sistem Remote

Kerja sistem remote atau remote working adalah istilah yang merujuk pada kerja jarak jauh. Singkatnya, Anda tak perlu jauh-jauh datang bekerja ke kantor layaknya pekerja pada umumnya, cukup bekerja di rumah atau dimana saja Anda ingin mengerjakan pekerjaan Anda, selama pekerjaan yang diberikan kepada Anda dapat selesai tepat pada waktu yang telah ditentukan.

Bahkan dengan bekerja sistem remote working, Anda dapat bekerja untuk perusahaan yang lokasinya berada sangat jauh dari tempat tinggal Anda, bisa di luar kota bahkan luar negeri. Yang terpenting adalah komunikasi yang terjadi antar kedua belah pihak, dan juga pekerjaan yang diberikan dapat diselesaikan dengan baik.

Jadi sebenarnya, remote working sama saja dengan work from home, yang menjadikan rumah Anda sebagai kantor Anda. Job yang diberikan untuk pekerja dengan sistem remote working juga berbeda-beda tergantung dari kebijakan masing-masing perusahaan, ada perusahaan yang memberikan job satu minggu sekali, satu bulan sekali, satu bulan dua kali, atau bahkan memberikan job setiap hari. Jika dilakukan setiap hari tentu dapat disebut sebagai kerja full time meskipun dilakukan secara remote.

Nah, para pekerja sistem remote working ini sering disebut dengan remote worker. Bekerja secara remote ternyata menjadi sebuah tren khususnya dikalangan generasi muda, karena bekerja bisa dilakukan dimana saja. Namun tak heran mengapa tren remote working sangat menjamur di kalangan generasi muda, karena didukung oleh kemajuan teknologi yang bermanfaat untuk kemajuan informasi dan juga komunikasi.

Keuntungan Kerja Sistem Remote

Terdapat berbagai keuntungan yang dapat Anda rasakan jika ingin bekerja secara remote, diantaranya

  1. Lebih Hemat Waktu dan Biaya

Bekerja dengan sistem remote working tentu lebih hemat dari segi waktu dan juga biaya yang bisa saja Anda keluarkan jika menjadi pekerja kantoran pada umumnya. Lebih hemat dari segi waktu, karena Anda tak perlu mengeluarkan waktu lebih untuk bersiap-siap berangkat ke kantor, mulai dari mandi, memakai make-up, hingga waktu untuk jalan atau otw ke kantor. Karena bekerja dengan sistem remote dapat Anda lakukan bahkan jika Anda belum mandi, belum sarapan, dan masih menggunakan baju tidur Anda. Yang terpenting Anda fokus mengerjakan dan pekerjaan selesai pada waktunya, tak menjadi masalah! Selain menghemat waktu juga tentu menghemat biaya, karena Anda tak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membeli makan di luar dan juga uang untuk bensin. Anda dapat dengan mudah bekerja sambil nyemil makanan kesukaan ataupun sambil berbaring di kasur kesayangan, tanpa perlu menghabiskan uang bensin.

  1. Waktu Bekerja dengan Waktu Berlibur Seimbang

Bayangkan jika Anda bekerja di suatu perusahaan atau tempat, tentu Anda tak bisa seenaknya mengambil cuti atau libur, pasti harus melalui sederet prosedur yang wajib dilakukan sebelum akhirnya mendapatkan jatah cuti atau libur. Lain halnya dengan para remote worker yang dapat menentukan kapan waktu bekerja dan kapan waktu berlibur sesuka hati mereka. Dengan menjadi seorang remote worker juga memungkinkan Anda untuk menghabiskan lebih banyak waktu bersama orang-orang tersayang seperti keluarga, pasangan atau teman-teman.

  1. Bebas Menentukan Working Space

Selain dua hal diatas, menjadi pekerja sistem remote berarti Anda dapat dengan bebas menentukan dimana working space Anda. Jika Anda bosan bekerja di rumah, Anda bisa mencari tempat lain seperti kafe atau tempat tongkrongan lainnya yang Anda rasa nyaman untuk bekerja. Karena suasana kerja yang monoton tentu dapat menimbulkan rasa bosan, hilangnya mood, hingga sulitnya mencari ide. Oleh karena itu jika Anda merasa bosan, Anda dapat mencari working space baru yang lebih nyaman sehingga ide-ide serta inspirasi dapat bermunculan. Menyenangkan bukan?

Jenis-Jenis Pekerjaan Sistem Remote

  1. Penulis

Menjadi seorang penulis juga memungkinkan Anda untuk bekerja secara remote. Kuncinya adalah mampu untuk konsisten menyelesaikan job yang telah diberikan dan juga komunikasi antara Anda dan perusahaan selalu terjalin dengan baik. Jika Anda memiliki skill menulis, tak ada salahnya untuk mencoba!

  1. Penerjemah

Jika Anda menguasai bahasa asing tertentu, menjadi penerjemah dengan sistem remote working juga bisa Anda jadikan pilihan. Anda dapat bekerja untuk perusahaan tertentu sebagai penerjemah konten, artikel, buku, jurnal, atau materi lain yang perlu untuk diterjemahkan.

  1. E-Book Publisher

Pekerjaan yang satu ini juga dapat Anda kerjakan dengan sistem remote working. Jika Anda memiliki keterampilan dalam hal marketing, Anda bisa mencoba melamar menjadi seorang e-book publisher. Tugas dari seorang e-book publisher adalah mengurus traffic pasar e-book, tak terkecuali meng-handle pemasaran di media sosial, website, dan lain-lain.

Itulah tadi pengertian kerja sistem remote beserta contoh pekerjaan sistem remote yang bisa Anda coba lakukan. Bagaimana, Anda tertarik untuk menjadi seorang remote worker?

Загрузка...

Tags: kerja sistem remote pengertian kerja sistem remote

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar