6 Alasan Mengapa Harus Kuliah Jurusan TI

Alasan mengapa harus kuliah jurusan TI – Bagi anak SMA yang sudah mau lulus tentu bingung mau meneruskan kuliah dimana karena banyaknya jurusan kuliah yang ada. Sebagai solusi Anda bisa mengambil jurusan TI. Memang jurusan TI ini ditawarkan oleh banyak kampus dan hampir semuanya menjadi jurusan favorit di perguruan tinggi. Banyak hal menarik yang akan Anda pelajari jika mengambil jurusan TI ini dimana TI ini juga tidak pernah terlepas dari teknologi, informasi, dan juga komputer. Ketiga hal tersebut sangat dibutuhkan terutama di zaman yang semakin modern seperti saat ini. Selain hal tersebut ada beberapa alasan mengapa harus kuliah jurusan TI seperti berikut ini:

Lapangan Kerja Banyak

Alasan mengapa harus kuliah jurusan TI pertama adalah lapangan kerja yang banyak. Jika Anda sedang mencari jurusan yang paling prospektif maka jurusan TI adalah jawabannya. Di era digital dan modern seperti saat ini memang banyak yang membutuhkan jasa TI untuk perusahaan atau untuk bisnis mereka sehingga tidak mengherankan jika di informasi selalu tertulis lulusan S1 atau D3 Teknik Informatika. Dengan realita tersebut tidak mengherankan jika banyak perguruan tinggi yang berlomba-lomba dalam menerima mahasiswa jurusan Teknik Informatika tersebut.

Meski terlihat sangat menggiurkan Anda tetap harus selektif dalam memilih universitas jangan sampai hanya gara-gara kampus yang kurang kredibel membuat Anda kesulitan dalam mencari pekerjaan. Minimal akreditasi kampus haruslah B begitu pula dengan akreditasi jurusan agar mencari pekerjaan Anda semakin mudah.

Bisa Menjadi Pebisnis Sukses

Alasan mengapa harus kuliah jurusan TI selanjutnya adalah bisa menjadi pebisnis sukses. Saat ini banyak bisnis berbasis teknologi yang digeluti oleh ahli TI. Faktanya di lapangan sudah banyak pebisnis dengan background TI yang sukses dengan bisnis mereka. Bisnis yang bisa digeluti oleh anak TI adalah startup, tools, developing software, dan masih banyak lagi lainnya. Semakin kreatif dan inovatif dalam menganalisa peluang Anda akan mudah untuk menemukan bisnis yang cocok dengan passion Anda.

Mendapatkan Gaji yang Menarik

Salah satu hal yang bisa Anda dapatkan dengan mengambil jurusan di TI adalah Anda akan mendapatkan gaji yang menarik. Hampir setiap project yang dikerjakan oleh anak TI akan di banderol dengan biaya yang fantastis dimana semakin rumit projectnya maka semakin besar biaya yang harus dibayarkan oleh klien.

Lingkup Pekerjaan yang Luas

Anda yang mengambil jurusan TI akan memiliki kesempatan untuk bekerja di bidang yang lebih luas. Anda bisa bekerja di bank, rumah sakit, perusahaan swasta, hotel, Dinas Pemerintahan, dan lain sebagainya. Hal tersebut membuktikan bahwa lingkup kerja dari lulusan TI ini sangat luas, bahkan posisi pekerjaan yang bisa diduduki oleh lulusan TI ini pun beragam mulai dari junior programmer, full-stack programmer, developer, desainer, dan masih banyak lagi lainnya. Hampir semua skill kebutuhan kerja di lapangan ini sudah diajarkan di bangku kuliah sehingga Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan perusahaan di tempat Anda bekerja. Tidak hanya itu saja Anda juga harus upgrade skill karena perkembangan teknologi berputar dengan pesat.

Ilmu Lebih Bermanfaat

Alasan mengapa harus kuliah jurusan Ti adalah ilmu yang didapatkan akan jauh lebih bermanfaat karena bisa di aplikasikan langsung ke dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Anda bisa mengaplikasikan ilmu TI Anda tersebut untuk membuat aplikasi yang bisa membuat kehidupan manusia menjadi lebih praktis dan mudah. Sebagai contohnya adalah perusahaan transportasi berbasis aplikasi seperti Go-Jek dan Grab, dimana dulu untuk memesan makanan minuman atau transportasi harus mendatangi langsung ke pangkalan ojek atau ke tempat makanannya langsung, namun saat ini hanya dengan hanya memanfaatkan smartphone seseorang akan mudah mendapatkan apa yang menjadi keinginannya.

Keuntungan Kuliah IT

Untuk menciptakan suatu perubahan dan inovasi dibutuhkan background ilmu TI tersebut. Saat ini banyak sekali platform berbasis digital dan teknologi yang bisa membantu kesusahan orang lain seperti crowdfunding yang mana bisa mempertemukan orang yang membutuhkan donasi dan orang yang akan berdonasi. Sebagai contohnya adalah platform Kitabisa.com dimana CEO nya tidak memiliki basis TI kemudian menggandeng tim profesional di dalam bidang TI untuk bisa membuat platform Kitabisa tersebut. Sehingga bisa disimpulkan bahwa ilmu TI adalah ilmu yang bermanfaat dan dibutuhkan oleh banyak orang.

Bekerja Lebih Fleksibel

Alasan terakhir adalah bekerja lebih fleksibel. Pekerjaan ahli TI atau lulusan IT ini memiliki jam kerja dan ruang kerja yang sangat fleksibel. Anda hanya perlu memperhatikan deadline pekerjaan Anda sehingga pastikan pekerjaan harus selesai sebelum deadline tersebut. Selain itu hanya perlu bertemu bersama satu tim selama satu minggu sekali untuk membahas sejauh mana project tersebut telah dikerjakan.

Yang unik lagi adalah Anda juga bisa bekerja dengan perusahaan luar negeri seperti Singapura, Malaysia, dan lain sebagainya dimana untuk pembahasan project melalui video call maupun video conference sehingga jam dan tempat bekerja Anda lebih fleksibel. Untuk bekerja dengan perusahaan luar negeri tersebut Anda harus menguasai bahasa Inggris dengan baik karena job akan didiskusikan dengan menggunakan bahasa Inggris.

Demikianlah beberapa alasan mengapa harus kuliah jurusan TI yang penting untuk Anda perhatikan, semoga informasi ini bermanfaat.

Загрузка...

Tags: Alasan mengapa harus kuliah jurusan Ti Mengapa harus kuliah jurusan Ti

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar