Apa Penyebab Startup Lakukan PHK Massal?

Maraknya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang dilakukan oleh berbagai perusahaan startup saat ini tentu saja mengundang perhatian banyak kalangan. Bagaimana tidak? Perusahaan rintisan berbasis teknologi di masa pandemi sebelumnya berhasil mendapatkan keuntungan besar dan mencuri perhatian. Akan tetapi, sejumlah startup seperti SiCepat, Zenius, e-commerce JD.ID belum lama ini melakukan pemangkasan jumlah karyawan.

startup PHK massal

Penyebab startup lakukan PHK terhadap karyawannya pun memiliki alasan yang sangat beragam, mulai dari permasalahan kondisi ekonomi perusahaan yang lesu, kepentingan reorganisasi, hingga terkait dengan Sumber Daya Manusia (SDM). Hal-hal tersebut membuat sejumlah perusahaan startup melakukan pemangkasan jumlah karyawannya.

Hal Utama yang Membuat Startup Gagal Berkembang

Mendirikan perusahaan rintisan atau startup tentunya tidak cukup bisa membawa kesuksesan. Berbagai hal juga perlu diperhatikan untuk bisa meraih kesuksesan usaha yang sedang dirintis oleh para pelaku usaha. Oleh sebab itu, para pelaku usaha yang ingin bergerak di bidang teknologi kini harus mengenal dengan baik penyebab startup gagal berkembang.

Berbeda dengan mendapatkan keuntungan, gagalnya bisnis startup tentunya bisa dikatakan sebagai salah satu topik yang jarang diperbincangkan. Bila kesuksesan startup kabarnya cepat menyebar, sedangkan kegagalannya akan lebih mudah tenggelam. Padahal, kegagalan dalam berbisnis tentunya bisa menjadi dasar bagi para pengusaha untuk bisa menghindari hal tersebut.

Startup merupakan jenis perusahaan yang sangat bergantung pada pendanaan investor. Suntikan dana dari investor memang sangat berguna untuk mengembangkan bisnis rintisan berbasis teknologi. Akan tetapi, banyak startup yang tidak bisa mengelola keuangannya dengan baik. Selain itu, masih banyak penyebab kegagalan startup lainnya seperti tidak menyusun tim dengan tepat, tidak memenuhi kebutuhan pasar, dan sebagainya.

Penyebab Startup Lakukan PHK Karyawan

Salah satu upaya yang dilakukan oleh startup dalam agar bisa bertahan di balik krisis adalah dengan melakukan PHK karyawan. Namun, apa sebenarnya penyebab startup lakukan PHK karyawan? Simak informasinya di bawah ini.

Baca juga:  Seperti Apa Strategi Bisnis Waralaba yang Dijamin Cuan?

Produk Gagal Bersaing di Pangsa Pasar

Saat ini sudah mulai banyak bermunculan platform baru yang menawarkan berbagai macam hal-hal menarik. Dengan demikian para konsumen pun kini memiliki banyak pilihan. Akan tetapi, hal ini nyatanya dapat membuat sejumlah startup kehilangan pangsa pasar secara signifikan. Oleh sebabnya bisnisnya pun menjadi mengalami penurunan.

Mengalami Kesulitan Dana

Banyak juga startup yang kesulitan untuk mencari pendanaan baru karena investor menjadi lebih selektif dalam memilih startup. Hal tersebut dikarenakan saat ini investor lebih berhati-hati ketika mereka melakukan investasi, termasuk juga dalam menyuntikan dananya ke perusahaan rintisan berbasis teknologi.

Rata-rata perusahaan rintisan yang melakukan PHK terhadap karyawannya karena mentoknya pendanaan atau mereka tidak kunjung mendapatkan investasi. Oleh sebabnya mereka pun memutuskan untuk melakukan PHK guna memangkas jumlah SDM yang ada di perusahaannya.

Baca juga : 7 Cara Memulai Wirausaha Bagi Korban PHK Paling Ampuh

Kondisi Ekonomi yang Tidak Pasti

Saat ini makro ekonomi global pun dipenuhi dengan hal-hal yang tidak pasti. Dengan kondisi seperti ini, banyak investor yang menghindari pembelian sahan pada perusahaan startup dengan persepsi risiko tinggi. Terlebih lagi karena terjadinya kenaikan inflasi dan suku bunga di berbagai negara termasuk Indonesia.

Dalam kondisi ekonomi yang tidak pasti seperti sekarang ini, banyak investor yang memilih untuk tidak berinvestasi. Hal ini pun membuat perusahaan rintisan menjadi kesulitan mendapatkan suntikan dana dari investor.

Pasar Mulai Jenuh

Kehadiran promo dan diskon tentunya selalu menjadi daya tarik bagi konsumen ketika mereka melakukan kegiatan belanja atau mencoba suatu layanan. Bila aplikasi tidak memberikan diskon, maka jumlah pengguna aplikasi tersebut pun akan mengalami penurunan secara drastis. Budaya untuk mencoba layanan aplikasi pun menurun karena promo yang diberikan oleh startup mulai berakhir.

Baca juga:  Peluang Bisnis 2016 Yang Menjanjikan dan Berpotensi Menguntungkan

Toko Fisik Kembali Ramai

PAndangan pasca pandemi yang membuat pengguna digital masih tinggi pun mulai terbantahkan. Pasalnya, ketiga mobilitas dilonggarkan seperti sekarang ini banyak masyarakat yang memilih menggunakan kesempatan mereka untuk berbelanja di toko fisik. Hal ini pun terlihat dari banyaknya pusat perbelanjaan yang kembali ramai pengunjung.

Nah, itu dia ragam penyebab startup lakukan PHK terhadap karyawannya. PHK ini tentunya bukanlah solusi terbaik karena dapat membuat sejumlah orang kehilangan pekerjaannya.

Tags: apa Penyebab startup lakukan PHK Penyebab startup lakukan PHK

Berikan komentar