Cara Memulai Bisnis Food Truck Dari Nol

Bisnis food truck ada di Indonesia ada sejak tahun 2013. Memang bisnis ini masih terbilang baru namun peminatnya semakin banyak di Indonesia. Sejak tahun itu bisnis ini semakin melesat tajam di Indonesia. Bahkan di tahun 2015 ini, pebisnis yang menggeluti food truck meningkat sebanyak 100%. Pebisnis food truck pun tergabung dalam AFTI yaitu Asosiasi Food Truck Indonesia. Banyak pebisnis food truck ini yang meraup puluhan juta rupiah setiap bulannya. Bagi yang bosan dengan rutinitas kerja setiap hari, tidak ada salahnya banting setir menggeluti bisnis. Semakin dini Anda menggeluti bisnis maka hal tersebut semakin bagus untuk Anda. Alasannya adalah ketika Anda memasuki usia tua, tenaga dan pikiran sudah tidak lagi prima. Simak cara memulai bisnis food truck berikut ini:

Lisensi

lisensi bisnis

lisensi bisnis

Hal pertama yang harus Anda urus adalah lisensinya. Food truck ini tidak akan berdiam diri di satu tempat saja, sehingga selalu mobile untuk mencari pelanggan. Oleh sebab itu Anda harus mengurus lisensinya agar tidak dianggap sebagai usaha yang ilegal. Untuk pengurusan lisensi ini Anda bisa mengurusnya di pemerintah setempat. Setiap pemerintah di masing-masing provinsi sudah mengatur bagaimana caranya mengurus izin dan lisensi. Izin yang harus diatur dan didaftarkan adalah izin truk, izin parkir dan juga mendapatkan sertifikat dari departemen kesehatan.

Mobil Modifikasi

food truck

food truck

Anda juga harus memiliki mobil atau truck yang sudah dimodifikasi untuk memudahkan kegiatan jualan Anda. Hal itu dikarenakan Anda membutuhkan mobil atau truck pada bagian belakangnya dijadikan sebagai stand jualan. Diperlukan stand jualan dengan mengubah seats tempat duduk di bagian belakang mobil untuk tempat jualan. Pilihlah mobil yang luas agar bisa memasukkan berbagai macam barang.

Membuat List Menu Makanan

Agar bisnis food truck ini berjalan dengan lancar Anda harus membuat list menu makanan yang variatif. Biasanya menu akan diganti selama 4 hari sekali, sehingga setelah 4 hari dengan list menu yang sama, list akan diganti di hari ke-5 dan begitu pula seterusnya. Anda juga bisa menentukan jenis makanan yang ada di dalam truck Anda. Apakah makanan tersebut western atau makanan dengan citarasa Indonesia. Untuk menu makanan Indonesia Anda bisa membuat menu nasi dengan ikan tongkol suwir, sambal, sapi lada hitam, nasi lidah, cumi-cumi dan lain sebagainya. Semakin variatif menu yang dibuat maka akan semakin menarik.

Kemasannya bisa menggunakan paper cup yang tahan panas. Cup ini mirip dengan kemasan untuk mie instan yang diseduh dengan air panas. Harga makanan bisa dengan membanderolnya mulai dari puluhan ribu, sedangkan minuman di banderol dengan harga mulai ribuan.

Tempat Parkir

tempat parkir

tempat parkir

Cara untuk berbisnis food truck ini Anda bisa dengan cara mencari tempat yang strategis. Food truck akan berhenti di lokasi yang strategis untuk mencari pelanggan. Tidak semua tempat yang ramai bisa Anda gunakan sebagai tempat parkir, namun ada aturan dimana saja Anda tidak boleh untuk parkir. Jika Anda melanggarnya, sejumlah denda harus dibayar. Jika ingin berjualan di taman kota, uruslah perizinannya. Catat pula event besar yang diselenggarakan di daerah Anda karena event tersebut akan membuat penghasilan Anda menjadi semakin meningkat.

Membangun Komunitas

membangun komunitas

membangun komunitas

Cara untuk mengembangkan bisnis food truck ini adalah dengan membangun komunitas. Jika belum ada komunitas food truck ini Anda bisa mendirikan komunitas tersebut. Komunitas adalah sekumpulan orang yang memiliki profesi/ hobi/ pekerjaan yang sama. Dengan membangun komunitas ini berbagai macam info dan masukan akan menjadi bermanfaat bagi Anda.

Promosi Media Sosial

social media

social media

Cara untuk membangun bisnis food truck selanjutnya adalah  promosi menggunakan sosial media. Saat ini banyak sosial media yang bisa dimanfaatkan untuk acara promosi. Anda bisa mengupload foto bisnis Anda dan menyertakan lokasi mana saja yang akan dikunjungi. Oleh sebab itu jika ada yang tertarik untuk mencicipinya, bisa menjumpai Anda di lokasi yang sudah Anda share. Tidak hanya media sosial saja namun juga bisa melalui broadcast di BBM.

Kreatif dan Inovatif

Buatlah food truck Anda berbeda dengan yang lainnya. Caranya adalah dengan memberikan promo menarik pada hari tertentu dalam satu minggu atau satu bulan sekali. Anda juga bisa menyediakan untuk paket ulang tahun sehingga ketika acara makan-makan tiba, para undangan bisa mengantre di depan mobil untuk mengambil makanan dan juga minuman.

Bisnis ini sangat menggiurkan karena begitu kreatif. Untuk mendirikan bisnis yang kreatif Anda bisa keluar dari zona nyaman. Jika rencana bisnis food truck matang, maka kesuksesan bisa Anda dapatkan.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

cara membuat food truck -memulai bisnis food truck -membuat food truck -analisa usaha food truck -Bikin food truck -cara bisnis foodtruck di indonesia -wifi foodtruck indonesia -Bisnis Food car -bisnis carfood -berapa modal usaha food truck -

Tags: berapa modal Bisnis food truck Bisnis food truck dari nol Bisnis food truck modal kecil modal Bisnis food truck tips memulai Bisnis food truck

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "Cara Memulai Bisnis Food Truck Dari Nol"

    5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
    sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.
    Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya
    Keberadaan iklan bagi bisnis memang penting apalagi
    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang

    Tinggalkan Balasan