Cara Tepat dan Mudah Memasarkan Barang Lewat Tiktok

Cara memasarkan barang lewat Tiktok – Apa yang pertama kali teringat oleh Anda jika ada yang menyebutkan Tiktok? Mungkin dalam benak Anda hanya terbayang tentang sebuah aplikasi yang banyak digunakan kaum milenial untuk berjoget ria. Sebetulnya, lebih dari pada itu, Tiktok saat ini juga sudah menjelma menjadi salah satu media promosi yang cukup potensial. Faktanya sudah mulai banyak brand-brand yang memanfaatkan Tiktok untuk membuat konten promosi yang anti mainstream.

Untuk Anda yang belum paham tentang Tiktok marketing dan bagaimana cara memasarkan barang lewat Tiktok, simak ulasan berikut ini.

Apa Itu Tiktok Marketing?

Tiktok marketing merupakan suatu metode pemasaran atau promosi produk dengan memanfaatkan sosial media Tiktok. Saat ini sudah mulai banyak brand-brand besar yang mulai menggunakan Tiktok sebagai media promosi mereka. Katakanlah Red Bull, salah satu perusahaan besar yang saat ini memiliki pengikut lebih dari 4,5 juta pengguna di Tiktok.

Brand ini rutin membuat konten yang bertujuan untuk membangun brand awareness dan juga engagement. Mereka bahkan sudah memiliki hashtag khusus untuk memviralkan konten Tiktok mereka.

Selain itu ada juga brand Guess yang juga turut meramaikan Tiktok marketing dalam bisnis mereka. Itu artinya Tiktok marketing memang memiliki prospek yang bagus kedepannya.

Ada beberapa kelebihan dari Tiktok marketing, diantaranya:

  • Memiliki fitur yang cukup kreatif, sehingga Anda bisa membuat konten marketing yang unik, otentik namun juga tetap menarik.
  • Sangat cocok untuk brand yang menyasar anak muda, sebab mayoritas pengguna Tiktok merupakan anak muda yang usianya tak lebih dari 30 tahun.
  • User generated content, dimana Anda dapat membuat hashtag challenge yang memungkinkan untuk membuat efek viral dan terus menyambung. Hal ini berefek baik bagi brand Anda.

Cara Memasarkan Barang Lewat Tiktok

Pada dasarnya strategi atau cara memasarkan barang lewat Tiktok tidak jauh berbeda dengan cara memasarkan barang di media sosial lainnya. Karena Tiktok sendiri merupakan sosial media, tentu saja Anda harus membuat sebuah konten marketing yang unik dan menarik, sehingga dapat menarik minat calon konsumen.

Namun untuk lebih jelasnya, berikut bisa Anda simak beberapa cara memasarkan barang lewat Tiktok:

1.      Mulai Beralih ke Tiktok Bisnis

Salah satu cara memasarkan barang lewat Tiktok adalah dengan mulai beralih ke akun bisnis. Cara mengubah akun Anda menjadi akun Tiktok bisnis adalah sebagai berikut:

  • Klik menu “Saya” lalu klik pada tombol atau tanda titik tiga di bilah pojok atas.
  • Pilih menu “Kelola Akun Saya”, kemudian lanjut ke menu “Alihkan ke Akun Bisnis”.
  • Langkah selanjutnya, pilihlah kategori bisnis yang paling sesuai dengan bisnis Anda.
  • Edit profil Anda, mulai dari foto profil, biodata dan juga informasi bisnis Anda secara detail.
  • Anda juga bisa menambahkan link toko online atau website Anda.

2.      Buat Konten yang Unik dan Ikuti Tren yang Sedang Hits

Pengguna Tiktok yang mayoritas adalah anak muda tentu lebih menyukai jenis konten yang unik dan menarik. Untuk menggaet lebih banyak penonton dan calon konsumen, Anda bisa menyiasatinya dengan cara membuat konten yang seru dengan tetap mengikuti trend yang sedang viral.

Saat Anda membuat konten dengan cara “numpang viral:, maka otomatis konten marketing Anda juga akan dilihat lebih banyak orang. Sehingga kemungkinan besar produk Anda akan semakin dilirik oleh banyak orang.

3.      Maksimal Fitur Tiktok

Saat membuat konten marketing, pastikan juga Anda memaksimalkan semua fitur yang tersedia. Mulai dari timer, musik, stiker, beautify, voice changer, dan lain sebagainya. Fitur ini akan membuat konten Anda lebih menarik.

4.      Pentingnya Caption dan Hashtag

Sama halnya di instagram maupun facebook, postingan Tiktok juga harus memiliki caption dan hashtag yang mendukung. Caption yang Anda tuliskan harus sesuai dan dapat menggambarkan isi konten Anda.

Sedangkan untuk hashtag, sebaiknya manfaatkan hashtag yang sedang viral agar jangkauan postingan Anda semakin luas.

5.      Posting Konten Anda di Waktu yang Tepat

Agar konten Anda dapat dilihat lebih banyak orang, maka sebaiknya unggahlah konten tersebut saat lalu lintas pengguna Tiktok sedang tinggi. Untuk menentukan kapan waktunya, tentu saja Anda harus melakukan analisis terlebih dahulu. Misalnya, kapan waktu luang yang banyak digunakan pengguna untuk melihat konten di Tiktok. Atau bisa juga dengan melihat dan membandingkan dengan postingan sebelum-sebelumnya.

Baca juga : Cara Membuat Publikasi Konten Blog Otomatis ke Media Sosial

6.      Memanfaatkan Fitur Tiktok Ads

Fitur ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki budget lebih untuk beriklan. Ada beberapa jenis iklan yang ditawarkan Tiktok, diantaranya:

  • In-feed Ads, merupakan jenis iklan yang akan muncul ketika pengguna melakukan scroll feed.
  • Pre-roll ads, jenis iklan ini akan muncul ketika pengguna membuka aplikasi.
  • Branded effects, merupakan filter khusus yang menampilkan informasi produk dan banyak dimanfaatkan oleh para pembuat konten.
  • Promoted hashtag challenges, iklan yang dilakukan dengan cara penggunaan hashtag secara masif oleh para pengguna.

Itu dia ulasan mengenai pengertian Tiktok marketing dan juga cara memasarkan barang lewat Tiktok, semoga cukup bermanfaat.

 

Tags: bagaimana Cara memasarkan barang lewat Tiktok Cara memasarkan barang lewat Tiktok

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar