7 Cara Memulai Wirausaha Bagi Korban PHK Paling Ampuh

Cara memulai wirausaha bagi korban PHK – Tak ada karyawan manapun yang ingin di PHK. PHK atau Pemutusan Hubungan Kerja memang menjadi momok mengerikan bagi para pekerja khususnya karyawan. Karena PHK dapat memberikan berbagai dampak buruk salah satunya hilangnya sumber penghasilan utama. Terlebih bagi pekerja yang sudah berkeluarga, tentu kondisi pasca PHK dapat menimbulkan rasa stress dan khawatir tidak akan bisa mendapat pekerjaan baru. Namun ternyata tak selamanya PHK membawa dampak buruk. Jika Anda menjadi salah satu korban PHK, bangkitlah! Segera perbaiki diri dan kembali memulai segalanya dari nol, salah satu caranya adalah dengan mencoba berwirausaha. Lantas bagaimana cara memulainya?

1. Yakinkan Diri Anda

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum memulai membuka suatu usaha adalah yakinkan diri Anda. Karena segala sesuatu harus didasari dengan niat dan hati yang mantap, apabila Anda sendiri merasa tidak yakin lalu bagaimana Anda akan memulai membangun usaha ini? Oleh karena itu, meyakinkan diri untuk bangkit dan mau untuk memulai segalanya dari awal lagi adalah hal yang wajib untuk Anda lakukan. Jika hati Anda tidak yakin dan mantap, bukan tak mungkin kedepannya usaha Anda tak akan berjalan mulus sesuai dengan harapan atau malah berhenti di tengah jalan.

2. Meminta Dukungan Orang Terdekat

Anda baru saja menjadi korban PHK lalu memutuskan untuk bangkit dan berniat merintis sebuah usaha. Cara memulai wirausaha bagi korban PHK yang tak kalah penting adalah meminta dukungan orang-orang terdekat seperti keluarga. Pasalnya keluarga adalah elemen penting bagi kehidupan seseorang, untuk itu keluarga dapat menjadi pendukung baik dari segi materiil maupun non materiil. Mintalah dukungan dari keluarga Anda, agar kedepannya usaha yang Anda bangun dapat berjalan lancar dan sukses.

3. Manfaatkan Uang Pesangon untuk Modal Usaha

Buat perencanaan keuangan

Beberapa perusahaan umumnya akan memberikan uang pesangon bagi para karyawannya yang terkena PHK. Uang pesangon ini dapat dimanfaatkan sebagai modal usaha Anda, sehingga Anda tak perlu mengeluarkan uang dari tabungan untuk modal usaha. Jika Anda sudah menentukan jenis bisnis apa yang akan Anda jalani, tentu Anda sudah memiliki gambaran mengenai peralatan serta bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan untuk kelengkapan usaha Anda. Anda dapat melakukan survey harga di pasaran dan mencari dimana toko yang menjual peralatan serta bahan-bahan termurah. Setelah survey harga Anda dapat menentukan berapa kisaran anggaran modal yang perlu Anda persiapkan.

4. Belajar Kewirausahaan dan Administrasi

Selain mempersiapkan modal, Anda juga perlu untuk menguasai hal mengenai kewirausahaan dan juga administrasi. Meskipun usaha Anda bukan usaha skala besar, Anda tetap perlu mempersiapkan hal ini. Karena dengan mempelajari mengenai kewirausahaan dan administrasi, Anda akan mengerti bagaimana melakukan pencatatan administrasi yang benar. Jika Anda memahami administrasi, usaha Anda akan berjalan dengan lancar dan segala segala bentuk transaksi baik itu pengeluaran atau pemasukan dapat dikontrol dengan baik serta efektif.

5. Pilih Usaha Sesuai Passion

Cara memulai wirausaha bagi korban PHK selanjutnya adalah memilih usaha yang sesuai dengan passion. Mungkin dulu saat Anda bekerja sebagai karyawan, pekerjaan yang Anda lakoni tidak sesuai dengan passion yang Anda miliki. Sisi baiknya dari PHK yang Anda terima, Anda kini dapat membuka usaha sesuai dengan passion.

Karena ternyata passion memiliki peran cukup penting dalam hal bisnis. Jika suatu bisnis didasari dengan passion maka apapun yang dilakukan akan terasa menyenangkan dan tidak akan menjadi suatu beban. Contohnya saja Anda hobi memasak dan merasa bahwa passion Anda berhubungan dengan bidang kuliner, tak ada salahnya untuk membuka bisnis kuliner seperti kafe, warung makan, atau sekedar cemilan-cemilan kekinian. Tentu sangat menyenangkan jika passion dapat tersalurkan dan juga dapat dijadikan ladang penghasilan menguntungkan.

6. Jangan Takut Gagal

Peralihan pekerjaan dari seorang karyawan menjadi wirausaha tentu bukanlah hal yang mudah, terlebih jika hal ini mungkin didasari karena keterpaksaan karena menjadi korban PHK. Jika saat menjadi karyawan Anda hanya perlu menyelesaikan tugas-tugas yang telah diberikan kepada Anda, lain halnya saat Anda menjadi wirausaha. Anda dituntut untuk selalu kreatif dan melakukan apapun yang terbaik demi keberlangsungan usaha milik Anda. Tak sedikit rintangan yang pasti datang menghadang dan dapat meruntuhkan tekad Anda. Namun jika sedari awal Anda sudah merasa yakin, berani mengambil risiko dan tidak takut akan kegagalan yang mungkin dapat terjadi sewaktu-waktu, maka percayalah lambat laun kesuksesan pasti dapat Anda raih.

7. Tentukan Visi dan Misi

Yang terakhir dan tak kalah penting adalah menentukan apa visi dan misi usaha Anda. Visi dan misi sangat penting karena dapat menentukan kemana arah tujuan bisnis Anda kedepannya. Tak mengapa jika bisnis Anda bukanlah bisnis besar, karena Anda tetap harus menetapkan pencapaian dan target yang jelas. Tanpa pondasi visi dan misi, Anda akan kesulitan mencapai tujuan dan target usaha Anda.

Itulah 7 cara memulai wirausaha bagi korban PHK. Bagaimana, Anda sudah siap untuk menjadi seorang wirausaha sukses?

 

Загрузка...

Tags: bagaimana Cara memulai wirausaha bagi korban PHK Cara memulai wirausaha bagi korban PHK memulai wirausaha bagi korban PHK tips memulai wirausaha bagi korban PHK trik memulai wirausaha bagi korban PHK

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar