5 Ide Bisnis untuk Pecinta Traveling, Wajib Coba!

Ide bisnis untuk pecinta travelingTraveling merupakan kegiatan yang pasti disukai banyak orang. Bagaimana tidak, traveling menjadi cara ampuh me-refresh ­pikiran bagi mereka yang merasa jenuh dan penat dengan pekerjaan. Namun siapa sangka, kegiatan menyenangkan ini dapat dijadikan ladang bisnis yang cukup menguntungkan! Karena faktanya, traveling juga membutuhkan biaya yang tak sedikit bukan? Bukankah jauh lebih menyenangkan jika dapat membuka bisnis yang berawal dari hobi? Traveler, yuk intip 5 bisnis yang bisa Anda coba berikut ini.

1.      Travel Vlogger

Ide bisnis untuk pecinta traveling yang satu ini sedang hits dan menjadi tren akhir-akhir ini. Tak heran, karena menjadi seorang travel vlogger memang sangat menyenangkan. Selain dapat berjalan-jalan mengunjungi tempat baru, Anda dapat menghasilkan pundi-pundi uang dengan cara yang terbilang cukup mudah dan kekinian. Travel vlogger umumnya merekam segala aktivitas berlibur mereka, lalu video tersebut melewati proses editing terlebih dahulu sebelum akhirnya diunggah di sosial media seperti Youtube maupun Instagram. Kedua platform ini banyak dipilih karena dapat menghasilkan keuntungan yang terbilang cukup besar.

Karena nanti jika Anda berhasil menjadi travel vlogger terkenal, siap-siap untuk menerima tawaran dari berbagai hotel maupun jasa travel yang berniat menyewa Anda untuk mempromosikan produk mereka. Cara itulah yang dipakai untuk mendatangkan pundi-pundi uang bagi para travel vlogger. Kuncinya adalah selalu konsisten dengan konten yang Anda unggah. Ciptakan keunikan tersendiri yang hanya bisa didapatkan di Youtube channel maupun Instagram account milik Anda, sehingga para penonton Anda tak akan bosan dan selalu menunggu video-video terbaru dari Anda.

2.      Travel Planner

Berbekal pengalaman traveling yang Anda miliki, tak ada salahnya mencoba menjadi seorang travel planner. Anda bisa membuka jasa travel planner sendiri, jika memungkinkan Anda juga bisa menemani perjalanan para customer Anda. Lebih baik untuk membuka trip wisata di tempat-tempat yang sudah pernah Anda kunjungi sebelumnya, agar Anda lebih menguasai lokasi dan juga bagaimana akses jalan menuju lokasi. Namun Anda tentu harus pandai dalam mencari transportasi serta penginapan yang harganya masih tergolong murah dan terjangkau. Selain itu perhatikan pula initierary trip, harga tiket masuk dan biaya-biaya lain yang tak boleh lupa masuk dalam perhitungan.

3.      Travel Blogger

Selain travel vlogger dan travel planner, travel blogger juga bisa Anda jadikan ladang uang. Jika travel vlogger mengandalkan Youtube maupun Instagram, travel blogger lebih mengandalkan blog milik mereka. Terlebih jika Anda tertarik di dunia menulis maupun fotografi, ide bisnis yang satu ini sangat cocok bagi Anda. Hanya dengan bermodalkan foto-foto dan skill menulis, tak sedikit dari para travel blogger yang berhasil sukses dan menghasilkan uang yang bahkan lebih besar dari gaji bulanan para pekerja kantoran. Yang terpenting adalah konten blog Anda harus dibuat semenarik mungkin, karena kini tak jarang pula hotel-hotel maupun jasa travel yang membayar travel blogger untuk mempromosikan produk mereka.

4.      Jasa Titip

Jasa Titip

Jasa titip juga dapat menjadi ide bisnis untuk pecinta traveling yang bisa Anda coba. Bisnis yang satu ini tergolong mudah dan bisa dilakukan siapa saja. Misalnya saja Anda akan bepergian ke suatu tempat, Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu mengenai cinderamata atau oleh-oleh khas di lokasi tersebut. Setelah itu Anda bisa membuat list sekiranya apa saja cinderamata menarik yang layak jual dan banyak peminatnya. Contohnya Anda akan bepergian ke Singapura, dan Singapura identik dengan patung singanya yang menjadi ciri khas Negara tersebut. Anda bisa membuka jasa titip baju, gantungan kunci, tas, ataupun makanan-makanan khas Singapura. Tak perlu membuka jasa titip barang-barang berukuran besar, pilih barang-barang yang bisa dengan mudah Anda bawa. Dari jasa titip tersebut Anda dapat mengambil keuntungan beberapa persen dari harga asli barang.

5.      Jasa Sewa Alat-Alat Kebutuhan Traveling

Karena hobi Anda berjalan-jalan, tentu Anda juga tau persis apa saja kebutuhan yang harus dipersiapkan sebelum traveling baik itu di dalam maupun luar negeri. Bahkan tak jarang para traveler lebih memilih untuk menyewa alat-alat traveling daripada harus membeli setiap kali mereka pergi berjalan-jalan. Situasi ini dapat Anda jadikan kesempatan emas untuk membuka jasa sewa alat-alat kebutuhan traveling. Terdapat berbagai macam barang dan alat kebutuhan traveling yang bisa disewakan, seperti tas backpacker, koper, bahkan kamera juga bisa Anda sewakan.

Tips Sebelum Mulai Berbisnis!

Bagi para traveler yang berniat ingin memulai bisnis ini, tentukan dulu bisnis apa yang sekiranya cocok dengan Anda. Jangan sampai setelah sudah terjun baru menyadari bahwa Anda melakukan kesalahan besar yaitu salah dalam menentukan bisnis. Selain itu, pikirkan lagi keuntungan dan kerugian apa yang akan Anda dapatkan jika menggeluti bisnis tersebut. Jika Anda merasa kurang sreg, maka sebaiknya beralih ke opsi bisnis lainnya.

Demikianlah 5 ide bisnis untuk pecinta traveling yang wajib Anda coba. Anda tertarik yang mana?

Загрузка...

Tags: Ide bisnis untuk pecinta traveling Ide bisnis untuk pecinta traveling 2020 Ide bisnis untuk pecinta traveling terbaru

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar