Begini Cara Mengatasi Ketakutan Saat Mempromosikan Diri di Dunia Kerja

Cara mengatasi ketakutan saat mempromosikan diri – Apakah Anda seorang introvert? Orang yang terlahir dengan sifat introvert cenderung pemalu dan tak banyak bicara. Bahkan saat harus dihadapkan dengan sekumpulan orang yang sedang rapat, introvert lebih memilih untuk diam mendengarkan daripada harus berbicara menyampaikan pendapat.

Bukan tak mungkin, keadaan tersebut dapat menghambat kemajuan karir para introvert, mengapa? Contoh saja saat mendapat panggilan interview kerja di suatu perusahaan, tentu mau tak mau harus dapat berbicara serta mempromosikan diri dengan baik bukan? Bagi seorang introvert tentu hal ini tak mudah untuk dilakukan, oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi ketakutan saat mempromosikan diri. Tak perlu khawatir, simak strategi jitunya dibawah ini!

Hilangkan Rasa Minder

minder

minder

Memang tak semua, namun umumnya introvert cenderung merasa minder dengan kemampuan orang lain, merasa tak yakin dengan kemampuan diri sendiri. Padahal faktanya, introvert sama saja seperti orang lain, dianugerahi dengan kemampuan yang luar biasa. Memang introvert tak banyak bicara, namun sekalinya diajak untuk berdiskusi, jangan kaget dengan pemikiran luas para introvert. Oleh karena itu tak ada gunanya merasa minder, buang jauh-jauh perasaan tersebut. Yakin bahwa Anda mampu, percaya akan kemampuan Anda. Ada baiknya sebelum menghadiri interview kerja, persiapkan terlebih dahulu jawaban-jawaban yang sekiranya muncul pada sesi wawancara. Tak perlu minder! Dengan berbekal kemampuan yang Anda miliki, yakinlah bahwa Anda memang pantas mendapatkan posisi tersebut.

Gali Lebih Dalam Bakat dan Kemampuan Anda

Setelah menjauhkan rasa minder, langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan guna mengatasi rasa takut saat mempromosikan diri adalah dengan menggali lebih dalam bakat dan kemampuan Anda. Karena sejatinya rasa takut tersebut berasal dari dalam pikiran Anda, “bagaimana jika saya tak pantas menempati jabatan ini? Bagaimana jika pelamar lain memiliki bakat yang lebih menonjol daripada saya?” dan pikiran-pikiran lain semacam itu perlu untuk dibuang jauh-jauh. Agar Anda merasa yakin, coba duduk sejenak dan berpikirlah, apa bakat dan kemampuan yang benar-benar Anda kuasai? Jika bakat dan kemampuan tersebut relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar, tak perlu ragu untuk “membanggakan diri” di depan para rekruter.

Cari Akar Ketakutan Anda

Cara mengatasi ketakutan saat mempromosikan diri lainnya adalah dengan mencari akar dari rasa takut Anda. Mungkin saja akar ketakutan Anda bukanlah perihal kemampuan yang Anda miliki, namun berasal dari hal-hal lain misalnya saja dari segi fisik. Anda merasa bahwa Anda tak cukup menarik sehingga membuat para rekruter mengurungkan niat untuk mempekerjakan Anda, atau ketakutan-ketakutan lain yang dapat menghambat Anda untuk merasa yakin pada diri sendiri. Yang perlu Anda lakukan adalah mencari akar dari ketakutan tersebut, ibarat sebuah pohon, jika kita mencabut akar pohon maka seluruh bagian pohon juga ikut tercabut bukan?

Stay Focus!

Orang dengan sifat introvert umumnya cenderung tak bisa memberikan respon cepat saat orang lain melontarkan pertanyaan kepada dirinya. Mereka membutuhkan waktu untuk mencerna kalimat, barulah mereka dapat memberikan jawaban yang tepat. Untuk mengatasi hal seperti ini terjadi saat nanti sesi wawancara kerja berlangsung, yang perlu dipersiapkan adalah telinga yang tajam serta pikiran yang fokus. Saat rekruter melontarkan pertanyaan kepada Anda, dengarkan baik-baik dan jangan pikirkan hal-hal lain, just stay focus!

Terus Berlatih dan Berlatih

Cara mengatasi ketakutan saat mempromosikan diri yang satu ini tak kalah ampuh, yaitu dengan berlatih dan terus berlatih. Misalnya saja berlatih berbicara dengan merekam diri Anda berbicara di depan cermin. Dengan melihat hasil rekaman tersebut, Anda dapat menganalisa dimana letak kekurangan Anda, apakah berbicara terbata-bata atau malah terlalu cepat, atau mungkin gesture tubuh Anda kurang pas, dan hal-hal lainnya yang bisa Anda evaluasi untuk memperbaiki rasa percaya diri. Anggap saja pantulan cermin tersebut adalah orang-orang yang nantinya akan berhadapan dengan Anda, sehingga Anda akan merasa terbiasa dan rasa gugup perlahan-lahan bisa dihilangkan.

Demikianlah cara mengatasi ketakutan saat mempromosikan diri yang bisa Anda coba. Dengan memberanikan diri keluar dari zona nyaman sudah termasuk awal yang baik bagi Anda si introvert. Untuk itu tak perlu merasa minder dan takut, karena terlahir dengan sifat introvert bukanlah sebuah kelemahan.

Загрузка...

Tags: Cara mengatasi ketakutan saat mempromosikan diri mengatasi ketakutan saat mempromosikan diri tips mengatasi ketakutan saat mempromosikan diri

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar