Pengertian Industri Kreatif: Definisi, Contoh dan Tips Memulainya

Semenjak era digitalisasi, istilah industri kreatif semakin menggema dibicarakan. Banyak orang yang mulai terjun ke industri kreatif dan menjadikannya sebagai sumber penghasilan. Bahkan, negara pun sangat mendukung perkembangan industri kreatif untuk lebih maju ke arah positif. Lantas, apa sih yang dimaksud dengan industri kreatif? Nah dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian industri kreatif, mulai dari definisi, contoh dan tips untuk memulainya.

Industri Kreatif

Industri Kreatif

Pengertian Industri Kreatif

Sederhananya, industri kreatif adalah sektor bisnis yang sangat mengandalkan kreativitas. Bisnis ini hadir dan tercipta dari talenta-talenta kreatif menggunakan skill unik yang dimiliki. Terkadang, industri kreatif tidak hanya menghasilkan produk fisik saja. Beberapa produk berbentuk digital dan tetap laris di pasaran. Meskipun berbeda secara kemasan, selama ada sentuhan kreativitasnya maka produk fisik dan digital tetap dianggap sebagai bagian dari industri kreatif.

Karena bertumpu pada kreativitas, sektor industri ini sangat tergantung pada kualitas SDM-nya. Oleh karena itu setiap perusahaan di industri kreatif terus berlomba menyaring SDM dan memilih calon-calon yang terbaik. Merekalah yang akan meramaikan persaingan kreatif dan saling adu gagasan dengan SDM yang lainnya.

Beberapa Contoh Industri Kreatif

Setelah mengetahhui pengertian industri kreatif, sekarang kita akan membahas beberapa contoh industri kreatif. Berbekal contoh di bawah ini, Anda bisa menjadikannya sebagai inspirasi untuk memulai bisnis.

1. Produk-Produk Crafting

Produk crafting adlaah contoh yang paling sesuai untuk menggambarkan sektor industri kreatif. Produk crafting sudah pasti membutuhkan kreativitas mulai dari proses hingga hasil akhir penjualannya. Saat ini, barang-barang crafting cukup diminati oleh para pelanggan. Misalnya, hasil karya dari bunga kering, modifikasi casing HP dan lain sebagainya.

2. Industri Periklanan

Industri iklan menjadi contoh lain dari sektor bisnis kreatif. Dalam perkembangannya, iklan kini dikemas dengan cara yang lebih menarik. Skenarionya lebih matang dan eksekusinya tepat sehingga menghasilkan hasil akhir yang memuaskan.

Setidaknya ada beberapa hal yang dibutuhkan dalam pembuatan iklan kreatif. Pertama, harus bersifat persuasif, menyasar target pasar yang tepat, mengandung unsur hiburan dan menambah tingkat engaging. Nah dalam melakukan hal tersebut maka dibutuhkanlah ide-de kreatif dari SDM berkualitas.

3. Film dan Video

Tanpa memahami pengertian industri kreatif, Anda pun pasti sudah paham jika fim dan video termasuk ke dalam sektor bisnis ini. Film dan video mampu menampilkan hiburan audio-visual denngan kemasan yang sangat fleksibel. Film bisa dibawa ke arah yang lebih serius, santai, komedi, atau tergantung dari target penonton yang diinginkan.

Nah, tantangan untuk membuat film dan video terletak pada konsep dan penanaman ide. Pembuat film harus berfikir keras untuk menciptakan karya, yang terlihat unik sehingga disukai oleh penontonnya. Nah, jika eksekusinya berhasil maka bukan tidak mungkin sebuah film dan video bisa membantu sektor ekonomi kecil.

4. Musik

Musik menjadi sektor industri kreatif yang sudah berlangsung sejak lama. Musik merupakan wadah seniman untuk mengekspresikan kreativitas yang mereka miliki. Awalnya, musik mungkin dipakai sebagai media hiburan dan alat propaganda. Namun di zaman sekarang, penggunaan musik cenderung lebih fleksibel dan mengarah untuk kebutuhan komersil.

5. Desain

Kebutuhan akan desain grafis semakin meningkat di era digitalisasi. Lihatlah bagaimana semua perusahaan terus berlomba menciptakan desain untuk menarik perhatian. Kebutuhan desain ini dipakai untuk beberapa hal, seperti membangun logo, membuat promosi, mempercantik website dan lain sebagainya.

Baca juga : Penting Tidak Jualan Harus Punya Website? Ketahui Jawabannya Disini!

Tips Memulai Bisnis Kreatif

Untuk memulai bisnis kreatif ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan, seperti:

1. Kreativitas

Yang pertama tentu saja kreativitas. Kreativitas adalah kunci utama untuk mengembangkan sektor bisnis kreatif. Pemikiran yang kreatif mampu menghasilkan ide unik dalam menciptakan inovasi baru.

2. Pemanfaatan Media Sosial

Bisnis kreatif tak akan lepas dari peran media sosial. Faktanya, media sosial lah yang berhasil membesarkan industri kreatif sehingga membuatnya selangkah lebih maju. Dalam industri kreatif, media sosial banyak dipakai untuk campaign, promosi, pemasaran dan lain-lain.

3. Pemanfaatan Teknologi

Teknologi banyak berperan penting dalam perkembangan industri kreatif. Faktanya, peran teknologi hampir berguna di semua bidang industri , termasuk untuk memajukan sektor bisnis ini.

Itulah penjelasan dan pengertian industri kreatif, semoga bermanfaat.

Tags: pengertian industri kreatif pengertian industri kreatif terbaru

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar