Pengertian, Manfaat dan Cara Membuat Bot Whatsapp Business

Membuat bot whatsapp business – Keberadaan bot whatsapp di dunia bisnis digital memang sudah tidak asing lagi. Saat ini hampir semua pelaku usaha yang menjalankan bisnisnya dengan memanfaatkan teknologi digital pasti memanfaatkan bot whatsapp untuk membantu proses pengelolaan bisnis mereka. Selain dapat membantu operasional bisnis, bot whatsapp ini juga dapat membantu meningkatkan penjualan dan juga omset.

Membuat Bot Whatsapp Business

Nah, untuk Anda yang penasaran apa itu bot whatsapp, apa saja manfaatnya dan bagaimana cara membuat bot whatsapp business, berikut ulasan yang wajib Anda simak.

Pengertian Bot Whatsapp Business

Sebelum belajar tentang bagaimana cara membuat bot whatsapp business, tentunya Anda juga harus paham terlebih dahulu apa itu bot whatsapp.

Bot whatsapp business merupakan sebuah software atau perangkat lunak chatbot yang digunakan secara khusus pada aplikasi chatting whatsapp. Melalui bot whatsapp ini Anda dapat mengoperasikan whatsapp  bisnis Anda secara otomatis dengan bantuan mesin atau bot. Seperti misalnya mengirim atau membalas pesan otomatis, melakukan broadcast otomatis dan sebagainya.

Hal ini sering Anda jumpai misalnya, ketika Anda mengirim pesan pada nomor whatsapp suatu brand, maka hanya dalam hitungan detik pesan Anda akan dibalas otomatis oleh mesin. Sederhananya, seperti itulah bot whatsapp.

Manfaat Penggunaan Bot Whatsapp

Ketika Anda memutuskan untuk mulai menggunakan bot whatsapp, ada beberapa manfaat yang bisa nikmati diantaranya:

1.      Dapat Mengirim Pesan Otomatis

Dengan memanfaatkan bot whatsapp Anda dapat membuat pengiriman pesan otomatis seputar hal atau pertanyaan yang sering menjadi pertanyaan pelanggan Anda. Anda juga bisa mengirim pesan otomatis berupa solusi atas permasalahan yang paling banyak atau sering dialami pelanggan Anda, sehingga hal ini akan membantu mengatasi kendala yang dialami konsumen.

2.      Pengiriman Broadcast

Dengan memanfaatkan bot whatsapp Anda juga bisa mengirimkan pesan broadcast secara otomatis. Pesan broadcast sebaiknya berisi materi yang ditunggu atau dinantikan pelanggan, misalnya saja informasi mengenai produk baru, promo, diskon, dan sebagainya. Hindari untuk terlalu sering mengirim broadcast agar pelanggan Anda tidak terganggu.

3.      Auto Reply Pesan Pelanggan

Bot whatsapp juga memungkinkan Anda untuk  membuat sistem auto reply ketika pelanggan Anda mengirimkan pesan. Sistem auto reply ini akan sangat membantu ketika chat yang masuk ke nomor whatsapp bisnis Anda menumpuk, sehingga setidaknya tidak membuat pelanggan menunggu terlalu lama untuk sebuah balasan.

4.      Membangun Brand Awareness yang Positif

Jika Anda bisa memberikan pelayanan yang baik pada setiap pelanggan Anda meski hanya melalui chat, maka hal ini akan secara otomatis membantu brand awareness yang baik atau positif di kalangan konsumen Anda.

5.      Membantu Meningkatkan Omset Penjualan

Cepat atau lambat respon yang Anda berikan pada konsumen dapat membawa pengaruh pada keputusan mereka dalam menentukan akan membeli atau tidak produk yang Anda tawarkan. Jika Anda harus mengambil waktu yang lama untuk merespon pelanggan, bisa jadi mereka akan beralih ke seller lainnya.

Penggunaan bot whatsapp dapat membantu Anda merespon pelanggan lebih cepat, sehingga dapat membantu peningkatan penjualan. Dengan begitu omset Anda juga akan semakin meningkat.

6.      Membangun Customer Experience yang Baik

Pelayanan dan respon yang baik dan cepat tentu akan memberikan pengalaman berbelanja yang menyenangkan bagi pelanggan Anda. Hal ini bisa membuat pelanggan Anda merasa nyaman dan tidak segan  untuk berbelanja lagi di tempat Anda.

Cara Mudah Membuat Bot Whatsapp Business Auto Reply Sendiri

Saat ini ada banyak penyedia jasa pembuatan chatbot untuk whatsapp business Anda. Namun, Anda juga tetap bisa membuat bot whatsapp business auto reply tanpa harus membayar biaya jasa. Apalagi kalau dan Anda terbatas, sudah pasti Anda harus menghemat pengeluaran bukan?

Baca juga : Ampuh! Ini Dia 7 Tips Jualan dengan WhatsApp Laris Manis

Nah berikut ini adalah urutan cara membuat bot whatsapp business auto reply yang bisa Anda ikuti:

  1. Unduh dan install aplikasi AutoResponder for WhatsApp.
  2. Jika sudah berhasil diunduh, segera install aplikasi tersebut.
  3. Jika muncul pesan di layar ponsel Anda, maka pilih menu “Oke”.
  4. Saat aplikasi sudah terbuka, sila klik pada tombol plus (+) yang ada di bagian kanan bawah.
  5. Masukkan kata kunci atau keyword pada bot whatsapp lalu klik tanda centang. Kata kunci ini bisa Anda isi dengan pertanyaan atau hal yang sering ditanyakan oleh pelanggan.
  6. Tuliskan jawaban atas kata kunci yang sudah Anda masukkan sebelumnya, lalu klik tombol centang.
  7. Pastikan semua tombol berwarna hijau (diaktifkan) sebelum Anda menyelesaikan langkah pembuatan bot whatsapp auto reply ini.
  8. Aplikasi AutoResponder for WhatsApp ini nantinya akan secara otomatis terkoneksi dengan akun whatsapp bisnis Anda.

Cara di atas dapat dilakukan untuk fitur auto reply. Jika Anda menginginkan fitur yang jauh lebih lengkap, Anda bisa memanfaatkan jasa dari teknisi karena memang prosesnya cukup rumit. Semoga ulasan tentang pengertian, manfaat dan cara membuat bot whatsapp business ini bermanfaat untuk bisnis Anda.

 

Tags: cara Membuat bot whatsapp business Membuat bot whatsapp business

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar