6 Tips Memulai Bisnis Catering Rendah Lemak

Bisnis catering rendah lemak memiliki peluang yang lebar. Hal itu dikarenakan semakin banyak masyarakat yang sadar akan hidup sehat. Saat ini pun banyak yang mengalami berbagai macam masalah kesehatan seperti hipertensi, obesitas, kolesterol, asam urat, dan lain sebagainya sehingga mengonsumsi makanan sehat ini menjadi solusi yang tepat. Sayangnya untuk bisa mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang ini dibutuhkan perjuangan khusus. Orang dengan kesibukan tinggi tidak akan bisa memasaknya atau menyiapkannya sendiri sehingga mereka mempercayakannya kepada jasa catering makanan sehat. Pola atau kebiasaan masyarakat yang seperti itu membuat peluang bisnis ini muncul.

Makanan Rendah Lemak Banyak Peminat

Makanan Rendah Lemak

Salah satu ciri makanan sehat adalah yang rendah lemak dan bebas kolesterol. Seperti yang sudah banyak diketahui bahwa lemak yang berlebihan tidak bagus untuk tubuh. Lemak tersebut akan menyumbat pembuluh darah manusia sehingga menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan seperti penyakit jantung dan stroke. Sebenarnya lemak ini dibutuhkan tubuh sebagai sumber tenaga namun jika berlebihan justru tidak bagus. Lemak yang menumpuk juga akan menyebabkan seseorang mengalami obesitas sehingga mereka harus olahraga untuk membakar lemak tersebut diimbangi dengan memakan makanan yang sehat.

Peluang bisnis ini memang menggiurkan namun Anda harus tahu bagaimana tips menggelutinya. Cara yang salah hanya akan membuat bisnis Anda kurang peminat sehingga daya jual rendah. Berikut ini adalah tips yang penting untuk Anda lakukan dalam menggeluti bisnis catering rendah lemak yang bisa Anda lakukan:

  1. Kolaborasi dengan ahli gizi

Tips berbisnis yang pertama adalah kolaborasi dengan ahli gizi. Selama ini sudah banyak yang menawarkan catering makanan sehat dengan rendah lemak, namun dari semua bisnis yang ada tersebut masih jarang yang berkolaborasi dengan ahli gizi. Padahal untuk membuat bisnis tersebut trusted dan kredibel dibutuhkan ahli gizi yang memang tahu seperti apa pemilihan makanan dan pengolahan makanan rendah lemak yang tepat tersebut.

Menu rendah lemak dan sehat yang selama ini banyak ditawarkan adalah menu sehat hasil dari pengalaman pribadi dan hasil referensi yang dibaca dari berbagai sumber. Padahal yang harus diketahui di sini kondisi satu orang dengan lainnya ini berbeda. Orang juga memiliki metabolisme yang berbeda sehingga bantuan dan peran ahli gizi sangat dibutuhkan di sini.

  1. Rancang menu pilihan

Tips bisnis catering rendah lemak yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah rancang menu pilihan. Anda bisa menyusun beberapa paket menu sekaligus dan lakukan tes pasar. Menu pilihan tersebut Anda masukkan ke dalam tiga paket yaitu A, B, dan juga C. Selain itu sediakanlah pula menu custom artinya menu tersebut dibuat sesuai dengan keinginan konsumen dan diberikan harga yang berbeda.

Untuk menu rendah lemak Anda bisa memberikan daging ayam tanpa kulit dan lemak bisa Anda ambil bagian dada, selain itu Anda bisa juga bisa mixing dengan buah yang tinggi serat, salad sayur yang menyehatkan, dan lain sebagainya. Hindari minyak yang berlebihan Anda bisa menggantinya dengan merebus dan memanggang. Jika terpaksanya harus menggunakan minyak gunakan yang rendah lemak seperti minyak canola yang aman untuk penderita kolesterol, minyak zaitun classic atau extra light, dan lain sebagainya.

  1. Cek riwayat kesehatan

Agar Anda bisa bisnis catering rendah lemak dengan lancar cek riwayat kesehatan konsumen Anda. Orang menggunakan jasa catering rendah lemak dan makanan sehat dengan latar belakang dan alasan yang berbeda-beda sehingga penting bagi Anda untuk mengetahui latar belakang mereka. Mereka menggunakan jasa catering rendah lemak ini murni untuk diet atau untuk alasan kesehatan tertentu. Hal itu digunakan untuk penyesuaian menu makanan yang Anda berikan. Untuk penderita hipertensi Anda bisa memberikan menu dengan low garam atau kalau perlu Anda bisa menggunakan garam himalaya yang tidak berbahaya meski terkena panas, hal ini juga bisa Anda terapkan pada menu penderita jantung dan juga stroke.

  1. Harga kompetitif

Untuk bisa berbisnis catering makanan sehat dan rendah lemak Anda bisa memberikan harga yang kompetitif. Tanpa harga kompetitif bisnis Anda bisa tersaingi dengan kompetitor karena kebanyakan konsumen menyukai produk dengan harga kompetitif. Anda bisa melakukan perbandingan harga terlebih dahulu baru bisa memberikan harga yang tepat.

  1. Pemasaran

Tips yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah lakukan pemasaran. Pemasaran ini bisa dengan cara online dan offline. Saat ini sosial media memiliki banyak pengguna sehingga Anda bisa memasarkannya melalui sosial media tersebut. Untuk sosial media seperti Facebook Anda bisa masuk ke group kuliner. Selain itu ada grup-grup lainnya yang bisa Anda gunakan promosi secara gratis. Jika ingin terlihat lebih profesional Anda bisa menggunakan FB dan IG AdSense dimana pemirsanya harus disesuaikan dengan target pasar Anda.

  1. Layanan chat gratis

Untuk berkonsultasi kepada ahli gizi, Anda bisa memberikan layanan chat gratis tujuannya agar konsumen puas dengan bisnis dan layanan yang Anda berikan. Layanan chat ini juga bisa membuat bisnis Anda lebih kredibel dan terpercaya.

Demikianlah tips bisnis catering rendah lemak yang bisa Anda lakukan, semoga informasi ini bermanfaat.

Загрузка...

Tags: bisnis catering rendah lemak peluang bisnis catering rendah lemak

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar