Tips Memulai Bisnis Jual Beli HP Seken agar Sukses dengan Cepat

Smartphone atau HP menjadi kebutuhan primer di masyarakat. Hampir semua orang memiliki HP, baik sebagai hiburan ataupun alat untuk bekerja. Situasi ini akhirnya dimanfaatkan orang untuk memulai bisnis mereka. Misalnya, memulai bisnis jual beli HP seken dengan prospek pendapatan yang lumayan tinggi. Jika tertarik dengan bisnis ini, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

bisnis jual beli HP seken

Memahami Produk HP yang akan Dijual

Bagi seorang pebisnis, memahami produk yang akan dijual sangatlah penting dilakukan.  Anda bisa memulainya dengan menghafal produk-produk HP yang akan dijual ke masyarakat. Seperti kita tahu, smartphone punya variasi yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut terletak pada jenis merk, spesifikasi, harga dan sistem operasional. Nah hal tersebutlah yang harus dikuasai sebelum Anda benar-benar terjun ke dalam bisnis ini.

Pemahaman akan produk HP bisa mempengaruhi penjualan. Mengapa demikian? Pertama, Anda tidak akan salah dalam menentukan harga jual. Kedua, konsumen lebih mempercayai penjual yang terlihat meyakinkan. Bayangkan jika konsumen ingin membeli HP dan menanyakan beberapa pernyataan. Jika Anda tak bisa menjawabnya, ada kemungkinan bahwa konsumen tersebut jadi ragu untuk membeli di tempat Anda.

Update dengan Harga Jual

Tips kedua memulai bisnis jual beli HP seken adalah selalu update dengan harga terbaru. Harga produk HP tidak selalu sama setiap waktu. Lambat laun harganya akan turun mengikuti trend pembeli di pasar internasional. Oleh karena itu, Anda tidak bisa menerapkan harga yang sama kepada satu merk HP dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal tersebut akan menghambat penjualan dan juga bisnis Anda.

Di sisi lain, penurunan harga HP ini bisa dimanfaatkan untuk berburu produk baru. Misalnya, Anda masuk ke forum jual beli online dan mencari HP dengan merk tertentu. Jika sudah dapat, maka Anda bisa menjualnya kembali dengan opsi harga yang lebih tinggi.

Jual Produk HP Resmi

Ketiga, juallah produk HP resmi yang punya izin edar di Indonesia. Pasar black market HP memang menggiurkan dengan penawaran harga yang sangat miring. Hanya saja, kita tidak bisa menjamin kualitasnya sehingga bisa mengancam reputasi bisnis. Sering kali produk HP black market mengalami kerusakan sangat cepat meskipun baru dipakai beberapa hari.

Di sisi lain, pemerintah menerapkan aturan yang ketat dalam peredaran HP. HP yang terindikasi illegal akan langsung diblokir sehingga mengurangi fungsi utamanya. Hal seperti ini tentu menjadi penghambat besar untuk Anda melakukan penjualan.

Memperhitungkan Modal Awal

Keempat, hitunglah kebutuhan modal untuk memulai bisnis jual beli HP seken. Besarnya modal akan tergantung dari target bisnis yang diinginkan. Namun, beberapa hal yang pasti dibutuhkan adalah dana untuk membeli HP seken, sewa tempat, promosi, distribusi, operasional dan lain-lain. Jumlah modal tersebut mungkin bisa mencapai jutaan hingga puluhan juta rupiah.

Sebenarnya ada beberapa cara tertentu untuk menghemat pengeluaran modal. Misalnya, menggunakan tempat pribadi dan menjual HP secara online. Dengan cara ini Anda tak perlu menyewa kios dan meminimalisir kebutuhan modal. Tinggal maksimalkan saja strategi promosi untuk mendapatkan lebih banyak konsumen.

Baca juga : Cara Mudah Daftar Kartu Prakerja Lewat Hp

Tentukan Lokasi Kios yang Strategis

Berjualan HP online memang lebih murah secara pengeluaran modal. Hanya saja Anda akan mengandalkan konsumen online saja yang jumlahnya tidak pernah pasti. Oleh karena itu, jika memiliki modal lebih maka disarankan untuk membuka kios di tempat strategi. Cara ini memungkinkan Anda untuk menjuall HP secara konvensional ataupun menjualnya  secara online.

Dalam menentukan lokasi kios ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Misalnya, kios harus berlokasi di tempat yang strategi dan mudah diakses oleh pembeli. Tempat seperti ini cocok di beberapa area seperti pusat keramaian, pinggir jalan, pusat perbelanjaan dan lain-lain.

Jual di Media Sosial

Tips terakhir memulai bisnis jual beli HP seken adalah mengoptimalkan media sosial. Rata-rata pemburu HP seken berkumpul di grup-grup khusus yang ada di media sosial. Misalnya, grup jual beli HP seken Facebook atau forum-forum diskusi online. Nah, cobalah untuk join ke grup tersebut dan mulai melakukan penawaran.

Tags: bisnis jual beli HP seken daftar bisnis jual beli HP seken

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar