Cara Membuat Blog Gratis Agar Menghasilkan Uang

Mendapatkan banyak uang dari blog sebenarnya bukan perkara yang sulit. Bahkan Anda pun bisa melakukannya mulai dari sekarang asalkan mau bersungguh-sungguh membangun blog tersebut. Apalagi membuat blog juga gratis sehingga bisa dibilang usaha yang satu ini dapat dilakukan tanpa modal.

Membuat Blog Gratis

Membuat Blog Gratis

Saat ini pun ada banyak platform blog gratis yang bisa Anda gunakan. Salah satu yang terbaik adalah Blogger yang disediakan oleh Google dengan berbagai fitur dan template gratis. Kalau Anda sudah tidak sabar ingin segera membuat blog maka langsung saja simak ulasan di bawah ini. Kami akan memberi panduan step by step cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang setiap harinya.

Step by Step Membuat Blog Gratis dan Menghasilkan Uang

Dalam membangun sebuah blog, maka satu hal yang perlu Anda ketahui adalah usaha ini membutuhkan proses yang panjang. Anda memerlukan waktu cukup lama untuk membesarkan sebuah blog hingga akhirnya dikenal oleh banyak orang dan mendatangkan trafik yang tinggi. Tapi tenang saja, proses itu bisa dipercepat apabila Anda memahami cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang yang akan kami bagikan berikut ini:

1. Membuat Blog di Blogger

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan tentu saja membuat blog di laman web Blogger.com dengan cara:

  • Kunjungi situs Blogger.com lalu log in menggunakan akun Google.
  • Pilih Create Your Blog.
  • Isi kolom nama blog, alamat blog, dan pilih template gratis sesuai keinginan.
  • Klik Buat Blog.
  • Selesai, kini Anda sudah memiliki situs blog pribadi.

2. Menentukan Target Pembaca

Proses membuat blog sudah selesai, kini saatnya menentukan target pembaca. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan target pembaca. Seperti usia, hobi, kebutuhan, domisili, dan lain sebagainya. Menentukan target pembaca juga sangat penting karena dari sanalah konsep atau ide konten Anda nantinya berhasil.

Apabila Anda ingin membuat ide konten tentang resep masakan, tentu target pembaca Anda adalah para remaja hingga orang tua yang didominasi perempuan. Nantinya pemilihan kalimat, gaya bahasa, hingga berbagai elemen dalam konten bisa disesuaikan dengan target pembacanya.

3. Mulai Mengisi Konten

Setelah blog dan konsep Anda siap, maka cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang selanjutnya adalah mengisi konten. Anda bisa membuat konten dengan berbagai topik, mulai dari hiburan, inspirasi, kesehatan, kuliner, lifestyle, dan lain sebagainya. Prinsipnya, blog harus diisi dengan konten yang bermanfaat untuk orang banyak. Semakin bermanfaat blog Anda maka semakin tinggi trafiknya.

Blog yang berkualitas juga harus menghadirkan informasi yang akurat. Hindari mengisi konten dengan topik yang hanya mementingkan sensasi semata. Saat ini warganet sudah sangat pintar dalam menyaring informasi sehingga Anda harus mampu menghadirkan konten yang sesuai fakta.

4. Kedekatan dengan Pembaca

Cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang yang tak boleh Anda lewatkan adalah membangun kedekatan dengan pembaca. Lewat blog ini Anda memang tidak pernah bertemu dengan pembaca secara langsung, tetapi kedekatan harus tetap bisa dibangun dengan beberapa cara. Seperti menggunakan kata sapaan, membalas komentar, membuat konten sesuai saran, hingga terhubung dengan media sosial.

Kedekatan dengan pembaca tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan trafik pengunjung blog Anda, tapi juga menjaga agar trafiknya tidak turun. Dengan begitu setiap harinya blog Anda tidak akan sepi pengunjung karena pembaca baru akan selalu kembali mengunjungi blog itu.

5. Mulai Menghasilkan Uang

Nah, ini dia saat yang Anda cari-cari, yaitu mulai menghasilkan uang dari blog yang sudah memiliki konten dan banyak pembaca dengan beberapa cara berikut:

  • Pendapatan dari Iklan

Setelah Anda mengikuti beberapa cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang di atas, maka sekarang Anda siap mendapat penghasilan dari iklan. Jika blog Anda sudah ramai pengunjung, Anda bisa membuka space iklan. Prinsipnya sama dengan menaruh iklan di koran atau majalah. Nantinya setiap klik di iklan tersebut akan menghasilkan fee yang berkisar antara 0,1 USD sampa 5 USD. Penghasilan itu akan masuk ke akun Google AdSense Anda sehingga bisa segera dicairkan lewat rekening pribadi.

Baca juga : 7 Cara Bisnis Afiliasi Amazon -Pengertian dan Langkahnya

  • Pendapatan dari Program Afiliasi

Selain menghasilkan uang dari iklan, Anda juga bisa lho mendapat penghasilan tambahan lewat program afiliasi. Lewat program ini Anda tidak harus memiliki produk karena Anda cukup mengarahkan pembaca untuk membeli suatu barang dari link yang sudah disediakan.

Seperti misalnya ketika Anda membuat konten tentang kopi, maka Anda mengarahkan mereka untuk membeli produk kopi yang sudah bekerjasama dengan Anda secara afiliasi. Anda bisa mendapat fee sekitar 10-20% dari harga jual produk tersebut, tergantung pada perjanjian yang sudah disepakati.

Nah, itulah beberapa cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang yang bisa Anda lakukan mulai sekarang. Sebaiknya Anda segera membuat blog untuk memulai perjalanan Anda dalam mendatangkan banyak trafik pengunjung dan penghasilan yang tidak terbatas.

Tags: Cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang Cara membuat blog gratis yang menghasilkan uang

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar