Menjadi Blogger di Tahun 2022, Masih Worth It?

Di tengah berkembangnya platform video online, blog tetap menjadi pilihan bagi sebagian orang. Selain lebih lengkap, blog menawarkan banyak informasi spesifik yang tidak tersedia di jenis platform lainnya. Karena alasan ini, menjadi blogger di tahun 2022 sebenarnya cukup worth it dilakukan. Hanya saja, ada banyak hal yang harus dipahami untuk mencapai kesuksesan di dunia blogging.

Apa Itu Blogger?

Sesuai dengan Namanya, blogger adalah orang yang membuat konten untuk mengisi blog yang dibuatnya. Blog sendiri merupakan platform khusus di internet yang menjadi wadah bagi para penulis. Sebagian orang menggunakan blog sebagai sarana hobi dan hiburan saja. Sebagian lainnya memanfaatkan blog sebagai tempat mengumpulkan pundi rupiah.

Blog umumnya berisi konten tulisan dengan tema yang sangat beragam. Ada yang fokus di bidang teknologi, hiburan, bisnis, olahraga, horor, hingga bidang pendidikan. Setiap orang bebas menentukan pilihannya masing-masing. Selama tak melanggar aturan dan etika berinternet, Anda bebas menentukan tema sesuai keinginan.

Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Blogger

Blogger

Memutuskan menjadi blogger di tahun 2022 artinya Anda harus siap dengan segala risiko dan konsekuensinya. Apa risiko jika menjadi seorang blogger? Pertama, Anda bisa kesulitan membaca pola permintaan pasar. Hal ini kemungkinan dialami oleh blogger pemula yang belum memahami cara kerja google sepenuhnya. Akibatnya, pendapatan pun sangat tidak jelas dengan nilai yang berada di bawah rata-rata.

Namun, cara kerja google bisa Anda pelajari seiring dengan berjalannya waktu. Jika sudah menguasainya, Anda bisa memperoleh gaji dengan nominal yang tak terbatas. Seorang blogger profesional mampu menghasilkan puluhan hingga ratusan juta dari konten tulisan yang dibuatnya. Hanya saja, untuk mewujudkan hal tersebut maka dibutuhkan konsistensi dan juga riset yang cukup kuat.

Keuntungan lain menjadi blogger adalah jam kerja yang sangat fleksibel. Blogger diperhitungkan sebagai  freelancer yang tidak terikat dengan jam kerja kantor. Di sini Anda sendirilah yang harus menentukan jam waktu kerja, jam lembur, hingga jam libur kerja.  Hal tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan juga kondisi yang dialami.

Selain itu, Anda yang hobi tulis menulis memiliki keuntungan tersendiri jika menjadi seorang blogger. Keuntungan pertama adalah pekerjaan yang terasa lebih ringan. Pengalaman menulis yang dimiliki membuat Anda terbiasa untuk menulis dan membuat konten.  Kemudian, meskipun kurang menghasilkan, pekerjaan menjadi blogger setidaknya bisa dijadikan hobi sampingan yang menyenangkan.

Sumber Pendapatan Blogger

Pertanyaan yang sering ditanyakan adalah, dari mana sumber pendapatan blogger? Gaji seorang blogger ditentukan oleh traffic dan juga pengunjung blog. Semakin banyak orang mengunjungi blog maka semakin tinggi gaji yang didapatkan.

Sebelumnya, Anda perlu me-monetize akun untuk memperoleh adsense dari google. Dengan akun yang sudah ter-monetize, iklan yang masuk akan memberi uang dan juga penghasilan. Hanya saja, iklan hanya akan masuk ke suatu blog dengan traffic pengunjung yang cukup tinggi.

Baca juga : 7 Tips Menjadi Blogger bagi Pemula Sampai Sukses

Selain itu, menjadi blogger di tahun 2022 memungkinkan Anda untuk mendapat penghasilan dari endorse atau pesanan tulisan tertentu. Jika kualitas tulisan bagus maka banyak perusahaan yang membutuhkan jasa ketikan Anda. Bayaran tulisan untuk endorse tentunya tidaklah murah. Oleh karena itu, selalu tingkatkan kualitas tulisan untuk mengoptimalkan potensi pendapatan.

Tantangan Seorang Blogger

1.      Penentuan Konsep Blog

Menjadi seorang blogger memiliki tantangan yang sangat beragam. Contoh, Anda harus punya konsep yang kuat dan harus tau harus menulis apa. Disarankan agar memiliki satu topik khusus yang bisa memberikan identitas kepada blog Anda. Namun, menulis konten “gado-gado” yang bervariasi juga tidak masalah jika dilakukan.

2.      Penguasaan SEO

Selain masalah konsep, persaingan sesama blogger menjadi tantangan lain yang hars dihadapi. Di sini, Anda akan berperang dengan blogger lain dalam menentukan strategi SEO yang paling ampuh. Apa itu SEO? SEO adalah teknik khusus yang bertujuan untuk memunculkan tulisan di halaman pertama google.

Penguasaan SEO cukup penting dimiliki oleh para blogger. Ini menyangkut eksistensi tulisan agar Anda tidak tenggelam dalam persaingan blogging. Kebanyakan pembaca cenderung tidak peduli dengan halaman kedua yang ditawarkan google. Mereka akan mengganti keyword sampai menemukan konten yang dirasa pas. Oleh karena itu, jika ingin tetap eksis dan bersaing maka penting untuk menguasai teknik SEO.

3.      Etika Penulisan

Etika penulisan menjadi tantangan lain bagi seorang blogger. Banyak penulis yang hanya mementingkan traffic saja dengan mengesampingkan etika penulisan. Misalnya, mereka membuat konten klik bait yang cenderung menipu dan juga misleading. Klik bait terkadang ampuh meningkatkan traffic pengunjung.

Hanya saja, efektivitasnya bertahan sangat singkat namun dengan dampak yang bisa memanjang. Jadi, ketika Anda membuat konten baru maka pembaca akan melihatnya sebagai sebuah klik bait sehingga malas untuk membacanya. Alhasil traffic pun akan menurun dan kredibilitas Anda menjadi rusak.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjadi blogger di tahun 2022, semoga informatif.

 

Tags: cara menjadi blogger di tahun 2022 menjadi blogger di tahun 2022

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar