4 Strategi Digital Marketing yang Cocok untuk UKM

Anggaran terbatas tentunya sering kali menjadi permasalahan utama bagi sebagian besar Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ingin melakukan kegiatan pemasaran. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu hal tersebut bukanlah menjadi perkara besar. mengapa demikian?

Digital Marketing

Sebab kini ada sudah ada berbagai strategi digital marketing yang cocok diterapkan pada UKM. Jadi, para pelaku usaha kecil pun tak perlu lagi merasa khawatir kesulitan untuk melakukan kegiatan pemasaran atau promosi.

Apa Itu Digital Marketing?

Pengertian digital marketing adalah salah satu jenis pemasaran atau promosi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan melalui media digital atau internet. Tujuan utamanya untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat dan pastinya mudah.

Oleh sebabnya di era modern seperti sekarang ini banyak pelaku bisnis yang mulai mencoba menerapkan strategi digital marketing untuk mengembangkan bisnis mereka.

Seperti diketahui bersama, penerimaan teknologi dan internet di masyarakat kini sudah semakin luas sehingga tak heran rasanya bila promosi yang dilakukan secara digital dapat dijadikan sebagai pilihan tepat bagi perusahaan-perusahaan.

Akibatnya, para pelaku bisnis pun akan saling berkompetisi untuk membuat konten yang menarik untuk membuat kegiatan pemasaran di dunia maya lebih disukai oleh konsumen.

Mengapa UKM Perlu Menggunakan Digital Marketing?

Berbicara tentang kompetisi bisnis, ini tentunya tidak hanya terjadi di antara brand atau perusahaan-perusahaan besar saja. Saat ini kompetisi antar UKM pun terjadi sangat ketat. Oleh sebab itu para pelaku bisnis UKM tentu saja ingin membuat produk mereka terlihat lebih menonjol dari produk kompetitor. Strategi digital marketing pastinya dapat mewujudkan hal tersebut.

Kenyataannya, kini hampir setiap orang rela menghabiskan waktu online dengan gadget mereka masing-masing. Bahkan, sering kali keputusan pembelian pun dilakukan berdasarkan pencarian online. Itu sebabnya kehadiran UKM pada mesin pencari di internet sangat penting. Apalagi jika didukung oleh adanya kehadiran digital seperti media sosial, e-commerce, hingga marketplace.

Baca juga:  Plus Minus Bisnis Import Produk dari China dan Tips Memulainya

Banyak orang menganggap bila digital marketing adalah kegiatan yang mahal. Padahal, pada kenyataannya kegiatan pemasaran secara digital dapat dilakukan dengan mudah. Hal ini tentu sangat menguntungkan para pelaku UKM dalam mengembangkan bisnis mereka untuk menjangkau konsumen potensial yang banyak.

5 Strategi Digital Marketing yang Efektif Bantu UKM

Saat ini penggunaan strategi digital marketing oleh para pelaku UKM bukanlah hal asing lagi. Lantas, bagaimana cara untuk menerapkan strategi tersebut dengan bujet terbatas namun tetap efektif untuk dilakukan? Berikut ini adalah beberapa kegiatan digital marketing yang bisa dilakukan oleh para pelaku UKM dengan bujet terbatas.

1.      Search Engine Optimization (SEO)

SEO merupakan salah satu proses atau kegiatan yang paling kuat untuk bisa meningkatkan visibilitas produk atau jasa secara organik. Kuncinya Anda harus mengelola konten yang dimiliki pada sebuah website dengan baik. Jika tak punya situs web, Anda bisa membuat sebuah landing page sederhana secara gratis, misalnya menggunakan beberapa portal Wix.com atau WordPress.com.

2.      Social Media Marketing

Jika sebelumnya Anda hanya mengetahui media sosial dapat dijadikan sebagai media promosi saja, berarti masih banyak hal yang perlu dipelajari dari keberadaan platform media sosial. Lebih dari sekadar untuk tempat berjualan, Anda tentunya bisa memanfaatkan media sosial untuk membangun kedekatan bersama audiens yang dapat dijadikan sebagai calon konsumen baru atau konsumen setia.

Social media marketing tentunya harus fokus pada personifikasi produk serta layanan yang Anda tawarkan. Jadi, jangan hanya menjadikannya sebagai etalase saja, tapi media sosial juga harus dijadikan sebagai ruang untuk berinteraksi bersama konsumen.

3.      Content Marketing

Jika produk atau layanan yang Anda tawarkan sudah memiliki profil pada situs web atau landing page, jangan berhenti sampai di situ saja. Sebab Anda harus memanfaatkan kekuatan content marketing, contohnya membuat blog dengan mengoptimalkan strategi SEO.

Baca juga:  Investasi Bitcoin Menggunakan Uang Dingin Sangat Aman untuk Pemula

Baca juga : Pentingkah Kuliah Bagi Seorang Entrepreneur? Simak Penjelasannya Di Sini!

Dengan demikian, pengguna internet bisa dengan mudah menemukan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Hal ini tentunya membuat Anda lebih mudah untuk memasarkan produk.

4.      Komunitas Online

Saat ini sudah banyak sekali bermunculan komunitas atau forum yang dilakukan secara online. Media ini tentu tak boleh dianggap remeh karena dapat dijadikan sebagai salah satu tempat untuk mengembangkan bisnis Anda. Anda tentunya bisa bergabung dengan berbagai komunitas online sesuai dengan bidang bisnis yang dimiliki. Dengan demikian, proses promosi bisa dilakukan dengan mudah dan tepat sasaran.

Nah, itulah ragam strategi digital marketing mudah yang bisa diterapkan dengan mudah pada UKM. Menarik sekali bukan? Melakukan promosi memang menjadi hal penting dalam menjalankan sebuah bisnis. Jika dilakukan dengan baik, bisnis kecil Anda bisa terus berkembang dan dikenal oleh masyarakat secara luas.

Tags: daftar strategi digital marketing strategi digital marketing strategi digital marketing 2022 strategi digital marketing 2023

Berikan komentar