Inilah 4 Alasan Endorsement di Media Sosial Sangat Penting

Seiring dengan berkembangnya teknologi, kita tentunya sering mendengar istilah endorsement di media sosial. Terlebih lagi bila kita membuka akun media sosial publik fitur atau selebriti yang dikenal oleh banyak orang. Biasanya mereka menggunakan akun media sosialnya untuk melakukan endorsement untuk umum.

Endorsement sendiri merupakan salah satu istilah yang kini sangat populer di dunia marketing. Istilah ini digunakan untuk melakukan promosi dari suatu barang atau jasa di media sosial. Endorsement sendiri bisanya dijadikan sebagai taktik bisnis yang dilakukan oleh produsen agar produk yang mereka tawarkan laris manis dibeli oleh konsumen.

Tak heran rasanya bila kini banyak pelaku usaha mulai tertarik melakukan jenis promosi satu ini, baik itu dilakukan secara berbayar atau tidak.

Apa Itu Endorsement?

Artis endorse

Artis endorse

Economic Times mengungkapkan bahwa endorsement adalah salah satu bentuk iklan yang dilakukan atau dipromosikan oleh sosok publik figur, selebriti, ataupun tokoh terkenal yang mendapatkan kepercayaan, dihormati atau berdampak bagi masyarakat secara umum. Tak hanya itu saja, endorsement juga diartikan sebagai pengakuan oleh orang lain yang mempromosikan produk tersebut.

Jadi, ketika seseorang menggunakan dan menyukai produk yang mereka iklankan tentunya bisa mempengaruhi calon konsumen agar membeli produk atau jasa tersebut. Selebriti, tokoh terkenal, atau influencer adalah orang yang mendapatkan perhatian dan dipandang oleh masyarakat, sehingga teknik marketing dengan menggunakan endorsement ini akan lebih banyak dilihat oleh calon konsumen dibandingkan dengan jenis iklan lain.

Jenis-Jenis Endorsement

Ada dua jenis endorsement yang kini bisa digunakan oleh para pelaku bisnis, jenis-jenisnya meliputi:

Endorsement Berbayar

Endorsement di media sosial yang berbayar adalah salah satu jenis endorsement yang membutuhkan uang hingga kontrak eksklusif. Para pelaku bisnis harus membayar publik figur atau sosok terkenal untuk melakukan promosi atau mengiklankan produk barang atau jasa yang mereka miliki.

Baca juga:  Kiat-Kiat Mendapatkan Supplier Tangan Pertama Paling Berhasil

Kontrak eksklusif ini biasanya berisi tentang hak dan kewajiban untuk publik figur dan juga brand atau perusahaan. Biasanya publik figur akan dibayar sesuai perjanjian, kemudian mereka akan menerima produk barang atau jasa yang akan ditawarkan. Produk harus dikirimkan agar publik figur mengetahui dan mencobanya terlebih dahulu.

Endorsement Tidak Berbayar

Endorsement tidak berbayar adalah jenis endorsement yang dilakukan tanpa harus membayar jasa pengiklan. Sebuah brand hanya perlu mengirimkan sampel produk kepada publik figur agar mereka bisa mencobanya dan memberikan ulasan produk mereka terlebih dahulu. Endorsement ini bisa dikatakan sebagai jenis iklan gratis.

Maka dari itu tak ada hal dan kewajiban khusus bagi pengiklan. Pihak pengiklan atau publik figur dalam hal ini bisa melakukan promosi karena mereka suka dengan produknya dan dengan bebas memberikan ulasan tentang produk tersebut dengan jangka waktu yang tidak ditentukan dalam sebuah kontrak atau perjanjian.

Alasan Endorsement di Media Sosial Penting untuk Bisnis

Strategi endorsement di media sosial saat ini sudah sering ditemukan dan hampir semua influencer kini menerima kerja sama dengan berbagai brand setiap bulannya. Namun, seberapa penting jenis promosi satu ini untuk bisnis? Berikut adalah 4 alasan yang membuat endorsement menjadi penting bagi suatu bisnis.

Memperkenalkan Produk Secara Luas

Saat ini, hampir semua orang lebih banyak menghabiskan waktu mereka untuk membuka media sosial dibandingkan dengan menonton acara tv atau membaca koran. Oleh sebabnya menerapkan strategi endorsement kini dapat dibilang sebagai salah satu cara yang tepat bagi para pelaku bisnis. Pasalnya, publik figur atau influencer punya banyak pengikut yang dapat memudahkan Anda untuk memperkenalkan produk atau jasa secara luas.

Baca juga:  Pengertian Co Working Space dan Manfaatnya

Meningkatkan Reputasi

Nantinya influencer yang Anda tunjuk akan memberikan sebuah ulasan atau review serta mengomentari berbagai hal positif dari produk yang dipromosikan. Biasanya, sebelum melakukan endorsement influencer akan diberikan briefing mengenai informasi produk sebelum mereka membagikan review. Hal ini tentu saja akan berdampak untuk meningkatkan reputasi brand.

Menyampaikan Pesan

Saat kita memulai untuk membangun sebuah bisnis, tentunya ada pesan yang ingin disampaikan lewat produk yang ditawarkan. Disinilah seorang influencer berperan. Mereka tidak semata-mata hanya mempromosikan produk saja, namun juga dapat menyampaikan pesan kepada konsumen secara luas.

Baca juga : Kenali Jenis Mobile Marketing yang Menarik Disini!

Meningkatkan Penjualan

Salah satu impact yang cukup kuat di media sosial tentunya akan membuat influencer bisa menarik perhatian dari setiap pengikutnya untuk membeli produk yang mereka promosikan. Hal ini tentunya mampu meningkatkan penjualan secara signifikan. Akan tetapi tidak semua endorsement bisa memberikan dampak seperti ini. Bisa jadi tidak ada peningkatan penjualan, tapi imbasnya produk dikenal dan diingat oleh banyak orang.

Nah, itulah informasi menarik tentang melakukan endorsement di media sosial. Tertarik untuk melakukan jenis promosi satu ini? Pastikan Anda memilih influencer yang berpengaruh dan selalu berinteraksi dengan para pengikutnya untuk mendapatkan hasil maksimal.

Tags: cara endorsement di media sosial cara melakukan endorsement di media sosial endorsement di media sosial

Tinggalkan pesan "Inilah 4 Alasan Endorsement di Media Sosial Sangat Penting"