6 Tips Mempertahankan dan Mengembangkan Bisnis Rumahan Saat Pandemi

Tips mempertahankan dan mengembangkan bisnis rumahan saat pandemi – Menjamurnya usaha rumahan yang lahir saat pandemi Covid-19 menjadi bukti bahwa setiap orang memiliki kreativitas untuk bisa bertahan. Banyak yang kemudian melahirkan usaha rumahan dalam segala bidang. Banyak pula yang kemudian sukses dengan usaha yang digelutinya ini.

Mengembangkan Bisnis Rumahan

Mengembangkan Bisnis Rumahan

Karena saat ini banyak yang beralih ke bisnis tentu ada beberapa tips yang harus diperhatikan bagi Anda yang juga menggeluti bisnis atau usaha rumahan ini. Tingkat persaingan yang ketat membuat Anda harus tahu bagaimana tips mempertahankan dan mengembangkan bisnis rumahan saat pandemi Covid ini. Simak beberapa tipsnya yang bisa dilakukan berikut ini:

Membentuk Mindset

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah membentuk mindset bisnis Anda. Anda akan memasuki tahapan baru dalam mempertahankan dan juga mengembangkan bisnis untuk jangka panjang. Yang Anda perlukan adalah ubah mindset Anda dari yang usaha rumahan iseng-iseng menjadi bisnis yang akan Anda kelola dengan serius.

Akan ada banyak faktor yang penting untuk  diubah supaya usaha Anda terus berkembang, stabil dan juga lebih terstruktur. Misalnya saja adalah jika sebelumnya Anda hanya menjual ke kerabat, mulailah untuk mengubah mindset bisnis Anda dengan menjual ke orang lain yang bisa meningkatkan penjualan Anda.

Jika produk packaging Anda kurang menarik maka cobalah untuk membuat kemasan dan juga logo yang lebih menarik dengan menambahkan logo yang lebih menarik. Untuk desain kemasan ini Anda bisa menyerahkannya kepada yang ahli dan profesional agar semakin menarik.

Komitmen

Tips mempertahankan dan mengembangkan bisnis rumahan saat pandemi selanjutnya adalah terus komitmen dan memiliki niat yang tinggi. Saat sudah memiliki komitmen yang kuat ini apapun masalah dan hambatan yang bisnis Anda alami kedepannya akan bisa dilalui dengan baik. Bisnis akan selalu memiliki masalah dan hambatan, tidak ada bisnis yang berjalan mulus sesuai dengan rencana sehingga semua masalah dan hambatan tersebut akan mengasah jiwa pebisnis menjadi lebih kuat.

Ketahui Respons dan Dapatkan Feedback

Tips mempertahankan dan mengembangkan bisnis rumahan saat pandemi yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah ketahui respons dan juga dapatkan feedback. Anda bisa melakukan kontrol dan juga evaluasi penjualan yang telah berjalan.  Anda perlu memahami kekurangan yang harus diperbaiki apa saja, kelebihan yang harus dipertahankan dan juga peluang lainnya

Feedback ini sangat penting untuk Anda perhatikan kedepannya mulai dari pujian terhadap produk seperti kualitas, rasa lezat, desain dan model yang bagus dan sebagainya. Selain itu ada juga feedback negatif misalnya packing yang kurang bagus, rasa yang aneh dan sebagainya.

Semua feedback negatif harus Anda tampung untuk memperbaiki produk Anda kedepannya. Anda harus bisa menanggapi tanggapan mereka dengan serius supaya kualitas produk Anda menjadi meningkat sehingga bisnis Anda bisa semakin berkembang.

Kelola dan Atur Keuangan Bisnis Lebih Baik

Kelola dan atur keuangan bisnis menjadi lebih baik.  Mengelola dan mengatur keuangan bisnis ini untuk membuat bisnis Anda jauh lebih stabil. Pastikan juga keuangan bisnis Anda tercatat dan diatur dengan rapi. Yang penting adalah Anda harus memisahkan keuangan bisnis dengan keuangan personal supaya bisa dilakukan pemantauan dengan mudah.

Jika selama ini Anda masih mencampurkan keuangan bisnis dalam satu rekening maka ada baiknya jika Anda membuat dua rekening, satu untuk rekening pribadi dan yang kedua untuk rekening bisnis Anda. Mencampurkan keuangan menjadi satu akan membuat keuangan bisnis menjadi buruk.

Buat Target Penjualan

Tips yang bisa dilakukan selanjutnya adalah dengan membuat target penjualan. Mindset bisnis Anda akan terstruktur jika Anda membuat target penjualan. Jika sebelumnya penjualan hanya mengikuti jumlah permintaan pembeli atau seadanya maka buat target penjualan baik itu harian, mingguan maupun bulanan.

Target penjualan yang jelas mampu membuat Anda memberikan proyeksi berapa angka pemasukan bisnis Anda. Hal ini bisa berpengaruh terhadap perputaran modal bisnis Anda. Bisnis tidak hanya berhenti pada perencanaan, namun Anda juga perlu memikirkan target penjualan bisa terpenuhi. Jalankan ide marketing yang sederhana dan juga tidak memakan banyak modal.

Baca juga : 8 Bisnis Rumahan yang Menggiurkan untuk Ibu Rumah Tangga

Untuk bisa mencapai penjualan yang maksimal Anda bisa mulai membagikan tester ke kerabat, setelah itu minta review mereka ke akun sosial media. Anda juga bisa dengan sistem endorse influencer yang sesuai dengan produk Anda. Buat iklan di media digital, lakukan kolaborasi supaya produk Anda semakin terkenal.

Online Marketing

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan memaksimalkan online marketing untuk bisnis Anda. Selain mengelola akun sosial media dengan konten menarik, Anda bisa memaksimalkan sosial media untuk mempromosikan bisnis Anda. Kembangkan toko online Anda di berbagai e-commerce. Hal itu dikarenakan saat ini banyak masyarakat yang semakin senang berbelanja online. Melihat tren ini Anda bisa memanfaatkannya untuk berbisnis.

Meski saat ini usaha rumahan menjamur, bukan berarti Anda harus patah semangat. Tingkat persaingan yang ketat harus membuat Anda semakin terpacu untuk melakukan yang terbaik untuk bisnis Anda. Lakukan beberapa tips mempertahankan dan mengembangkan bisnis rumahan saat pandemi diatas secara konsisten, lakukan dengan penuh semangat maka bisnis Anda bisa mendapatkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya.

Tags: mempertahankan dan mengembangkan bisnis rumahan saat pandemi Tips mempertahankan dan mengembangkan bisnis rumahan saat pandemi

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar