Ini Dia 6 Cara Jualan di TikTok Shop, Dijamin Laku Keras!

Anda ingin bisnis Anda laku keras? penting bagi Anda untuk tahu bagaimana cara jualan di TikTok Shop yang baik dan benar. Saat ini era digital, Anda sebagai pebisnis harus bisa mengikuti perkembangan zaman dan perkembangan teknologi yang ada. Jika Anda tidak bisa beradaptasi dengan kemajuan teknologi bisnis Anda bisa tertinggal dengan kompetitor. Salah satu platform yang harus Anda kuasai adalah TikTok.  Sosial media yang satu ini sangat tren dan memiliki fitur shop yang bisa membantu Anda dalam mengembangkan bisnis Anda.

Monetisasi TikTok

Di tahun 2021 silam, jumlah pengguna TikTok sudah mencapai 1 miliar. Hal itulah yang membuat TikTok sangat potensial dijadikan sebagai platform marketing bisnis. Ditambah dengan adanya fitur shop membuat platform yang satu ini sangat menarik untuk menjadi marketing bisnis. Lantas bagaimana cara jualan di Tiktok Shop tersebut? Simak di bawah ini yuk!

Pahami Cara Kerja TikTok

Hal pertama yang penting untuk Anda ketahui adalah pahami bagaimana cara kerja TikTok. Platform yang satu ini menjadi platform untuk sharing konten atau video dengan durasi 15 hingga 3 menit. Jadi, cukup banyak bisnis online yang memilih untuk jualan di TikTok.

Anda bisa membuat video produk, setelah itu Anda bisa menggunakan latar musik yang sedang hype atau banyak menarik audiens. Pengguna TikTok bisa memberikan komentar, like hingga membagikan video itu ke media sosial yang lainnya.

Buat Konten yang Menarik

Cara jualan di TikTok shop selanjutnya adalah membuat konten yang menarik. Jika konten yang Anda buat ini tidak menarik konten Anda akan di skip begitu saja dan sulit untuk masuk fyp. Untuk bisa menarik, Anda bisa mencari dulu ide konten video sebagai strategi marketing TikTok yang menarik. Bahkan Anda bisa mencari ide tersebut dari konten creator yang lainnya. Biasanya, pebisnis akan membuat video yang berhubungan dengan launching produk, tutorial atau review bahkan menggunakan hashtag challenge.

Baca juga:  Yang Harus di Ketahui Oleh Pemilik Toko Online

Konsisten Posting Konten

Yang tidak boleh Anda lupakan adalah selalu konsisten. Sebagus apapun strategi yang Anda lakukan jika tidak konsisten jualan Anda tidak akan laris. Posting konten yang konsisten ini mampu meningkatkan brand awareness Anda. Coba dibayangkan konten Anda muncul di halaman pengguna sudah pasti mereka akan menyukai komentar bahkan menyukai konten yang Anda buat. Hal ini bisa menambah awareness pengguna TikTok yang lainnya.

Gunakan Hashtag

Cara jualan di TikTok Shop yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah jangan lupa gunakan hashtag.  Bisa dikatakan hashtag yang satu ini menjadi bagian dari informasi video dan bisa menjadi sebagai rujukan untuk merekomendasikan video itu ke pengguna yang lainnya. Misalnya saja Anda berbisnis fashion Anda bisa menggunakan hashtag #outfit #outfitchallenge dan sebagainya. Bahkan Anda bisa membuat hashtag sendiri untuk berbagai macam campaign brand, event atau promo yang sedang berlangsung.

Jalin Kerjasama dengan Influencer

Sama dengan instagram, Anda bisa menjalin kerjasama dengan influencer TikTok untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda. Para influencer tersebut sudah paham betul bagaimana caranya membuat konten yang menarik di TikTok.  Tidak hanya itu saja, mereka sudah memiliki banyak follower di TikTok membuat peluang pembelian produk sangat besar. Mereka akan teracuni dengan konten influencer tersebut. Tapi, Anda jangan asal memilih influencer lho. Anda harus memperhatikan siapa yang akan menjadi target pasar Anda.

Baca juga : Cara Tepat dan Mudah Memasarkan Barang Lewat Tiktok

Misalnya Anda berjualan fashion untuk anak muda, pilihlah influencer dengan rentang usia yang sesuai dengan target marketing Anda. Untuk bentuknya bisa berupa video testimoni atau review produk fashion yang Anda miliki.

Baca juga:  Cara Meyakinkan Pengunjung Untuk Belanja Online

Gunakan Ads

Cara jualan di TikTok shop terakhir adalah menggunakan TikTok Ads. Strategi marketing yang satu ini tidak bisa dilewatkan begitu saja oleh penjual online. Dengan menggunakan Ads Anda bisa menjangkau audiens lebih besar lagi. TikTok sendiri memiliki empat jenis iklan yang bisa Anda gunakan misalnya Infeed Ads, iklan akan muncul saat pengguna scroll feed.

Branded Filter berupa efek khusus yang isinya berupa informasi produk, Brand Takeover yaitu iklan eksklusif berupa image, gif hingga video yang bisa muncul satu kali sehari ketika membuka aplikasi. Yang terakhir promote hashtag challenge yaitu ads yang digunakan untuk mengajak penggunaan hashtag challenge.

Untuk bisnis kecil yang banyak digunakan adalah InFeed Ads dan menguntungkan bagi bisnis kecil yang beriklan TikTok. Keuntungannya adalah budget untuk memasang iklan relatif kecil, iklan akan muncul di feed pengguna TikTok, selain itu ada pilihan penargetan minat dan perilaku audiens yang sesuai perilaku selama 7-15 hari terakhir.

Kini Anda sudah tahu jika aplikasi TikTok hanya berisi konten hiburan saja, namun Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai platform untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih baik lagi. Anda bisa melakukan beberapa cara jualan di TikTok Shop diatas untuk marketing atau memasarkan bisnis Anda lebih efektif, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda ya!

Tags: bagaimana cara jualan di TikTok Shop cara jualan di TikTok Shop trik jualan di TikTok Shop

Tinggalkan pesan "Ini Dia 6 Cara Jualan di TikTok Shop, Dijamin Laku Keras!"