Kembangkan Bisnis dengan Facebook Marketing, Berikut Hal yang Harus Diketahui

Salah satu media promosi yang banyak digunakan para pelaku bisnis di era digital ini adalah Facebook marketing. Sosial media yang pada mulanya digunakan untuk saling berbagi kabar, foto, maupun video, saat ini justru lebih banyak dimanfaatkan untuk kegiatan bisnis. Bukan tanpa sebab, Facebook sendiri memiliki  lebih dari 3 miliar pengguna aktif dengan berbagai latar belakang yang beragam. Tentu ini menjadi ladang subur bagi para pelaku bisnis untuk memasarkan produk mereka.

Untuk Anda yang sedang mengembangkan bisnis dan ingin mencoba memanfaatkan facebook marketing, maka ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui.

Mengenal Apa Itu Facebook Marketing

Marketing melalui facebook mungkin lebih sering dikenal dengan facebook ads. Melalui facebook ads ini Anda bisa mempromosikan atau mengiklankan produk Anda dalam jangkauan yang lebih luas. Layanan iklan yang disediakan facebook ini memang berbayar. Akan tetapi Anda bisa memasang iklan dengan target sasaran yang tepat sesuai dengan demografi yang Anda butuhkan.

Tak hanya itu saja, jika Anda menggunakan facebook marketing maka Anda dapat menganalisa iklan Anda dengan detail, mulai dari seberapa banyak orang yang melihat dan mengklik iklan Anda, biaya iklan, cost per klik dan lain sebagainya.

Cara Membuat Iklan di Facebook Marketing

Untuk bisa beriklan di facebook, ada beberapa langkah yang mesti Anda lakukan. Diantaranya:

1.      Masuk Menu Facebook Ads atau Marketing

Langkah pertama sebelum Anda membuat iklan adalah dengan masuk ke menu facebook ads manager. Untuk masuk ke menu ini Anda harus menggunakan akun facebook yang digunakan untuk membuat facebook pages. Jadi pastikan terlebih dahulu bahwa Anda sudah membuat facebook pages dan sudah log in.

2.      Memilih Jenis Kampanye

Langkah selanjutnya adalah masuk ke menu Kampanye lalu memilih jenis iklan yang akan Anda gunakan. Facebook menyediakan dua jenis iklan, yaitu iklan cepat dan terpadu. Iklan cepat bersifat lebih simpel, sedangkan iklan terpadu lebih detail dan spesifik. Pilihlah jenis iklan sesuai dengan kebutuhan Anda.

3.      Apa Tujuan Iklan Anda?

Penting untuk menentukan tujuan dari iklan yang akan Anda buat, sebab hal ini nantinya akan mempengaruhi jenis dan isi konten. Facebook sendiri memberikan beberapa panduan tujuan iklan yang bisa Anda pilih, diantaranya:

  • Konversi, bertujuan untuk membawa pengunjung lebih memahami tentang detail produk Anda.
  • Pertimbangan, terdiri dari interaksi, penayangan video, trafik, pemasangan aplikasi dan sebagainya.
  • Kesadaran, untuk meningkatkan kesadaran pengunjung akan keberadaan brand Anda.

4.      Memilih Jenis Iklan

Facebook marketing saat ini memiliki beberapa jenis iklan yang bisa Anda gunakan. Beberapa diantaranya adalah cost per action, cost per click, cost per view, cost per mile dan sebagainya.

Saat menentukan jenis iklan Anda juga akan diminta untuk memasukkan besaran dana untuk memasang iklan berkisar antara 10 ribu rupiah hingga jutaan rupiah. Nilai ini akan berbanding lurus dengan luasnya jangkauan iklan Anda, jadi rencanakan sebaik mungkin.

5.      Menentukan Promo, Nama Iklan, Tujuan Trafik dan Target Audience

Masukkan juga informasi penting lainnya terkait iklan yang akan Anda buat. Mulai dari promo jika memang Anda akan memberikannya, lalu juga nama iklan dan target tujuan trafik.

Selain itu tentukan juga siapa saja yang akan menjadi target audience iklan Anda. Anda bisa memanfaatkan demografi yang ada, mulai dari kategori usia, jenis kelamin, hobi, pendidikan, agama dan sebagainya.

6.      Penempatan dan Penjadwalan Iklan Facebook Marketing

Pada langkah ini Anda akan diminta untuk mengatur penempatan dan juga penjadwalan iklan. Sebaiknya pilihlah penempatan iklan secara otomatis, karena nantinya facebook akan menempatkan iklan Anda pada tempat yang paling sesuai.

Sedangkan untuk penjadwalan Anda bisa mengaturnya sesuai dengan kebutuhan. Penjadwalan ini juga berkaitan dengan lamanya penayangan iklan tersebut.

Pembayaran Iklan Facebook Marketing

Proses pembayaran iklan di facebook ads umumnya dilakukan dengan cara mengisi saldo pada akun bisnis Anda. Pengisian saldo sendiri dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan cara otomatis dan manual.

1.      Pengisian Saldo Otomatis

Pengisian saldo dan pembayaran iklan secara otomatis biasanya dilakukan oleh pelaku bisnis yang sudah memiliki kartu kredit. Hanya dengan menyambungkan kartu kredit Anda dengan facebook ads, maka semua pembayaran iklan akan terdebet langsung dari kartu kredit Anda.

Dengan metode pembayaran ini tentu Anda sudah tidak perlu repot lagi melakukan pengisian saldo secara manual.

Baca juga : Kisah sukses Mark Zuckerberg Pendiri Facebook Sebagai Inspirasi Para Pebisnis

2.      Pengisian Saldo Iklan Secara Manual

Pembayaran atay pengisian saldo iklan facebook secara manual dapat dilakukan melalui beberapa cara, diantaranya:

  • Doku Wallet.
  • OVO.
  • Bank transfer.
  • Bank transfer via Mandiri.
  • Kredit iklan di facebook atau menggunakan kupon.
  • PayPal.

Untuk pembayaran manual tentu saja Anda harus melakukan beberapa proses yang cumu meribetkan. Akan tetapi dengan metode manual ini Anda bisa mengetahui detail pengeluaran untuk iklan facebook marketing Anda.

 

Tags: cara menjalankan Facebook marketing Facebook marketing pengertian Facebook marketing

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar