Jangan Sampai Buntung, Ini 9 Tips Belanja di Toko Online Agar Tidak Tertipu!

Tips belanja di toko online agar tidak tertipu penting untuk diketahui. Era digital ini membawa dampak yang cukup besar di dalam kehidupan masyarakat. Terlebih lagi saat pandemi, trend belanja online ini semakin meningkat. Selain praktis belanja online ini lebih lengkap dan murah, Tidak hanya itu saja masyarakat bisa transaksi dimana saja dan kapan saja.  Meski berbelanja online ini membawa banyak keuntungan dan dampak positif namun ada beberapa dampak negatif yang bisa didapatkan, salah satunya adalah marak penipuan.

Tips Belanja di Toko Online

Orang yang masih awam dengan teknologi seperti generasi X masih rentan untuk terkena penipuan. Berbeda dengan generasi millennial maupun generasi Z yang mana sudah akrab dengan teknologi. Persentase mereka terkena penipuan lebih sedikit dibandingkan dengan generasi X. Sayangnya modus penipuan saat ini semakin beragam membuat masyarakat masih harus berhati-hati saat berbelanja online. Simak beberapa tips belanja di toko online agar tidak tertipu berikut ini:

Pilih Toko Online dan E-Commerce yang Terpercaya

Tips belanja di toko online agar tidak tertipu pertama Anda bisa memilih toko online yang terpercaya. Jika Anda tidak ingin membeli di toko online Anda bisa memilih e-commerce yang terpercaya. Membeli di e-commerce ini lebih mudah dan aman karena dana tidak langsung diteruskan ke penjual namun dana ditahan di rekening milik e-commerce lebih dahulu. Jika ada penipuan dana bisa ditahan dan tidak akan diteruskan ke penjual.

Pilih Toko Online yang Menggunakan Rekber

Tips belanja di toko online agar tidak tertipu adalah pilih toko online yang menggunakan rekening bersama atau rekber. Dengan menggunakan rekening bersama ini Anda jauh lebih aman dan nyaman karena dana tidak akan langsung diteruskan ke penjual. Jika barang yang dipesan ini sudah oke dan sesuai dengan pesanan baru dana dari pembeli akan diteruskan ke penjual.

Cari Tahu Reputasi Penjual

Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan pembelian penting bagi Anda untuk mencari tahu reputasi penjual lebih dahulu, terutama jika Anda membelinya di marketplace. Anda bisa melihat berapa banyak transaksi yang dilakukan oleh penjual. Setelah itu Anda bisa mengetahui bagaimana penjual menjawab atau merespons pertanyaan dari pembeli.

Perhatikan Rating Penjual atau Toko

Biasanya di e-commerce ini Anda harus mencantumkan penilaian dari para pembeli. Anda harus mengusahakan e-commerce dengan rating yang bagus.  Jika performa penjual atau toko bagus maka rating yang didapatkan ini juga akan bagus. Selain itu jika toko atau penjual memiliki tanggapan positif maka bisa dikatakan bahwa penjual tersebut memiliki rating yang baik pula.

Perhatikan Harga

Supaya Anda tidak tertipu saat berbelanja online penting bagi Anda untuk memperhatikan harga. Pastikan jika produk atau barang yang dijual adalah masuk akal. Anda bisa melakukan riset harga produk normal lebih dahulu baru setelah itu Anda membandingkannya dengan harga yang dijual oleh penjual tersebut.

Jangan mudah tergiur dengan harga murah karena bisa jadi berujung pada penipuan. Misalnya saja mobil mainan anak dari aki yang mana harga normalnya 4 juta rupiah, Anda wajib curiga jika penjual menjualnya dengan harga yang murah.

Perhatikan Nomor Telepon

Saat ini teknologi semakin canggih dimana Anda bisa menemukan informasi kontak dengan mudah. Salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan adalah Getcontact. Anda bisa menemukan tag dari kontak atau nomor telepon tersebut. Jika banyak yang memberikan tag tidak bagus seperti penipu, penipuan dan sebagainya maka bisa dipastikan bahwa nomor tersebut milik penipu.

Cek Nomor Rekening

Sebelum Anda melakukan transfer penting bagi Anda untuk mengecek nomor rekening yang diberikan. Pengecekan nomor ini penting untuk mengetahui apakah rekening itu milik penipu atau bukan. Anda bisa mengeceknya di website resmi Kominfo yaitu Cek Rekening Id. Anda tidak hanya bisa mengecek rekening namun Anda juga bisa mendaftarkan nomor rekening penipuan. Ada tiga menu utama yang ditawarkan yang pertama adalah periksa rekening, daftarkan rekening dan terakhir laporkan rekening.

Jangan Mau Transaksi di Luar Platform

Jika Anda berbelanja di marketplace, penjual yang terindikasi sebagai penipu ini akan mengajak Anda untuk transaksi di luar platform. Mereka akan menghubungi Anda dengan nomor pribadi, kemudian mengarahkan Anda untuk membeli produk dengan mentransfer ke nomor rekening pribadi mereka.

Baca juga : 6 Cara Agar Produk Muncul di Pencarian Shopee dan Tokopedia

Jika mengalami hal ini sebaiknya segera batalkan pesanan Anda atau memblokir nomor mereka karena bertransaksi di luar platform menjadi hal yang dilarang. Pihak marketplace atau e-commerce pun sudah memperingatkan tentang hal ini namun masih ada konsumen yang mengabaikannya.

Cek Sosial Media

Untuk menghindari penipuan online yang terakhir adalah cek sosial media mereka terutama Instagram. Melalui sosmed ini Anda tahu mana akun riil dan akun bodong. Untuk akun bodong mereka akan sering mengganti nama akun mereka, selain itu menonaktifkan komentar supaya korban penipuan hanya bisa kontak mereka melalui DM. mereka juga akan menonaktifkan tag sehingga tidak ada pengguna Instagram yang bisa tag akun di postingan mereka.

Demikianlah tips belanja di toko online agar tidak tertipu yang bisa Anda lakukan, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Tags: cara belanja di toko online agar tidak tertipu Tips belanja di toko online agar tidak tertipu

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar