6 Artis yang Gagal Bisnis dan Pernah Bangkrut

Artis yang gagal bisnis – Artis selalu menjadi sorotan masyarakat awam dimana banyak yang menganggap bahwa dengan kepopuleran, mereka bisa mendapatkan apa yang mereka mau. Anggapan tersebut salah karena faktanya banyak artis yang harus menelan pil kegagalan terutama dalam berbisnis. Nyatanya populer saja tidak cukup untuk menggeluti bisnis ini namun juga dibutuhkan mental dan strategi bisnis yang tepat. Tidak hanya ada satu dua artis yang gagal dalam menggeluti bisnis namun ada beberapa artis yang gagal bisnis dan harus menelan kerugian yang tidak sedikit. Berikut ini adalah beberapa daftar artis yang mengalami kegagalan bisnis:

Nagita Slavina

Gigi Eat Cake

Gigi Eat Cake

Pasti setiap orang tidak menyangka jika istri Raffi Ahmad satu ini pernah mengalami kegagalan bisnis. Bisnisnya tidak bisa berjalan seperti harapannya. Bisnis miliki Gigi yang mengalami kegagalan adalah Bakmi RN atau Raja Nikmat yang mana saat dibuka memiliki banyak peminat, gerai dari bakmi RN pun tersebar di beberapa kota besar Indonesia. Sayangnya beberapa bulan belakangan ini beberapa gerai sudah tutup dan hanya menyisakan satu gerai saja di Season City Mall Jakarta Barat.  Tidak hanya bisnis bakmi saja yang mengalami kegagalan namun bisnis kue kekinian Gigi bernama Gigi Eat Cake atau biasa disebut Gigiet juga mengalami kegagalan.

Chef Juna

Chef Juna

Chef Juna

Artis yang gagal bisnis selanjutnya adalah Chef Juna. Banyak orang tahu aksi dari artis satu ini saat menjadi program juri masak. Ternyata gertakannya tidak membuat bisnis kuliner yang dijalankannya berjalan dengan lancar. Restoran Correlate milik Chef Juna terpaksa harus bangkrut karena kurangnya peminat. Ketika masih buka restoran menawarkan menu makanan khas Jepang. Setelah berjalan 1 tahun tidak ada perkembangan yang positif hingga membuat restoran ini harus tutup.

Baim Wong

Baim Wong yang menikah dengan Paula Verhoeven pernah menggeluti bisnis bakmi yang diberikan nama Bakmi Wong. Sempat membuat heboh di bilangan Depok nyatanya bisnis Baim Wong tidak berjalan dengan lancar.  Selain Depok kedai ini juga memiliki cabang di Bintaro dan Bendungan Hilir. Dalam bisnisnya, Baim Wong menyajikan semangkuk mie dengan ayam cincang, bakso, dan pangsit yang nyatanya rasa dari mie ini masih kalah dengan kaki lima. Sampai saat ini tidak diketahui apa masalah yang membuat mie ini harus ditutup secara permanen.

Ayu Ting-Ting

Ayu Ting-Ting

ATT atau Ayu Ting-Ting sempat membuat heboh dengan kue kekiniannya.  Ayu melabeli brand miliknya dengan nama Kuenya Ayu Ting-Ting dan dibuka pada November 2017 silam. Kue kekinian yang dibuatnya sering di review oleh Food Vlogger dan banyak komentar negatif didapatkan. Kue milik Ayu dianggap biasa saja dan kurang enak. Saat pertama buka memang banyak antre pembeli bahkan Ayu membuka beberapa cabang di Depok, Tangerang, dan Bekasi, sayangnya umur bisnis ini tidak panjang. Nama besar Ayu tidak menjadi jaminan kesuksesannya, ia pun harus rela menutup satu per satu outlet miliknya.

Manohara Odelia

Tentu artis satu ini sudah tidak asing lagi di dunia hiburan. Manohara yang pernah mengalami KDRT dengan pangeran Kelantan ini berhasil menyita perhatian masyarakat Indonesia.  Setelah terjun ke dunia acting Manohara mencoba berbisnis kosmetik namun sayangnya usaha bisnisnya ini gagal dan tidak berkembang dengan baik. Banyaknya konflik membuat bisnisnya terpaksa gulung tikar.  Konflik yang dialaminya adalah konflik dengan pihak marketing, perencanaan produk, sampai modal pengetahuan yang kurang tentang kosmetik membuatnya harus undur dari bisnis ini.

Dude Harlino

Nama Dude Harlino tentu sudah sangat familiar di telinga masyarakat Indonesia, hal itu dikarenakan artis satu ini sudah lama berkiprah di dunia entertain. Selain menggeluti seni peran artis satu ini juga menggeluti dunia bisnis. Bisnis yang di geluti adalah bisnis restoran dengan brand Sushi Miyabi. Restoran tersebut digeluti bersama dengan rekan artis lainnya seperti Christian Sugiono, Teuku Wisnu, dan lain sebagainya. Dengan modal urunan dan dikelola artis ternama nyatanya tidak membuat restoran ini bisa bertahan lama. Bahkan ulasan dan rating yang diperolehnya cukup rendah yaitu di bawah angka 3 dari 5 bintang.

Pembelajaran yang Bisa Diambil

Jika Anda masih berpikiran sama, berbisnis harus dengan modal ketenaran maka hal tersebut salah. Nyatanya banyak artis yang gagal bisnis hanya dengan berbekal ketenaran saja. Berkaca pada kegagalan bisnis yang dialami oleh artis tersebut bisa diambil pembelajaran bahwa menjalani bisnis ini tidak mudah. Menjadi pebisnis harus memiliki mental dan tekad baja, sikap tidak mudah menyerah, dan harus tahu bagaimana menggeluti bisnis yang baik.  Dari kisah artis yang gagal bisnis di atas bisa dipelajari beberapa hal yang membuat bisnis mengalami kegagalan. Kegagalan yang pertama karena ekspansi bisnis yang terlalu agresif, dimana pembukaan cabang baru di kota atau wilayah lainnya begitu mudah dan sering dilakukan, Ekspansi ini tidak mudah karena membutuhkan modal yang besar dan perencanaan yang matang.

Penyebab kedua kurangnya perencanaan dan pengetahuan tentang bisnis yang dijalani sehingga bisnis tidak memiliki arah yang jelas. Beberapa penyebab yang lainnya adalah tim yang kurang solid sehingga menyebabkan perpecahan atau konflik, produk yang kurang menarik dan kurang inovatif, selain itu yang terakhir adalah analisa usaha yang salah.

Demikianlah beberapa daftar artis yang gagal bisnis yang kisahnya bisa dijadikan sebagai bahan pembelajaran, semoga informasi ini bermanfaat.

Загрузка...

Tags: Artis yang gagal bisnis daftar Artis yang gagal bisnis siapa saja Artis yang gagal bisnis

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar