8 Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing

Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing – Saat akan membuka usaha salah satu hal yang sudah pasti harus Anda persiapkan adalah modal. Memang tidak semua bisnis atau usaha harus dimulai dengan modal yang sangat besar. Ada cukup banyak juga jenis usaha yang dapat dimulai dengan modal yang kecil, bahkan beberapa diantaranya juga masih cukup sepi pesaing.

Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing

Untuk Anda yang saat ini sedang mencari ide contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing, beberapa daftar bisnis ini mungkin bisa jadi inspirasi:

Bisnis Daur Ulang

Salah satu contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing adalah bisnis daur ulang. Bisnis ini bisa Anda jalankan dengan mulai memanfaatkan barang-barang bekas pakai kemudian mengolahnya menjadi kerajinan yang memiliki nilai jual tinggi.

Beberapa contoh bisnis daur ulang yang bisa Anda coba misalnya:

  • Bisnis sofa dari sisa bahan ban bekas.
  • Kerajinan tas belanjaan dari sisa bungkus kemasan kopi.
  • Lukisan dari plastik bekas, dan banyak lagi lainnya.

Inti dari bisnis ini adalah Anda harus lebih kreatif dalam membuat produk yang unik. Anda dapat memasarkan produk kreasi Anda melalui sosial media facebook, instagram, tiktok, twitter dan sebagainya.

Bisnis Kreasi Makanan atau Minuman

Bisa dibilang bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang tak ada matinya. Jika Anda punya bakat dalam dunia masak-memasak mungkin Anda bisa mencoba ide bisnis kuliner kreatif. Anda bisa membuat kreasi makanan atau minuman yang khas dan unik agar memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

Sebelumnya sudah ada beberapa ide bisnis kuliner kreatif yang sempat viral, seperti misalnya burger tempe, kopi nasi kuning, dessert box, dan banyak lagi lainnya. Tak harus benar-benar baru, Anda juga bisa membuat modifikasi dari menu-menu viral yang ada sebelumnya.

Bisnis Barang Antik

Apabila Anda memiliki ketertarikan pada benda-benda kuno dan unik, maka salah satu contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing dan bisa Anda jalani adalah bisnis barang antik. Anda tidak selalu harus memiliki barang antik tersebut, namun bisa juga dengan menjadi perantara yang akan mempertemukan antara pemilik barang dan calon pembeli.

Jika Anda berminat untuk menjalankan bisnis barang antik, maka sebaiknya Anda memiliki pengetahuan yang cukup luas mengenai barang-barang antik dan barang jadul.

Jasa Translator

Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing yang lainnya adalah membuka jasa translator untuk bahasa asing. Untuk menjalankan bisnis ini tentu saja Anda setidaknya harus memiliki modal kemampuan berbahasa asing. Bisnis ini cukup menjanjikan, apalagi jika Anda menguasai banyak bahasa asing. Mulai dari bahasa Inggris, bahasa Perancis, Jerman, dan banyak lagi lainnya.

Jika usaha ini bisa berkembang, Anda mulai bisa merekrut beberapa translator dan kemudian bisa terus mengembangkannya menjadi agen.

Penitipan Binatang

Membuka usaha jasa penitipan binatang juga bisa menjadi ide yang bagus, dan lagi masih sangat sedikit pesaingnya. Hal ini karena tidak banyak orang yang mampu dan bisa merawat aneka jenis binatang, itulah sebabnya tidak banyak orang yang tertarik dengan bisnis ini.

Omset penitipan binatang juga cukup lumayan, apalagi pada saat musim libur sekolah, libur lebaran, long weekend atau hari libur lainnya. Anda yang punya hobi dan minat pada binatang, mungkin ide bisnis ini bisa mulai Anda tekuni.

Bisnis Kaos Custom

Saat ini banyak orang yang lebih suka mengenakan kostum baju yang unik dan berbeda. Biasanya tak sedikit orang yang memilih membuat sendiri desain kaos mereka, lalu memesannya di tukang sablon kaos.

Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk membuka usaha kaos custom. Selain memberikan jasa sablon kaos, Anda juga bisa menawarkan jasa lainnya. Misalnya menyediakan kaos polos dengan berbagai pilihan warna, ukuran dan jenis bahan, jasa desain dan sebagainya.

Party Organizer

Kalau wedding organizer mungkin Anda sudah biasa mendengarnya, namun bagaimana jika party organizer? Ternyata di beberapa kota besar bisnis ini juga cukup menjanjikan. Jika wedding organizer membantu penyelenggaraan pernikahan, maka party organizer ini bertanggung jawab untuk mempersiapkan segala hal tentang pesta, baik itu pesta ulang tahun atau juga pesta lainnya.

Bagi Anda yang punya bakat dan minat di dunia kreatif, maka bisnis party organizer ini bisa jadi salah satu contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing.

Baca juga : Ini Dia 9 Ide Bisnis Jelang Puasa dan Lebaran yang Bisa Anda Coba

Potong Rambut Delivery

Maksudnya adalah usaha tukang cukur rambut panggilan, dimana Anda nantinya akan datang ke rumah-rumah untuk memotong rambut pelanggan Anda. Meski terlihat sepele namun di masa pandemi seperti ini bisnis potong rambut panggilan juga cukup memiliki peluang untuk berkembang.

Namun Anda harus memberikan jaminan keamanan pada pelanggan Anda, misalnya dengan menjalankan prokes yang ketat serta rutin melakukan pemeriksaan agar pelanggan Anda merasa nyaman.

Itulah beberapa contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing, semoga bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang sedang ingin memulai usaha kecil.

 

Tags: Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar