4 Cara Menaikkan Kelas Bisnis UKM Agar Diterima Ritel Modern

Menaikkan kelas bisnis UKM – UKM disebut sebagai usaha atau bisnis kelas bawah. Oleh sebab itu ketika ada yang menyebutnya produk UKM banyak yang langsung memandang sebelah mata. Padahal tidak semua produk UKM itu rendahan. Banyak produk UKM yang rasanya dan kualitasnya tidak kalah dengan produksi pabrik skala nasional. Oleh sebab itu bagi pebisnis UKM jangan rendah diri dan minder jika produknya tersebut tidak bisa bersaing di pasaran. Lakukan beberapa perbaikan agar produknya tersebut naik kelas dan bisa masuk ke dalam ritel modern. Banyaknya ritel modern yang ada di perkotaan belum mampu bersinergi dengan pelaku UKM di sekitar kota tersebut.

Pelaku UKM juga mengeluhkan jika syarat yang harus ditempuhnya terlalu sulit dan berbelit. Pihak pengelola ritel tersebut belum mau menjajarkan produk UKM tersebut dengan merek yang sudah ternama. Supaya menaikkan kelas bisnis UKM, bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

Izin PIRT

Izin PIRT

Izin PIRT

Cara menaikkan kelas bisnis UKM pertama yang harus Anda lakukan adalah mengurus izin untuk mendapatkan PIRT. Saat ini banyak masyarakat yang sudah cerdas dalam memilih makanan yang akan di konsumsinya. Pada kemasan, hal pertama yang akan dicek oleh konsumen adalah nomor BPOM atau minimal adalah PIRT. Ketika sudah menemukannya, konsumen akan yakin jika produk yang di konsumsinya benar-benar aman. Untuk UKM kebanyakan mengurus izin PIRT yang dilakukan oleh para pelaku industri rumahan atau rumah tangga.

Tingkatkan Kualitas Kemasan

Kemasan ini sangat penting bagi kesuksesan suatu produk. Banyak pebisnis UKM yang tidak mengetahui pentingnya kemasan di dalam produk mereka. Untuk bisa disandingkan dengan produk yang sudah bermerek Anda harus memikirkan bagaimana caranya membuat kemasan produk menjadi lebih baik lagi dan mampu diterima di ritel modern. Banyak pelaku UKM yang berpikiran jika selama kemasan tidak rusak, dibungkus dengan rapat, produk tidak rusak dan kemasannya murah maka kemasan tersebut sudah sesuai dengan standar mereka.  Fungsi kemasan produk tidak hanya menjadi media pembungkus saja namun lebih menjadi media branding bagi konsumen. Tujuannya untuk mengenalkan produk tersebut ke masyarakat luas.  Diperlukan pula desain logo yang menarik agar masyarakat menjadi tertarik untuk membeli produk tersebut.

kemasan UKM makanan

kemasan UKM makanan

Bagi yang ingin menaikkan kelas bisnis UKM perhatikan kemasannya, ada hal-hal yang harus ada di dalam kemasan produk UKM tersebut. Selain PIRT, kemasan produk harus ada sertifikat halalnya terutama dari MUI, barcode produk, ada logo atau merek, mencantumkan berat bersih produk, pabrik atau nama UKM yang memproduksi, komposisi produk, informasi nilai gizi dan yang terakhir adalah info untuk layanan konsumen. Dengan memenuhi semua yang telah di sebutkan tersebut, maka nilai kemasan produk akan meningkat.

Mesin yang Lengkap

mesin UKM makanan

mesin UKM makanan

Kualitas produk harus bagus dan berkualitas. Agar UKM tersebut bisa tumbuh dan berkembang menjadi bisnis yang lebih besar, diperlukan mesin yang bisa memaksimalkan operasional dalam produksi di UKM tersebut. Permintaan yang tinggi jika tidak dibarengi dengan ketersediaan produk yang memadai maka akan membuat bisnis tersebut tidak bisa berkembang atau mengalami peningkatan. Oleh sebab itu mulailah untuk mengadakan mesin UMKM yang mana berguna untuk membuat kinerja operasional produksi lebih optimal, mesin pengemasan pun harus canggih. Mesin ini berguna dalam proses produksi maupun proses pengemasan. Dibutuhkan mesin pengemasan yang berkualitas tinggi agar kemasan menjadi menarik, dan produk di dalamnya menjadi tidak rusak.

Pemasaran Online

Jangan menutup mata dengan perkembangan teknologi. Hal itu dikarenakan saat ini pebisnis banyak yang sukses dengan menggunakan perkembangan teknologi tersebut. Salah satu perkembangan teknologi yang bisa Anda manfaatkan adalah media sosial. Saat ini kebanyakan pebisnis promosi menggunakan sosial media yang mereka miliki. Selain itu Anda bisa memasarkan produk tersebut melalui blog atau website. Supaya terlihat lebih profesional buatlah website yang membuat masyarakat lebih mudah mengakses berbagai macam informasi tentang produk yang UKM Anda jual.

social media

social media

Bisnis UKM akan semakin berkembang jika berhasil naik kelas. Salah satu tanda bisnis UKM tersebut naik keas adalah ritel modern mau memajang produk yang dihasilkan dan menjajarkannya dengan produk yang sudah ternama atau memiliki merek. Lakukanlah cara menaikkan kelas bisnis UKM yang telah disebutkan di atas agar produk UKM menjadi lebih kompetitif.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

UMKM sukses lewat retail modern -

Tags: bagaimana Menaikkan kelas bisnis UKM Menaikkan kelas bisnis UKM Menaikkan kelas bisnis UKM dengan baik Menaikkan kelas bisnis UKM dengan benar tips Menaikkan kelas bisnis UKM trik Menaikkan kelas bisnis UKM

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "4 Cara Menaikkan Kelas Bisnis UKM Agar Diterima Ritel Modern"

    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang
    Ide Bisnis yang Akan Booming di 2019 Tanpa Modal
    Seiring dengan berkembangnya zaman, banyak orang beranggapan
    Inilah Situs Tempat Beli Paket Data Termurah dan Terpercaya
    Situs tempat beli paket data termurah –
    5 Peluang Usaha Lulusan Teknik Informatika Tanpa Modal
    Peluang usaha lulusan teknik informatika tanpa modal
    1. author

      Zani1 tahun agoBalas

      Nah emang sekarang investasi udah jadi bagian buat kita usaha. banyak banget investasi yang berkembang sekara. Nah ane dapet website untuk invest dengan kauntungan yang bagus, selain inves, kita juga bisa membantu UMKM di INdonesia . Langsung aja nih sob linknya >> http://www.mekar.id

    Tinggalkan pesan "4 Cara Menaikkan Kelas Bisnis UKM Agar Diterima Ritel Modern"